PEMANFAATAN E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DAN EFISIENSI PROSES BISNIS PADA TOKO PAKAIAN CAESAR'S COLLECTION

Penulis

  • Dimas Wijayanto Universitas Budi Luhur
  • Gandung Triyono

Kata Kunci:

e-commerce, penjualan, Efisiensi, operasional bisnis, pemasaran, whatsaap, Content Management System, wordpress

Abstrak

Dalam dunia bisnis telah banyak munculnya suatu istilah electronic commerce (e-commerce). Dimana mereka para pengguna internet dapat melakukan kegiatan transaksi secara online. Caesar's Collection merupakan toko yang menjual pakaian khususnya jeans dalam berbagai jenis dan ukuran. Proses penjualan pada Toko Caesar’s Collection mengikuti sistem tradisional, pelanggan harus datang langsung ke toko dan memutuskan produk yang akan dibeli berdasarkan keinginan pelanggan. Media promosi yang saat ini digunakan adalah media sosial seperti WhatsApp. Hal ini menyebabkan proses transaksi kurang efektif karena promosi di WhatsApp mengharuskan penyimpanan kontak-kontak yang berkaitan dengan pelanggan. Penelitian ini berfokus pada desain dan penerapan sistem e-commerce yang memanfaatkan teknologi Internet untuk mendukung aktivitas penjualan dan pemasaran. Dengan menggunakan platform seperti WhatsApp untuk pemasaran sosial dan situs web sebagai alat e-commerce, tujuan utamanya adalah memperluas cakupan pelanggan, menyederhanakan proses penjualan, serta meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan data transaksi dan laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem berbasis Content Management System (CMS) dengan WordPress. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan e-commerce telah meningkatkan daya saing dan efisiensi operasional bisnis Caesars Collection serta memudahkan transaksi bagi pelanggan.

Referensi

M.Nazrudin, “Pengertian e-commerce,” 2023.

K. Koloay et al., “Rancang Bangun Aplikasi Fitness Berbasis Android ( Studi Kasus : Popeye Gym Suwaan ),” pp. 1–8, 2020.

N. Widiyasono, “Seri Sains dan Teknologi IMPLEMENTASI YOAST SEO DAN OPTIMASI KEYWORD UNTUK MENINGKATKAN RANK PADA GOOGLE SEARCH ENGINE RESULT PAGE ( SERP ) Jurnal Siliwangi Vol . 7 . No . 2 , 2021 Seri Sains dan Teknologi P-ISSN 2477-3891 E-ISSN 2615-4765,” vol. 7, no. 2, pp. 58–65, 2021.

Z. Niqotaini, ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN UNIFIED, no. November. 2023.

D. Menggunakan and F. Codeigniter, “JURNAL ILMIAH M-PROGRESS,” vol. 11, no. 1, pp. 13–21, 2021.

F. Pertanian, U. J. Soedirman, P. Studi, T. Pertanian, F. Pertanian, and U. J. Soedirman, “, Hety Handayani Hidayat 2 1,” vol. 6, no. 2, pp. 114–121, 2020.

Nurbaiti, “Sejarah Internet di Indonesia,” vol. 3, no. 2, pp. 2336–2344, 2023.

P. Natasya, N. Fadillah, and M. R. Gaffar, “PERANCANGAN DAN PEMBUATAN COMPANY PROFILE BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN CMS WORDPRESS PADA,” vol. 2, pp. 91–99, 2023.

D. Perina, “Penerapan Plugin Customer Relationship Management Dalam Pengelolaan Bisnis,” Appl. Bus. Adm. J., vol. 1, no. 2, pp. 74–80, 2022.

Muhyidin, “Pengertian Website,” pp. 1–19, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Wijayanto, D., & Triyono, G. (2024). PEMANFAATAN E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DAN EFISIENSI PROSES BISNIS PADA TOKO PAKAIAN CAESAR’S COLLECTION. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1513–1522. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1439

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>