IMPLEMENTASI E-COMMERCE DENGAN MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) PADA TOKO NORD 53 MERCH

Penulis

  • Didit Rahadita Universitas Budi Luhur
  • Humisar Hasugian Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-commerce, Content Management System, merchandise, Nord 53 Merch, Persita Tangerang

Abstrak

Dalam era modern yang serba digital, kemudahan dalam bertransaksi jual beli produk dan jasa melalui platform online telah menjadi suatu kebutuhan. Nord 53 Merch, sebuah usaha dalam bidang merchandise dengan fokus pada klub sepak bola Persita Tangerang, saat ini menghadapi kendala dalam pencatatan laporan penjualan dan belum memiliki sistem penjualan online sehingga jangkauan pasar tidak luas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem e-commerce berbasis Content Management System (CMS) sebagai solusi dalam meningkatkan efisiensi dan jangkauan pasar pada toko Nord 53 Merch. Sistem e-commerce yang diimplementasikan menyediakan fitur-fitur penting seperti katalog produk yang meliputi informasi, harga, deskripsi, dan jumlah stok produk. Selain itu, sistem juga menyediakan fitur informasi lacak pengiriman, informasi mengenai jasa kurir yang digunakan, serta estimasi ongkos kirim. Dengan adanya sistem ini, diharapkan pelanggan dan admin toko dapat melakukan transaksi dengan mudah dan cepat, serta menciptakan laporan penjualan yang efisien. Dalam penelitian ini, metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall. Tahapan yang dilalui meliputi identifikasi masalah, perumusan masalah, analisa proses bisnis, analisa perancangan, dan implementasi. Pengembangan ini menghasilkan sebuah website e-commerce yang dirancang khusus untuk Nord 53 Merch, dengan desain antarmuka yang mudah di pahami dan responsif untuk mempermudah pengguna dalam berinteraksi dengan sistem. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem e-commerce yang diimplementasikan berhasil untuk mengatasi permasalahan yang ada dan memberikan kemudahan dalam proses transaksi. Selain itu, dengan adanya sistem e-commerce ini, toko Nord 53 Merch dapat memperluas jangkauan pasar mereka dan dapat mempermudah kelancaran aktivitas transaksi penjualan merchandise klub sepak bola Persita Tangerang pada toko Nord 53 Merch.

Referensi

F. Ristia, A. Diana, and A. Ariesta, “Implementasi E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Menggunakan Content Management System (Cms) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Distro Betawi Boys,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 30–39, 2022, doi: 10.36080/idealis.v5i1.2867.

G. A. P. Noor and Samsinar, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Content Management System Untuk Pemasaran Produk Pada Lumi,” J. IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 552–559, 2020.

M. F. Hidayatullah and B. C. Putra, “Implementasi E-Commerce Dengan Model Business Model Canvas Pada Toko Obama Berbasis Content Management System Wordpress,” IDEALIS Indones. J. …, vol. 2, no. 6, pp. 396–401, 2019, [Online]. Available: https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1389%0Ahttps://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/download/1389/989

A. D. Saputra and A. Widjaja, “Implementasi Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Menggunakan Business Model Canvas Pada Cosy Distro,” J. IDEALIS, vol. 2, no. 5, pp. 9–15, 2019.

M. Gilang, B. Pratomo, and H. Irawan, “Membangun Web E-Commerce Menggunakan Content Management System ( Cms ) Wordpress Untuk Memperluas Jangkauan Pasar Pada Toko Online 1973,” pp. 24–37, 2021.

Y. A. Sujarwo and A. Ratnasari, “Aplikasi Reservasi Parkir Inap Menggunakan Metode Fishbone Diagram dan QR-Code,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 3, pp. 302–309, 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i3.808.

F. Ramadhan and L. Fajarita, “Implementasi Rancangan E-Commerce Pada Surya Timur Collection Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Berbasis Content Management System (Cms),” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 251–259, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1508.

F. A. Irfannudin and A. U. Hamdani, “Implementasi Sistem E-Commerce Pada Guna Motor Berbasis Content Management System (Cms) Wordpress,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 42–48, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1491.

A. A. Anwar, B. Huda, E. Novalia, T. Paryono, and S. Piantara, “Pengembangan UI / UX Pada Aplikasi Buana Online Course Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Universitas Buana Perjuangan Karawang),” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 5, no. 2, pp. 119–124, 2022, doi: 10.31539/intecoms.v5i2.4988.

M. Aqsal and J. Sutrisno, “Analisa dan Implementasi E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) Wordpress Pada Bengkel Madmen Motogarage,” Pros. Semin. Nas. Mhs. …, no. September, pp. 1831–1839, 2022, [Online]. Available: http://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/349%0Ahttp://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/download/349/111

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Rahadita, D., & Hasugian, H. (2023). IMPLEMENTASI E-COMMERCE DENGAN MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) PADA TOKO NORD 53 MERCH. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1230–1239. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/748

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>