ANALISA DAN IMPLEMENTASI WEB SERVICE MENGGUNAKAN METODE RESTFUL API PADA APLIKASI PEMINJAMAN ASET

Penulis

  • hendrik gunawan FTI
  • Hari Soetanto Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

web service, android, algoritme, peminjaman aset

Abstrak

PT. Prestasi Retail Innovation yang berlokasi di Jl. Daan Mogot No. 151, Jakarta Barat merupakan perusahaan yang bergerak di bidang retail Apparel olahraga dan memiliki sekitar 500-700 karyawan. Dengan jumlah aset atau peralatan inventaris yang banyak, PT. Prestasi Retail Innovation memiliki tantangan dalam mengelola dan memantau aset-aset mereka secara efektif. Aset tersebut bisa dipakai bersama, sebagai simpanan cadangan ataupun dipakai oleh karyawan tertentu sebagai kebutuhan operasional. Selain itu, Pelaporan masalah secara manual seringkali menghadapi berbagai tantangan, seperti waktu yang dibutuhkan untuk melaporkan masalah, kemungkinan kesalahan manusia, sulitnya memantau status penyelesaian masalah, dan lain sebagainya. Web service memungkinkan sebuah sistem dapat diakses dengan mudah dan cepat karena penggunanya dapat mengakses melalui ponsel yang terhubung ke internet serta pencatatan data yang lebih optimal karena tersimpan di database. Maka PT. Prestasi Retail Innovation perlu sebuah web service untuk manajemen aset dan pelaporan masalah dapat membantu perusahaan untuk tetap up-to-date dengan teknologi terbaru dan memaksimalkan potensi aset-aset mereka. Web service juga di perlukan untuk kebutuhan retail yang dimana pergerakan mobile sangat memungkinkan sebuah sistem dapat diakses dengan mudah,cepat dan bisa di akses dimana saja perusahaan dapat dengan mudah melacak aset-aset tersebut, memperbaharui informasi aset secara real-time, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam penanganan masalah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi web service yang diimplementasikan dapat digunakan oleh karyawan maupun admin, seperti aplikasi mobile dan aplikasi web. Hal ini dapat membantu meningkatkan produktivitas bagi para karyawan untuk membuat laporan masalah maupun pengajuan peminjaman aset. Dengan adanya enkripsi yang diterapkan, maka data perusahaan menjadi lebih aman dan terhadap penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Referensi

Gustiegan, G.Y. and Painem (2022) ‘Implementasi WEB SERVICE Restful dengan Autentikasi JSON Web Token dan Algoritme Kriptografi AES-256 Untuk Aplikasi Peminjaman Laboratorium Berbasis Mobile Pada Universitas Budi Luhur’, Jurnal Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur), 19(1), pp. 9–16.

M. A. Kurniawan, and R. Saputra, "Implementasi WEB SERVICE Pada Integrasi Aplikasi Rental Mobil Online," JURNAL MASYARAKAT INFORMATIKA, vol. 9, no. 2, pp. 33-43, Nov. 2018.

Putra, M.G.L. and Putera, M.I.A. (2019) ‘Analisis Perbandingan Metode Soap Dan Rest Yang Digunakan Pada Framework Flask Untuk Membangun WEB SERVICE’, SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 14(2), pp. 1–7. Available at: https://doi.org/10.33005/scan.v14i2.1480.

Rahmatulloh, A., Sulastri, H. and Nugroho, R. (2018) ‘Keamanan RESTful WEB SERVICE Menggunakan JSON Web Token (JWT) HMAC SHA-512’, Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 7(2). Available at: https://doi.org/10.22146/jnteti.v7i2.417.

Aceng Abdul Wahid (2020) ‘Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi’, Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, (November), pp. 1–5.

Rizal, R. and Rahmatulloh, A. (2019) ‘Restful WEB SERVICE Untuk Integrasi Sistem Akademik Dan Perpustakaan Universitas Perjuangan’, Jurnal Ilmiah Informatika, 7(01), p. 54. Available at: https://doi.org/10.33884/jif.v7i01.1004.

Verma, S. (2018) ‘APIs versus WEB SERVICEs’ (https://blogs.mulesoft.com/dev/apidev/apis-versus-web-services/) diakses 29 April 201

W. N. Cholifah, Y. Yulianingsih, and S. M. Sagita, “Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 2, p. 206, 2018.

A. Bogdan-Alexandru, A.-C. Cosu-Pop, G. Sorin Catalin dan B. Costin Anton, “A STUDY ON USING WATERFALL AND AGIL

D. S. Purnia, A. Rifai dan S. Rahmatullah, “Penerapan Metode Waterfall dalam Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Bantuan Sosial Berbasis Android,” Semnastek, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

gunawan, hendrik, & Soetanto, H. (2023). ANALISA DAN IMPLEMENTASI WEB SERVICE MENGGUNAKAN METODE RESTFUL API PADA APLIKASI PEMINJAMAN ASET. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 2066–2073. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/920

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>