DESAIN E-COMMERCE DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS UNTUK PENJUALAN ONLINE PADA TOKO PAKAIAN GRIYA BUSANA

Penulis

  • Ahmad Imam Universitas Budi Luhur
  • Atik Ariesta Universitas BudiLuhur

Kata Kunci:

E-Commerce, Content Management System, pakaian wanita dewasa

Abstrak

Abstrak-Perkembangan pesat dalam teknologi, terutama di Indonesia, telah mendorong penggunaan internet dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. E-commerce menjadi sarana penting untuk transaksi jual beli, memfasilitasi promosi dan penjualan produk secara luas. Sebagai contoh studi kasus, Griya Busana, sebuah toko pakaian di Jakarta Selatan, menghadapi tantangan dalam strategi pemasaran yang terbatas, bergantung pada WhatsApp dan pencatatan manual, yang mengakibatkan kurangnya eksposur produk dan kesulitan dalam manajemen keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi tantangan tersebut dengan metode pengumpulan data seperti wawancara dan observasi sebagai bagian dari perumusan masalah. Analisis masalah menggunakan fishbone diagram untuk memecahkan kendala yang dihadapi oleh Griya Busana. Proses bisnis dijelaskan melalui Business Model Canvas (BMC) dan activity diagram, sementara perancangan sistem dilakukan menggunakan Unified Modeling Language (UML), termasuk activity diagram usulan dan use case diagram. Pengembangan sistem menggunakan platform WordPress (CMS). Implementasi website dapat meningkatkan efisiensi pencatatan transaksi, mengurangi risiko kesalahan, dan meningkatkan transparansi bagi pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi website dan strategi pemasaran yang diperluas dapat memberikan solusi konkret dan berkelanjutan bagi Griya Busana dalam menghadapi era digital saat ini.

Referensi

E. Nabella et al., “Analisis Laporan Keuangan Berbasis Aplikasi Keuangan Digital Pada UMKM Keripik Syaha Kota Blitar,” J. Pengabdi. pada Masy., vol. 2, no. 2, pp. 1353–1358, 2022.

M. Saitakela, “Sistem Informasi Penjualan Pakaian Pada Butik Aulia,” J. Teknol. Terpadu, vol. 4, no. 2, pp. 71–75, 2018, doi: 10.54914/jtt.v4i2.127.

A. Zamsuri, E. Asril, and M. Sadar, “Pelatihan Pembuatan Design Web E-Commerce Siswa SMA N 1 Tambang Kab. Kampar,” Jdistira, vol. 2, no. 1, pp. 9–16, 2022, doi: 10.58794/jdt.v2i1.37.

E. P. Mandyartha, C. A. Putra, and B. Nugroho, “Utilization of Content Management System for Web Design Fastly and Creatively at Komenwa ‘Mahasurya’ Jawa Timur,” vol. 2022, pp. 263–271, 2022, doi: 10.11594/nstp.2022.2440.

T. Rizal, Misriati, “Perancanga Sistem Informasi Penjualan Pakaian Berbasis Web,” vol. 07, no. 3, pp. 9–15, 2018.

M. H. Akbar Johan, W. N. Achmad, and Sulistiyono, “Rancang Bangun Sistem E-Commerce pada Takaran Coffee,” ProTekInfo(Pengembangan Ris. dan Obs. Tek. Inform., vol. 9, no. 2, pp. 33–35, 2022, doi: 10.30656/protekinfo.v9i2.5590.

B. Algifari and A. Ariesta, “Penerapan E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Sepatu Pada Toko Garasi Spokat,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 2, no. 2, pp. 167–173, 2019, [Online]. Available: http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1066

A. T. Hidayat, A. M. D. Dewantara, and S. Saifullah, “The Development of Website on Management Information System for E-commerce and Services,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 3, pp. 380–386, 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i3.992.

S. Raden, S. Atmaja, and G. Gata, “Penerapan CMS untuk Website E-Commerce pada Chaca Collections,” Sisfotek, vol. 6, no. 1, pp. 53-57Raden, S., Atmaja, S., Gata, G. (n.d.). Pen, 2022.

A. S. Fatin, “Pengembangan Media Penjualan Pada Toko Store Anak Branded Dengan E-commerce,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 3, pp. 2335–2350, 2022, doi: 10.35957/jatisi.v9i3.2694.

Widya Apriliah,Neni Subekti,Tri Haryati. (2019). Penerapan Model Waterfall Dalam Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi PT. Chiyoda Integre Indonesia KARAWANG. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1-9.

Hasanudin,Nur Widiyasono. (2021). Implementasi Yoast Seo Dan Optimasi Keyword Untuk Meningkatkan Rank Pada Google Search Engine Result Page (SERP). Jurnal Siliwangi Vol.7. No.2, 1-8.

Surianti, Nur Ain Banyal. (2022). Perancangan Sistem Informasi Laporan Capaian Kinerja Pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Berbasis Website . jurnal Ilmiah MATRIK , Vol.24No.3, 1-7.

Riffa Khalaf, Anita Diana. (22). Perancangan Sistem E-Commerce Dengan Menggunakan Business Model . Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI, 1-10.

Ihramsyah,Verdi Yasin,Johan. (2023). PerancanganAplikasi Sistem Informasi Penjualan Makanan Cepat Saji BerbasisWeb Studi Kasus Kedai Cheese.Box. Jurnal Widya Volume 4, Nomor 1, 123.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Imam, A., & Ariesta, A. (2024). DESAIN E-COMMERCE DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS UNTUK PENJUALAN ONLINE PADA TOKO PAKAIAN GRIYA BUSANA . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 524–534. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1217

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>