PERANCANGAN E-COMMERCE MENGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM DALAM RANGKA MENDUKUNG PENJUALAN PADA MARGI KONFEKSI

Penulis

  • Miftahudin Universitas Budi Luhur
  • Humisar Hasugian

Kata Kunci:

e-commerce, konveksi, CMS, woocommerce

Abstrak

Margi Konfeksi merupakan salah satu bisnis konveksi yang bergerak dalam bidang pakaian, baik seragam sekolah, seragam kerja, wearpack, tas, topi maupun jaket, dimana pelanggan dapat mengkustom produknya sesuai yang diinginkannya mulai dari warna, desain, bahan, dan lain-lain. Margi Konfeksi memanfaatkan media sosial yaitu WhatsApp dan Instagram untuk proses penjualan dan mempromosikan produknya. Namun, penjualan masih kurang maksimal, karena seringkali instagram jarang melakukan update, sehingga informasi-informasi terbaru tidak tersampaikan dengan baik ke pelanggan, dan Instagram dan WhatsApp yang belum menggunakan akun bisnis. Masalah lain yang dihadapi adalah proses transaksi masih dicatat secara manual, sehingga sulit untuk melihat laporan rekapitulasi penjualan. Selain itu, belum adanya sistem yang mendukung penjualan pada Margi Konfeksi, sehingga transaksi dilakukan dengan mendatangi toko secara langsung atau dengan cara chat yang terkadang karena menumpuk mengakibatkan chat tidak terbalas. Berdasarkan masalah yang ada, maka penulis memberikan solusi berupa penerapan e-commerce, dengan memanfaatkan beberapa tools yaitu Business Model Canvas untuk menganalisa ide bisnis, fishbone diagram untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi, Content Management System menggunakan Wordpress dengan plugin WooCommerce sebagai alat untuk membangun website, Search Engine Optimization dan strategi marketing untuk memperluas pemasaran produk  yang akan menghasilkan prototype website e-commerce yang dapat menunjang toko dari segi pemasaran, segi penjualan barang hingga laporan-laporan yang dibutuhkan.

Referensi

A. P. Wulandari and M. Saitakela, “Sistem Informasi Penjualan Pakaian Pada Butik Aulia,” Jurnal Teknologi Terpadu, vol. 4, no. 2, 2018.

M. Kurnia Lestari, Masruchin, and D. Krisnaningsih, “Analisis Strategi Pemasaran Online Produk Fashion Pada UMKM di Kota Surabaya,” Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, vol. 5, no. 2, p. 143, 2022.

M. F. Hutama and Y. Santoso, “Implementasi E-Commerce Berbasis Content Management System Pada Sepokatsepatu,” Jan. 2020.

J. M. Tupan, “Desain Pemasaran Online Berbasis Web Untuk Pemasaran Produk Kerajinan Kerang Mutiara Di Kota Ambon (Studi Kasus Pondok Mutiara),” pp. 158–166, Apr. 2019.

Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),” ALGORITMA: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, p. 1, 2018, [Online]. Available: http://www.omg.org

Suriyati, “Desain Perancangan E-Commerce Kain Tenun Lombok Desa Sukarara Lombok Tengah,” vol. 2, no. 2, p. 36, 2019.

N. Sriwahyuni, A. Ariesta, and D. R. Utari, “Penerapan E-commerce Bisnis Pada PT Agiva Indonesia Guna Mencapai Target Pendapatan Penjualan,” G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, vol. 7, no. 2, pp. 627–636, Mar. 2023, doi: 10.33379/gtech.v7i2.2325.

C. Aliwinoto, M. Hediyani, and M. Malinda, “Analisis Business Model Canvas Usaha Mikro Kecil Menengah Toko Jif Bandung, Indonesia,” Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK), vol. 1, 2022.

A. Annas, M. Taher Jufri, and Jusmawati, “Penerapan Business Model Canvas pada E-Commerce Toko H5 Jayapura,” JSAI : Journal Scientific and Applied Informatics, vol. 4, no. 2, 2021, doi: 10.36085.

S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta,” Aug. 2018.

R. B. Halilintar and D. Ariyus, “Implementasi Seo (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Serp (Search Engine Result Page) Studi Kasus : Website Gallery,” Universitas AMIKOM Yogyakarta, Feb. 2018.

I. B. Pamungkas, A. Praditya, N. Rodiyana, G. Dwi Pratama, and Y. Wahyudi, “Pemanfaatan Search Engine Optimization (Seo) Untuk Meningkatkan Penjualan Online,” 2020.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Miftahudin, & Hasugian, H. (2023). PERANCANGAN E-COMMERCE MENGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM DALAM RANGKA MENDUKUNG PENJUALAN PADA MARGI KONFEKSI. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1250–1259. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/766

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>