Implementasi Data Mining Pembelian Produk Yang Diminati Pada Go Perfume Fragrance Menggunakan Algoritme Apriori

Penulis

  • Hilmi Faiz Universitas Budi Luhur
  • Titin Fatimah Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

data mining, association rule, algoritme apriori, perfume

Abstrak

Go Perfume Fragrance adalah usaha yang bergerak di bidang penjualan berbagai macam parfum isi ulang dengan varian aroma dari berbagai negara yang paling dicari oleh para pelanggan, dengan jumlah transaksi yang cukup besar sehingga diperlukan pengolahan data dalam skala besar untuk penunjang dalam mengambil keputusan. Selain itu dalam pemilihan aroma parfum belum adanya metode yang digunakan sehingga costumer kesulitan dalam memilih dan mencari aroma yang paling laris. Selain itu karena kurangnya tenaga kerja pegawai dan tempat yang tidak memadai menyebabkan kinerja pelayanan menjadi kurang efisien. Dengan menggunakan data Mining yaitu metode asosiasi diharapkan dapat menemukan pola keterkaitan dan menghasilkan kombinasi yang sesuai untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di toko parfum tersebut dengan menggunakan association rule algoritme apriori. Association rule membuat pola yang cocok terkait dengan gabungan asosiasi dua data itemset, sehingga menghasilkan kombinasi yang saling berkaitan. Dengan menggunakan metode ini dapat meningkatkan efektifitas dan kinerja yang ada di toko parfum tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui produk yang paling banyak dibeli dan kombinasi produk yang paling sering dibeli agar dapat menunjang keputusan dalam menempatkan posisi varian parfum pada etalase. Hasil penerapan association rules dari 30 transaksi dengan menggunakan algoritma apriori menggunakan minimum support 10% dan minimum confident 70% menghasilkan 300 rules hubungan antar indikator.

Referensi

I. Maryani, O. Revianti, and H. Muhammad Nur, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Di Toko GOC Kosmetik Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” 2022. [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse92

A. Rahmadsyah, H. Hartono, and R. Rosnelly, “Analisa Association Rule Pada Algoritma Apriori Untuk Minat Pembelian Alat Kesehatan,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 5, no. 1, p. 280, Jan. 2021, doi: 10.30865/mib.v5i1.2658.

S. Listanto and Y. Meisella Kristania, “implementasi data mining terhadap data penjualan dengan algoritma apriori pada pt. duta kencana swaguna,” 2022. [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index

A. I. Gufroni and R. Rianto, “Penerapan Metode Association Rule Mining Pada Data Transaksi Penjualan Produk Kartu Perdana Kuota Internet Menggunakan Algoritma Apriori,” 2019. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/333102890

M. Saefudin, Kom, and S. Dn, “Penerapan Data Mining Dengan Metode Algoritma Apriori Untuk Menentukan Pola Pembelian Ikan,” Sistem Informasi |, vol. 6, no. 2, pp. 110–114, 2019.

R. P. Atadjawa, T. Haryanti, and L. Kurniawati, “Penerapan Asosiasi Algoritma Apriori Pada Data Penjualan Alat-Alat Listrik Dan Tekhnik,” METIK JURNAL, vol. 5, no. 2, pp. 71–76, Dec. 2021, doi: 10.47002/metik.v5i2.290.

M. Fadhli et al., “Data Mining Penjualan Produk Dengan Metode Apriori Pada Indomaret Galang Kota,” 2018.

S. Agarwal, Data mining: Data mining concepts and techniques. 2014. doi: 10.1109/ICMIRA.2013.45.

N. E. Putria, “Data Mining Penjualan Tiket Pesawat Menggunakan Algoritma Apriori Pada Terminal Tiket Batam Tour & Travel,” Computer Based Information System Journal (CBIS), vol. 6, no. 1, pp. 29–39, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/download/643/410

J. L. Putra, M. Raharjo, T. A. A. Sandi, R. Ridwan, and R. Prasetyo, “Implementasi Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan Pada Perusahaan Retail,” Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 15, no. 1, pp. 85–90, 2019, doi: 10.33480/pilar.v15i1.113.

T. Brian and A. Sanwidi, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Market Basket Analysis Berbasis R,” Print) Jurnal ELTIKOM, vol. 2, no. 1, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Faiz, H., & Fatimah, T. (2022). Implementasi Data Mining Pembelian Produk Yang Diminati Pada Go Perfume Fragrance Menggunakan Algoritme Apriori. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 462–469. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/112

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>