IMPLEMENTASI ALGORITMA RC4 DAN CAESAR CIPHER UNTUK APLIKASI PENGAMANAN DATA JOVA LABELS BERBASIS WEB

Penulis

  • Noviani Noviani Universitas Budi Luhur
  • Imelda Imelda Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Kriptografi, online shop, enkripsi, dekripsi, database, keamanan

Abstrak

Di era zaman sekarang ini perkembangan teknologi di bagian informasi membantu manusia untuk melakukan berbagai aktifitas elektronik, salah satunya di bidang bisnis yaitu online shop. Semakin mudah akses untuk melakukan aktivitas elektronik maka akan semakin rentan kemungkinan terjadi kejahatan-kejahatan di dunia maya (cybercrime). Pembobolan data, manipulasi data, dan menduplikat data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang digunakan untuk keuntungan pribadi perlu dihindari karena dapat merugikan pihak yang bersangkutan. Pada permasalahan yang akan dibahas dapat diketahui bahwa pengguna memerlukan bantuan untuk memenuhi kebutuhan keamanan akan data yang disimpannya. Teknik kriptografi akan digunakan untuk melakukan enkripsi dan dekripsi data pembeli online shop. Data akan dikonversi atau diubah datanya menjadi kode-kode tertentu. Teknik ini lebih aman karena tidak dapat dibaca oleh siapa pun kecuali oleh mereka yang berhak. Adanya perancangan aplikasi keamanan yang menggunakan algoritma Rivest Code 4 (RC4) dan Caesar Cipher sebagai sistem pengaman. Akan membantu pembeli/customer mengamankan data yang disimpan dengan cara mengacak dan mengubah pesan rahasia dalam suatu media penampung dan sistem penyandian. Hasil pengujian aplikasi keamanan ini adalah penerapan penggabungan algoritma Rivest Code 4 (RC4) dan Caesar Cipher pada website Jova Labels akan data yang tersimpan tidak mudah diketahui oleh orang yang tidak diinginkan sehingga terjaga kerahasiaannya.

Referensi

Azanuddin, A. Murniyanti, S. “Perancangan Aplikasi Keamanan Data Customer Pada Online Shop Dengan Menggunakan Metode Kriptografi RSA (Rivest Shamir Adleman) dan Caesar Cipher”. Jurnal Cyber Tech. 1(4). (2021).

Hidayat, M,. Tahir, M,. Sukriyadi, A, dan Sulton, A. “ Penerapan Kriptografi Caesar Cipher Dalam Pengamanan data”. Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 2(03), 35-41. (2023).

Putra, A. C, Simanjuntak, M,. dan Nurhayati, N. “Penerapan Algoritma Rivest Shamir Adleman (RSA) Untuk Mengamankan Database Program Keluarga Harapan (PKH)”. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK). 5(1),76-84. (2021).

M. Satria, “Perancangan Aplikasi Keamanan Data Dokumen Word Dengan Menggunakan Algoritma Triple DES”. JFTIK. Vol.1, pp. 463-475. (2020).

Romadhan, D., Ferdiansyah, F. “Implementasi Keamanan Database Menggunakan Kriptografi RC4 Pada Sistem Milik PT. Torop Sumber Makmur”. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI). Vol. 1, No. 1, pp. 368-376). (2022).

Seputra, K, A., Saskara, G, A, J. “Kriptografi Simetris RC4 Pada Transaksi Online Booking Engine System”. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 17(2), 286-295. (2020).

Yel, M. B., Nasution, M, K,. “ Keamanan Informasi Data Pribadi Pada Media Sosial”. Jurnal Informatika Kaputama (JIK). 6(1), 92-101. (2022).

S, A, Ketut., A, J, S, Gede. “Kriptografi Simetris RC4 Pada Transaksi Online Booking Engine System”. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 17, No.2. (2020).

Djong, H. S., Siswanto, S. “Implementasi Kriptografi Dengan Menggunakan Metode RC4 Dan AES-256 Untuk Mengamankan File Dokumen Pada PT. Varnion Technology Semesta”. Prosiding Seminar Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI). 1(1), 149-158. (2022).

H, Irsyad., A, Taqwiym. N, Wijaya,. “ Implementasi Algoritma Rivest Code 4 (RC4) Untuk Penyandian SMS Pada Telepon Seluler”. KURAWAL Jurnal Teknologi Informasi dan Industri. Vol .5, No. 1. (2022).

R, S, Siregar., M, S, Asih., dan Wulan,.”Penerapan Algoritma RC4 Dan Rail Fence Untuk Enkripsi Database Mahasiswa Pada Kampus Poltekkes Kemenkes Medan”. JITEKH. Vol. 7, No. 02, pp 51-56. (2019).

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Noviani, N., & Imelda, I. (2024). IMPLEMENTASI ALGORITMA RC4 DAN CAESAR CIPHER UNTUK APLIKASI PENGAMANAN DATA JOVA LABELS BERBASIS WEB. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 41–50. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1193

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama