PENGAMANAN PENGIRIMAN FILE MENGGUNAKAN STEGANOGRAFI DENGAN METODE LSB DI PT CAPTURE IT

Penulis

  • Jonathan Tinambunan Universitas Budi Luhur
  • Sri Mulyati Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

steganografi, Least Significant Bit (LSB), Mean Squared Error (MSE), Peak Signal-to-Noise Ratio (PSNR), Coefficient Correlation (CC)

Abstrak

Pengamanan data dalam pengiriman file sangat penting dalam dunia digital. Penelitian ini mengembangkan dan menguji metode steganografi dengan teknik Least Significant Bit (LSB) di PT Capture It untuk menjaga kerahasiaan data. Teknik LSB menyembunyikan informasi rahasia dalam file gambar, menyulitkan pihak-pihak yang tidak diinginkan untuk menemukannya. Proses steganografi dalam penelitian ini melibatkan encoding file rahasia ke dalam gambar menggunakan metode LSB, yang kemudian diunggah ke Google Drive sebagai media pengiriman. Setelah file diunduh kembali, dilakukan decoding untuk mengungkap informasi rahasia yang tersembunyi. Pengujian dilakukan dengan menghitung Mean Squared Error (MSE), Peak Signal-to-Noise Ratio (PSNR), dan Coefficient Correlation (CC) antara gambar asli dan gambar hasil encoding untuk menilai tingkat distorsi dan kesesuaian antara gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode LSB efektif untuk menyembunyikan informasi rahasia dengan distorsi minimal. Nilai MSE, PSNR, dan CC yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas gambar hasil encoding tetap baik, dengan tingkat distorsi yang rendah, dan informasi rahasia dapat diungkap kembali dengan akurasi tinggi setelah pengiriman melalui Google Drive.

Referensi

A. Khurana, and B. M. Mehta, “Comparison of LSB and MSB based Image Steganography,” International Journal of Computer Science And Technology, vol. 3, no. 3, pp. 870-871, 2012.

D. R. I. M. Setiadi, et al, “Teknik Penyembunyian dan Enkripsi Pesan pada Citra Digital dengan Kombinasi Metode LSB dan RSA”, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 6, no. 1, pp. 37-43, 2018.

C. Jatmiko, et al, “Uji Performa Penyisipan Pesan Dengan Metode LSB Dan MSB Pada Citra Digital Untuk Keamanan Komunikasi”, Dinamika Rekayasa, vol. 14, no. 1, pp. 47-45, 2018.

S. W. N. P. S. Mendrofa, A. Azannudin, V. W. Sari, “Implementasi Steganografi Dan Kriptografi Data Pasien Pada Klinik Pratama Siti Rahmah Menggunakan Metode Least Significant Bit dan Algoritma RC4”, Jurnal CyberTech, vol.2, no.4, pp. 1-15, 2019.

B. J. Simbolon, “Steganografi Penyisipan Pesan Pada File Citra Menggunakan Metode LSB (Least Significant Bit),” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 1, pp. 1-6, 2021.

J. R. Maulidina, N. B. Idris, and D. Djumhadi, “Implementasi Steganografi dan Steganalisis Menggunakan Metode LSB (Least Significant Bit) Pada File Gambar”, Forbis: Journal Forensic Business Information Systems, vol. 1, no. 1, pp. 14-19, 2024. Available online: https://journal.universitasmulia.ac.id/index.php/forbis

U. Sara, M. Akter, and M. S. Uddin, “Image Quality Assessment through FSIM, SSIM, MSE and PSNR-A Comparative Study,” Journal of Computer and Communications, vol. 7, no. 3, pp. 8-18, 2019. https://doi.org/10.4236/jcc.2019.73002

A. Makandar, S. Kaman, R. Biradar, and S. B. Javeriya. “ Impact of Edge Detection Algorithms on Different Types of Images using PSNR and MSE,” LC International Journal of STEM, vol. 3, no. 4, pp. 1–11, 2023. https://doi.org/10.5281/zenodo.7607059

D. Y. Prayuda, “Analisa Pengujian Kualitas Citra Steganografi Dengan Pendekatan Parameter PSNR dan MSE,” Prosiding SNASTIKOM: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi ke- 8, 2021, pp. 233-241.

M. R. Rambe, E. V. Haryanto, and A. Setiawan, “Aplikasi Pengamanan Data dan Disisipkan Pada Gambar dengan Algoritma RSA dan Modified LSB Berbasis Android”, Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018, pp. 724-729, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Tinambunan, J., & Mulyati, S. (2024). PENGAMANAN PENGIRIMAN FILE MENGGUNAKAN STEGANOGRAFI DENGAN METODE LSB DI PT CAPTURE IT. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 128–136. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1441

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>