PENERAPAN E-COMMERCE DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENDUKUNG PENJUALAN PRODUK PADA TOKO OSTEN TANTIOUS

Penulis

  • Aghni Amelia Wiguna Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdani Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Business Model Canvas (BMC), Content Management System (CMS), Search Engine Optimization (SEO), Toko Osten Tantious

Abstrak

Teknologi informasi mampu mengintegerasikan setiap detail informasi yang sebelumnya dianggap tidak mungkin tercapai, seperti kecepatan informasi, efektivitas serta efisiensi. Teknologi informasi diaplikasikan sebagai website untuk transaksi jual beli secara online, dimana pelanggan dapat bertransaksi kapanpun dan dimanpun. Osten Tantious merupakan usaha rumahan yang menjual cinnamon roll, pastel, brownies, choux dan aneka kue kering. Pemilik usaha memiliki keinginan agar para pelanggan dapat bertransaksi tanpa keterbatasan waktu dan tempat, menjangkau pasar yang lebih luas serta peningkatan penjualan sehingga usaha rumahan ini dapat berkembang. Namun pada proses bisnis terjadi kendala dalam proses pemesanan dan display produk yang tidak dapat dilihat secara lengkap. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu membuat sebuah website E-Commerce agar pelanggan dapat bertransaksi sacara online dan melihat katalog produk secara lengkap, terupdate dan cepat. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC). Pada tahap implementasi sistem E-Commerce penulis menggunakan Content Management System(CMS) Wordpress, dan menggunakan strategi SEO On Page dan Off Page, agar website yang dikembangkan mudah ditemukan serta diakses oleh pelanggan, penerapan 4P marketing mix (price, place, product, promotion) digunakan agar calon pelanggan tertarik berbelanja di Toko Osten Tantious. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yaitu dengan di implementasikannya website E-Commerce Toko Osten Tantious, calon pelanggan dapat memesan dan melihat informasi produk secara cepat dan mudah.

Referensi

V. Ramadhanti, “Implementasi E-Commerce Dengan Content Management System (CMS) OSCommerce Pada Situs Penjualan (Studi Kasus : Toko Cahaya Komputer),” 2020. [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

J. Bisnis, D. Pemasaran, S. Santosa, and H. Ismaya, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan CMS Wordpress Pada Toko Importir Laptop Bandung,” vol. 11, no. 1, 2021.

S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta,” 2018.

M. Hasanudin, H. M. Khoirudin, W. A. Amroni, and S. Silen, “Aplikasi E-Commerce Sistem Informasi Penjualan Rolling Door Berbasis Rapid Application Development,” vol. 12, no. 1, 2019.

P. Hendriyati and A. Yusta, “Impelemtasi Aplikasi E-Commerce Berbasis Web,” 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stmikgici.ac.id/

A. dkk Prasetio, Konsep Dasar E-Commerce, Cetakan 1. Yayasan Kita Menulis, 2021.

M. Munsarif and dkk, Pengantar E-Commerce , Cetakan 1. Yayasan Kita Menulis, 2022.

J. Iliadi, Mudah Berbisnis Online dengan Wordpress dan WooCommerce, Cetakan Februari2022. GUEPEDIA, 2021.

O. M. Siregar and dkk, Penerapan Bisnis Model Canvas Sentral UMKM. Medan, Sumatera Utara: Penerbit Puspantara, 2020.

Budiartawan, “Pengertian, Jenis, Manfaat dan Cara Kerja SEO (Search Engine Optimization),” Teknologi Informasi & Komunikasi UNDIKSHA, Oct. 31, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Wiguna, A. A., & Umar Hamdani, A. (2023). PENERAPAN E-COMMERCE DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENDUKUNG PENJUALAN PRODUK PADA TOKO OSTEN TANTIOUS . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1410–1419. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/892