IMPLEMENTASI E-CRM DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMA MUHAMMADIYAH 18

Penulis

  • Muhammad Rizky Putra Kurniawan Universitas Budi Luhur
  • Humisar Hasugian Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

SMA Muhammadiyah 18, Electronic Customer Relationship Management (E-CRM), Peserta Didik

Abstrak

SMA Muhammadiyah 18 Jakarta ingin meningkatkan hubungan baik dengan peserta didik dan wali murid, namun masih menghadapi beberapa masalah, seperti proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilakukan secara tatap muka. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini mengusulkan penerapan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) sebagai solusi untuk mendukung pengelolaan hubungan dengan wali murid dan meningkatkan kualitas layanan sekolah. Penerapan sistem E-CRM dapat meningkatkan efisiensi dalam komunikasi dan pelayanan kepada wali murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan E-CRM efektif dalam mengoptimalkan proses administrasi dan meningkatkan kepuasan wali murid terhadap layanan sekolah.

Referensi

Suryani, CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) dalam RISET PEMASARAN. Pascal Books, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=1FRzEAAAQBAJ

S. E. M. M. S. Dr. Dhiraj Kelly Sawlani, S. E. S. K. M. M. Prof. Idris Gautama So, M. B. A. S. T. Dr. Asnan Furinto, M. S. E. M. Q. M. M. B. A. Dr Ir Mohammad Hamsal, and S. M. Pustaka, COMPETITIVE ADVANTAGE: E-CRM, PROJECT INNOVATION, PROJECT ORGANIZATIONAL CULTURE, DYNAMIC CAPABILITIES. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=QIdAEAAAQBAJ

F. M. Zuhri and Safitri Juanita, “Aplikasi Electronic Customer Relationship Management ( E-CRM ) untuk Aplikasi Electronic Customer Relationship Management ( E-CRM ) untuk Meningkatkan Layanan Orang Tua pada Madrasah Aliyah Al-Falah,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, no. March, 2024, doi: 10.36499/jinrpl.v6i1.9439.

F. I. Hamdi and A. U. Hamdani, “Implementasi Sistem E-CRM dalam Penerapan Informasi Terhadap Pelayanan Wali Murid di TK Putra IX,” “Seminar Nas. Mahamurid Fak. Teknol. Inf. (SENAFTI),” vol. 2, no. 2, pp. 1390–1399, 2023.

N. N. Adiati and H. Irawan, “Mengembangkan E-Crm Dengan Metode Framework of Dynamic Dalam Meningkatkan Pelayanan Perpustakaan Sma Negeri 1 Ciwaru Developing E-Crm With the Framework of Dynamic Method in Improving Library Services 1 Ciwaru Senior,” vol. 2, no. April, pp. 726–734, 2023.

E. Hasanah, H. Irawan, G. Gata, and A. U. Hamdani, “Penerapan Framework Dynamic CRM Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Orang Tua Siswa SMPN 18 Tangerang,” Bit (Fakultas Teknol. Inf. Univ. Budi Luhur), vol. 20, no. 1, p. 32, 2023, doi: 10.36080/bit.v20i1.2319.

S. E. M. S. Dr. Sigit Hermawan and S. E. M. M. Amirullah, METODE PENELITIAN BISNIS: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=tHNMEAAAQBAJ

Umrati & Hengki Wijaya, “Analisa Data Kualitatif : Teori, Konsep Dalam Penelitian,” Sekol. Tinggi Teol. Jaffray, no. August, p. 106, 2020.

J. Setiawan et al., “Identifikasi Batik Melalui Perulangan Motif Dengan Analisis Citra Digital,” Pros. Semin. Nas. Ind. Kerajinan dan BatiK, p. B1.1-B1-14, 2019.

W. I. P. E. Sari, Buku Ajar Dokumentasi Kebidanan. Penerbit NEM, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=rHZbEAAAQBAJ

T. Alvino Efrata and N. Destriana, “Tata Kelola Perusahaan, Karakteristik Perusahaan, Auditor Spesialisasi Industri Dan Manajemen Laba,” Diponegoro J. Account., vol. 1, no. 3, pp. 83–94, 2021, [Online]. Available: http://jurnaltsm.id/index.php/EJATSM

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Kurniawan, M. R. P., & Hasugian, H. (2024). IMPLEMENTASI E-CRM DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMA MUHAMMADIYAH 18. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1236–1243. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1303

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2