IMPLEMENTASI SISTEM PENJUALAN TOKO DITHA’S KITCHEN DALAM BERBASIS WEB E-COMMERCE

Penulis

  • Bayu Chandra Utomo Universitas Budi Luhur
  • Lauw Li Hin Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Sistem e-commerce, katering, Toko Ditha’s Kitchen

Abstrak

Perkembangan teknologi saat ini memberikan peluang besar bagi Ditha's Kitchen, sebuah UMKM yang berdiri sejak 2006, untuk meningkatkan sistem penjualan dan pemasaran daring guna meningkatkan prospek bisnis di era digital. Menawarkan hidangan khas Italia dan Indonesia seperti lasagna, macaroni schottel, dan rendang, Ditha's Kitchen saat ini masih menggunakan metode penjualan konvensional yang mengharuskan pelanggan datang langsung ke toko untuk melakukan pesanan. Namun, pendekatan ini menghambat pertumbuhan pendapatan karena keterbatasan dalam promosi dan kesadaran pelanggan. Selain itu, ketiadaan informasi stok produk secara real-time mengakibatkan ketidaksesuaian pesanan dan ketergantungan pada pencatatan manual, Untuk mengatasi tantangan ini, Ditha's Kitchen bermaksud memanfaatkan teknologi informasi modern dengan beralih ke penjualan kuliner daring yang lebih efisien. Dengan mengadopsi platform e-commerce, usaha ini bertujuan untuk menyederhanakan transaksi pelanggan, memastikan akurasi dan pencatatan yang tepat waktu, serta mempercepat pelaporan penjualan. Berdasarkan langkah-langkah bisnis yang diambil oleh penulis dalam mengumpulkan data, langkah-langkah tersebut digunakan untuk mengembangkan strategi bisnis dalam bentuk e-commerce. Penulis menggunakan PHP dan database MySQL yang dikelola oleh PHPMyAdmin. Metode penelitian yang diadopsi oleh penulis dalam pengembangan strategi bisnis ini melibatkan pendekatan survei online dan analisis data. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah model sistem e-commerce yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan. Model sistem ini dirancang untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik, efisien, dan memuaskan.

Referensi

Firman Yudianto, M. A, Perancangan Sistem Informasi Penjualan Toko Online Galeri Nada Berbasis Website. Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 2541-1332, 2022.

Munawar, Pengertian Activity Diagram , Analisis Perancangan Sistem, Informatika Bandung, Bandung, 2115-5412, 2018.

Prawiro, Pengertian Komponen E-Commerce : Pahami Arti, Jenis, dan Kelebihan e-commerce. Journal of Management & Business, 2598-8301, 2021.

E.Elliyana dan Sudrajat, Pengertian Busniess Model Canvas, Buku Ajar Kewirausahaan. Ahlimedia book, 1765-3456 2020.

Septiandhanu, A, Pengertian Fishbone. Jurnal Managemen, 1978-2571, 2018.

Sugiyono, Pengertian kerangka pemikiran, Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung:

ALFABETA, 2019-2982, 2019.

Lubis, H., & Susilo, D, Meningkatkan Desain Berbasis Pengguna melalui Pemodelan Use Case. Jurnal Interaksi Manusia-Komputer Internasional, 37(8), 712-725, 2021.

Majchrzak-Lepczyk, Pengertian E-Commerce. 2035(26), 139–149, 2021. https://doi.org/10.1007/978-3-319-91668-2_12

Adani, Pengertian Search Engine Optimization. 2020 [Online]. Available: https://www.sekawanmedia.co.id/blog/ pengertian-seo/

Salamadian, Pengertian Database. 2018, [online] Available: https://salamadian.com/pengertian-basis-data-database/

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Chandra Utomo, B., & Hin, L. L. (2023). IMPLEMENTASI SISTEM PENJUALAN TOKO DITHA’S KITCHEN DALAM BERBASIS WEB E-COMMERCE . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1439–1447. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/897

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>