RANCANG BANGUN ALAT PELINDUNG KOLAM, PEMBERI PAKAN OTOMATIS, DAN PEMANTAU SUHU AIR DI MUSIM HUJAN BERBASIS IOT

Penulis

  • Mulabbyrrofiq Universitas Budi Luhur
  • Subandi Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Internet of Things (IoT), Ikan Hias, NodeMCU ESP8266

Abstrak

Dalam praktek budidaya ikan cupang, aspek penting melibatkan pemberian pakan dan pemantauan suhu air untuk memastikan pertumbuhan ikan yang optimal. Tantangan umum yang dihadapi oleh para pembudidaya ikan cupang adalah ketersediaan waktu yang terbatas, terutama ketika mereka sibuk dengan pekerjaan lain atau harus meninggalkan tempat budidaya untuk jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, penulis mengusulkan ide untuk mengembangkan sistem berbasis Internet of Things (IoT) yang bertujuan membantu pembudidaya ikan cupang dalam memberikan pakan dan mengontrol suhu air dari lokasi mana pun dan kapan pun selama terhubung dengan jaringan internet. Sistem ini memanfaatkan sensor DS18B20 untuk memantau suhu air, pompa air, dan pemanas air guna menjaga suhu air sesuai dengan parameter yang telah ditetapkan sebelumnya. Selain itu, terdapat motor DC yang dikendalikan oleh mikrokontroler NodeMCU ESP8266 untuk memberikan pakan secara terprogram. Hasil penelitian ini, sensor suhu air DS18B20 berhasil mengukur suhu di dalam kolam. Ketika suhu air mencapai 30°C, kolam dianggap memiliki suhu panas, sehingga water pump akan diaktifkan. Sebaliknya, jika suhu air turun hingga 19°C, kolam dianggap memiliki suhu dingin, dan water heater akan diaktifkan. Saat suhu air mencapai 25°C, kolam dianggap memiliki suhu normal, dan relay akan dimatikan. Selain itu, sensor hujan dapat mengidentifikasi tingkat intensitas hujan. Jika tingkat intensitasnya melebihi 70, motor stepper akan membuka pelindung kolam. Sebaliknya, jika tingkat intensitasnya kurang dari 70, motor stepper akan menutup pelindung kolam. Bot telegram dapat mengirim perintah ke mikrokontroler.

Referensi

Sari, Agun, Permata., Nunik, Cokrowati., & Muhammad, Marzuki. (2022). Pengaruh Suhu Berbeda Terhadap Laju Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Burayak Ikan Cupang (Betta splenders). Jurnal Media Akultur Indonesia, 2(2), 110-118.

Renita., Rachimi., Eka, Indah, Raharjo. (2016). PENGARUH SUHU TERHADAP WAKTU PENETASAN, DAYA TETAS TELUR DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN CUPANG (Betta Splenders).

Selay, Arief., dkk. (2022). Internet of Things. Karimah Tauhid, 1(6), 860-868.

Nurdiana, Arista, Khoiru., Agung, Panji, Sasmito., Nurlaily, Vendyansyah. (2022). Penerapan Internet of Things (IoT) Monitoring dan Controlling Perawatan Anakan Ikan Koi Berbasis Website. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 6(2), 1115-1122.

Suharya, Yahya., Nurul, Imamah., Nirmala, Devisi. (2023). Penjadwalan dan Pemberian Pakan Otomatis Berbasis Internet Of Things Menggunakan NodeMCU ESP8266 dan Aplikasi BLYNK Studi Kasus: Toko Fish Friendly. Jurnal Informatika – COMPUTING, 10(2), 65-71.

Ikhwanusshofa, Muhammad., Agus, Nuramal., Nurul, Iman, Supardi. (2020). Pemanfaatan Internet of Things Untuk Monitoring Suhu di BPPT-MEPPO. Rekayasa Mekanik, 4(1), 19-24.

Indriyanto, Slamet., Prasetyo, Yuliantoro., Dinda, Kusumawati. (2022). Sistem Monitoring Suhu Air Pada Aquascape Berbasis Internet of Things (IoT). Journal of Telecommunication, Electronics, AND Control Engineering (JTECE), 4(1), 56-65.

Adrian, April., Prahunesa, Wahyu, Ciptadi., R, Hafid, Hardyanto. (2021). Sistem Monitoring Serta Kontrol Suhu dan pH Pada Smart Aquarium Menggunakan Teknologi Internet of Things. Seminar Nasional Dinamika Informatika, 5(1), 132-137.

Huda, Roudlotul, Bagus, M., Wahyu, Dwi, Kurniawan. (2022). ANALISA SISTEM PENGENDALIAN TEMPERATUR MENGGUNAKAN SENSOR DS18B20 BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO. Jurnal Rekayasa Mesin, 07(02), 18-23.

Lestari, Anggun., Erwin, Abdulrahman. (2021). RANCANG BANGUN MODUL RAINDROP DAN IoT SEBAGAI PENGENDALI PENJEMUR 50 JAGUNG MARNING. JTERAF (Jurnal Teknik Elektro Raflesia), 1(2), 25-31.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Mulabbyrrofiq, & Subandi. (2024). RANCANG BANGUN ALAT PELINDUNG KOLAM, PEMBERI PAKAN OTOMATIS, DAN PEMANTAU SUHU AIR DI MUSIM HUJAN BERBASIS IOT. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 250–260. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1213

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>