E-Commerce Dengan Metode Content Management System Untuk Penjualan Pada Toko Refa Foto Copy

Penulis

  • Sigit Hasudungan Bremana Sitorus Universitas Budi Luhur
  • Humisar Hasugian Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

foto copy, e-commerce, penjualan online, wordpress

Abstrak

Toko Refa Foto Copy ialah suatu toko yang bergerak di bidang Foto copy serta stationeries, dimana toko ini menjual perlengkapan tulis kantor, print dan scan surat, cetak foto, buku, seragam sekolah, dan lain- lain. Tahun 2020 ialah tahun yang berat untuk dunia pada saat tiba- tiba timbul wabah Covid- 19 sampai dikala ini. Tidak hanya akibat kurang baik untuk kesehatan, perihal ini pula turut memperlemah banyak sektor bidang usaha, permasalahan yang ditemui pada Toko Refa Foto Copy adalah menurunnya minat pelanggan yang akan foto copy, cetak foto, jilid buku, print, serta sedikitnya yang membeli perlengkapan alat tulis, tas sekolah serta kebutuhan yang lain. Berdasarkan permasalahan yang ada, diperlukan suatu website E- Commerce berbasis Content Management System (CMS) dan metode Business Model Canvas (BMC) dengan menggunakan teknologi internet guna diaplikasikan pada Toko Refa Foto Copy, hasil dari penelitian ini adalah web e- commerce yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja, guna mempermudah pemilik toko dalam menjual produk yang dijual, mempermudah dalam memberikan informasi produk yang dipromosikan serta meningkatkan jangkauan pelanggannya. Dengan adanya Sistem Informasi penjualan barang akan memudahkan pemilik Toko Refa Foto Copy dalam mengatasi permasalahan yang ada serta juga dapat memudahkan kelancaran aktifitas bisnis.

Referensi

H. Aprianmeru And S. Joko, "Analisa Dan Rancangan Sistem Informasi Penjualan Alat Tulis Kantor Berbasis Web Pada Toko Succes Stationery," Idealis, Vol. 2, No. 4, Pp. 84-91, 2019.

T. Fernando, P. Benni And E. Effiyaldi, "Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Happiness Fotokopi Jambi," Fernando, T., Purnama, B., & Effiyaldi, E. (2020). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Happiness Fotokopi Jambi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Sistem Informasi, Vol. 2, No. 4, Pp. 324-332, 2020.

A. M. Rizky And A. D. Dian, "Perancangan E-Commerce Menggunakan Content Management System ( Cms ) Wordpress Pada Pt . Poliprint Mukti Media," Idealis: Indonesia Journal Information System, Vol. 2, No. 5, Pp. 1-8, 2019.

A. R. Giovani, A. Ma'ruf, A. N. Zahroh, M. Malwan And S. W, "Paya Pengembangan Ukm Dengan Memanfaatkan E-Commerce Taman Walet Pasar Kemis Kabupaten Tangerang, Banten.," Adibrata Jurnal, Vol. 2, No. 1, Pp. 48-55, 2021.

S. Rosyad, "Efektifitas Dan Efisiensi Penerapan E-Commerce Pada Pt. Wahana Surya Plastik," Jpim (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), Vol. 3, No. 1, Pp. 627-637, 2018.

A. S. P. Putri, H. Putut And J. Jumi, "Rancang Bangun E-Commerce Berbasis Web Responsive Dan Mobile Android Pada Umkm Aikori Natural Leather Bag," Jobs (Jurnal Of Business Studies), Vol. 5, No. 1, Pp. 73-86, 2019.

E. Wulandari And G. Grace, "Enerapan E-Commerce Untuk Penjualan Rokok Elektrik (Vape) Menggunakan Content Management System Wordpress Pada Toko Vape Grande," Idealis: Indonesia Journal Information System, Vol. 3, No. 1, Pp. 545-551, 2020.

J. M. Tupan, "Desain Pemasaran Online Berbasis Web Untuk Pemasaran Produk Kerajinan Kerang Mutiara Di Kota Ambon (Studi Kasus: Pondok Mutiara).," Ale Proceeding, Vol. 2, Pp. 158-166, 2019.

M. Ma'mur, L. Lita And H. Aliy, "Metode Extreme Programming Dalam Membangun Aplikasi Kos-Kosan Di Kota Bandar Lampung Berbasis Web.," Jurnal Cendikia, Vol. 18, No. 1, Pp. 377-383, 2019.

K. A. Julianto And A. Nugroho, "Analisis Kegagalan Rem Kendaraan Penumpang Menggunakan Metode Fishbone Di Bengkel Berkah Mandiri Semarang.," Prosiding Snst Fakultas Teknik, Vol. 1, No. 1, Pp. 115-121, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Sitorus, S. H. B., & Hasugian, H. (2022). E-Commerce Dengan Metode Content Management System Untuk Penjualan Pada Toko Refa Foto Copy. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1865–1874. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/287

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>