Implementasi Restful Dengan JWT Untuk Booking Barang Di Primajaya Multisindo

Penulis

  • Rangga Priyatna Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur
  • Sejati Waluyo Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

PT. Primajaya Multisindo, RESTful, JSON, web service, Android

Abstrak

Abstrak-Seiring bergantinya hari teknologi akan semakin berkembang, tak terkecuali teknologi untuk memenuhi kebutuhan usaha. Dari perkembangan tersebut menuntut pelaku usaha untuk bisa menerapkan teknologi demi keberlangsungan jalan usaha agar lebih efektif dan efisien. Dalam dunia usaha PT. Primajaya Multisindo merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan Produk IT setiap hari ada transaksi yang harus dibukukan sebagai laporan serta melakukan preorder barang yg sudah disetuji atau belum disetujui untuk penjualanya baik online maupun offline. Oleh karena itu untuk menghubungkan informasi dari penjualan maka dibutuhkan sebuah pembukuan data administrasi di PT. Primajaya, pengecekan data administrasi pemesanan barang bisa dilakukan dengan mudah pada data yang terpusat Berdasarkan permasalahan tersebut, Dengan menerapkan teknologi web service dari kemajuan teknologi yang menggunakan metode Restful yang berfungsi sebagai pengintegrasian data agar bisa diakses melalui berbagai platform, seperti web dan mobile dan untuk keamanan data pada sistemnya, sistem ini juga dilengkapi dengan JSON autentikasi token web untuk melakukan proses autentikasi RESTful web service. Maksud dari penerapan sistem web service ini yaitu PT. Primajaya Multisindo dapat melakukan menajemen adminstrasi pemesanan barang agar lebih mudah karena datanya yang terpusat dan bisa diakses dari berbagai platform seperti web dan mobile.

Referensi

Asiyah, L. N., Sulistyanto, M. P. T. dan Aziz, A. (2020). Penerapan Restful Web Service Untuk Optimalisasi Kecepatan Akses Pada Aplikasi Berbasis Android. (JOINTECS) Journal of Information Technology and Computer Science, 5(2), pp. 129–136.

Baharuddin, Wakkang, H., Irianto, B. (2022). IMPLEMENTASI WEB SERVICE DENGAN METODE REST API UNTUK INTEGRASI DATA COVID 19 DI SULAWESI SELATAN. JURNAL SINTAKS LOGIKA, 2(1), pp 236-241.

Choirudin, R. dan Adil A. (2019). IMPLEMENTASI REST API WEB SERVICE DALAM MEMBANGUN APLIKASI MULTIPLATFORM UNTUK USAHA JASA. Jurnal MATRIK, 18(2), pp. 284-293.

Edy, Ferdiansyah, Pramusinto, W. dan Waluyo, S. (2019). PENGAMANAN RESTFUL API MENGGUNAKAN JWT UNTUK APLIKASI SALES ORDER. Jurnal Resti, 3(2), pp. 106-112.

Firdaus, A., Widodo, S., Sutrisman, A., Nasution, S. G. F. dan Mardina, R. (2019). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN WEB SERVICE PADA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER POLSRI. Jurnal Informanika, 5(2), pp. 81-87.

Gunawan, R. dan Rahmatulloh A. (2019). JSON Web Token (JWT) untuk Authentication pada Interoperabilitas Arsitektur berbasis RESTful Web Service. Jurnal Edukasidan Penelitian Informatika, 5(1), pp. 74-79.

Hasanuddin, Asgar, H. dan Hartono, B. (2022). RANCANG BANGUN REST API APLIKASI WESHARE SEBAGAI UPAYA MEMPERMUDAH PELAYANAN DONASI KEMANUSIAAN. JINTEKS (Jurnal Informatika Teknologi dan Sains), 4(1), pp. 8–14.

Perdana, M. A. K. (2018). PENGEMBANGAN REST API LAYANAN PENYIMPANAN MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (STUDI KASUS: PT. XYZ). InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan), 3(1), pp. 100-104.

Perkasa, M. I., Setiawan, B. (2018). Pembangunan Web Service Data Masyarakat Menggunakan REST API dengan Access Token. ULTIMA Computing, X(1), pp. 19-26.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Priyatna, R., & Waluyo, S. (2022). Implementasi Restful Dengan JWT Untuk Booking Barang Di Primajaya Multisindo. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1040–1047. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/189

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>