SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTHING (SAW) PENILAIAN KINERJA TERAPIS DI KLINIK PELA 9

Penulis

  • Galuh Indrawan Universitas Budi Luhur
  • Lis Suryadi Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Simple Additive Weighting, Sistem Penunjang Keputusan, Penilaian Kinerja, Klinik Tumbuh Kembang

Abstrak

Klinik Pela 9 melakukan penilaian terapis untuk mengevaluasi kinerja terapis guna meningkatkan mutu kualitas layanan yang lebih baik. Namun saat ini penilaian yang dilakuakan belum menggunakan metode penilaian kinerja terapis yang tepat dan belum adanya perankingan dan pemberian reward atau penghargaan untuk terapis yang memiliki kinerja terbaik sehingga terapis tidak termotivasi untuk memberikan kinerja terbaik. Oleh karena itu pada penelitian yang dilakukan ini penulis membuat sistem penunjang keputusan untuk penilaian dan perankingan terapis terbaik. Metode yang akan diterapkan pada penelitian ini yaitu metode Simple Additive Weighting. Pada dasarnya konsep dari metode Simple Additive Weighting  ini yaitu mencari penjumlahan yang terbobot pada rating kinerja dari tiap-tiap alternatif dari semua atribut. Metode Simple Additive Weighting memerlukan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke skala yang nantinya dapat dibandingkan dengan seluruh rating alternatifnya. Dari hasil penelitian yang dilakukan ini diharapkan dapat membantu Klinik Pela 9 untuk menilai kinerja karyawan secara efektif sehingga evaluasi yang dilakukan utnuk meningkatkan mutu layanan Klinik Pela 9 tepat sasaran.

Referensi

A. Siti, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Analisis Kelayakan Pemberian Kredit Menggunakan Metode SAW Pada Perusahaan Leasing,” Jurnal Teknovasi, vol. 6, no. 1, 2019.

H. Samosir and D. Siahaan, “Identifying Requirements Association Based on Class Diagram Using Semantic Similarity,” Lontar Komput. J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 10, no. 1, pp. 19–28, 2019.

J. H. P. Sitorus and R. S. Saragih, “Perancangan Pengontrol Lampu Rumah Miniatur Dengan Menggunakan Micro Controler Arduino Berbasis Android,” Jurnal Bisantara Informatika, vol. 4, no. 1, p. 11, 2020.

M. D. Wahyudi and M. R. Ridho, “Sistem Informasi Penjualan Mobil Bekas Berbasis Web Pada CV Phutu Oil Club Di Kota Batam”, Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), vol. 1, no. 1, 2019.

M. R. R. Martin Halomoan Lumbangaol, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan dan Penyewaan Properti Berbasis WEB Di Kota Batam”, Jurnal Comasi, vol. 1, no. 3, pp. 83-92, 2020.

S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta”, ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 10, no. 2, pp. 182–189. 2019.

S. Rihastuti, A. Rosyidi and M. Setiyawan, “Penerapan Metode SAW Untuk Merancang Sistem Penilaian Kinerja Karyawan STMIK Amikom Surakarta”, Sensitif, vol. 1, no. 1, pp. 881–888, 2019.

U. Tasik, Ivone, P. H. Wong, Berluidaham, Megawati, “Penilaian Kinerja Karyawan Pada PT. Dinamika Lubsindo Utama Medan”, Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), vol. 1, no. 1, pp. 96-98, 2019.

W. Erawati, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dengan Pendekatan Metode Waterfall”, Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 3, no. 1, pp. 1-8, 2019.

Y. K Sakti, S. W. I. Apriliana, dan D. Zuhroh, “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Tehambatnya Perkembangan UMKM Sentra Ikan Bulak (SIB) Kenjeran Dengan Pendekatan Metode Fishbone Diagram”, IBI Darmajaya, vol. 1, no.1, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Indrawan, G., & Suryadi, L. (2023). SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTHING (SAW) PENILAIAN KINERJA TERAPIS DI KLINIK PELA 9. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1457–1466. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/918

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>