PROTOTIPE SENSOR GAS DAN API BERBASIS IOT MENGGUNAKAN SENSOR MQ-2 DAN FLAME SENSOR

Penulis

  • adi prayoga fakultas teknik informasi
  • sejati waluyo universitas budi luhur

Kata Kunci:

Internet of Things (IoT) , Gas sensor detector , Fire detector , NodeMCU Esp8266 , Automatic sensors

Abstrak

Dalam era kemajuan teknologi, konsep Internet of Things (IoT) telah menjadi landasan utama untuk menghubungkan berbagai perangkat fisik melalui jaringan internet, memungkinkan interaksi dan pertukaran data antar perangkat. Dalam konteks ini, prototipe pendeteksi kebocoran gas dan api berbasis IoT menjadi relevan untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan lingkungan. Penelitian ini muncul dari kesadaran akan risiko serius yang ditimbulkan oleh kebakaran dan kebocoran gas, serta perlunya solusi proaktif untuk menghadapinya. PT. Arcobaleno Gramarindo, perusahaan yang berfokus pada impor marmer dan granit, juga menghadapi tantangan dalam menjaga keamanan ruangan-ruangannya yang beragam. Oleh karena itu, tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan prototipe pendeteksi kebocoran gas dan api yang berbasis teknologi IoT dengan menggunakan NodeMCU ESP8266 sebagai platform utama yang terhubung ke jaringan internet dan mengintegrasikan sensor MQ-2 dan flame sensor. Sensor MQ-2 digunakan untuk mendeteksi kebocoran gas melalui perubahan resistansi gas, sementara flame sensor sensitif terhadap cahaya inframerah yang dihasilkan oleh api. NodeMCU ESP8266 bertindak sebagai otak sistem dengan mengolah data dari sensor-sensor ini untuk mengambil keputusan yang tepat. Hasil pengujian menunjukkan bahwa prototipe ini memiliki potensi besar dalam mendeteksi kebocoran gas dan api dengan cepat dan akurat melalui integrasi teknologi IoT, yang memungkinkan respons real-time dan pemantauan yang efektif. Dengan demikian, solusi ini dapat meningkatkan kesadaran dan tindakan respons terhadap ancaman kebakaran dan kebocoran gas, dengan implikasi lebih lanjut dalam meningkatkan keselamatan dan keamanan lingkungan secara keseluruhan.

Referensi

Gde Indra Cokorda Raditya, P. A. majalah ilmiah teknologi elektro. Pendeteksi Kebocoran Gas dan Kebakaran Dini Menggunakan NodeMCU Berbasis Telegram. Jurnal Teknik, 21(1), 1-8. (2022).

Hafiz, M., & Candra, O. Perancangan Sistem Pendeteksi Kebakaran Berbasis Mikrokontroller dan Aplikasi Map dengan Menggunakan IoT. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 7(1), 53-63. (2021).

Kristama, Y. S., & Widiasari, I. R. Alat Pendeteksi Kebakaran Dini Berbasis Internet Of Things (IoT) Menggunakan NodeMCU Dan Telegram. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(3), 1599-1606. (2022).

Kurnianto, D., & Syifa, F. T. Implementasi Teknologi Internet of Things Pada Sistem Pemantauan Kebocoran Gas LPG dan Kebakaran Menggunakan Database Pada Google Firebase. Elektron: Jurnal Ilmiah, 34-40. (2020).

Kusumadewi, R. T., Kurniadi, R., & Oktiawati, U. Y. Purwarupa Pendeteksi Liquified Petroleum Gas (LPG) Menggunakan Sensor MQ-2 dengan Blynk. Jurnal Listrik, Instrumentasi, dan Elektronika Terapan, 3(1). (2022).

Mulyati, S., & Sadi, S. Internet Of Things (IoT) Pada Prototipe Pendeteksi Kebocoran Gas Berbasis MQ-2 Dan SIM800L. Jurnal Teknik, 7(2). (2019).

Noorfirdaus, J. R., & Sakti, D. V. S. Y. Sistem Pendeteksi Kebakaran Dini Menggunakan Sensor Mq-2 Dan Flame Sensor Berbasis Web. In Konf. Nas. Ilmu Komput (pp. 404-409). (2020, June).

Rahman, B., Pernando, F., & Indriawan, N. Sistem Monitoring Kebocoran Gas Dan Api Menggunakan Sensor MQ-2 Dan Flame Sensor Berbasis Android. Journal Sensi Online ISSN, 2655, 5298. (2022).

Salman, A., et al. Design and Implementation of Web-Based Database Management System using phpMyAdmin. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 7(2), 83-93. . (2021).

Samudera, D., & Sugiharto, A. Sistem Peringatan dan Penanganan Kebocoran Gas Flammable Dan Kebakaran Berbasis Internet of Things (Iot) (Doctoral dissertation, University of Technology Yogyakarta). (2018)

Saputro, U. A., & Tuslam, A. Sistem Deteksi Kebakaran Berbasis Internet Of Things Dengan Pesan Peringatan Menggunakan NodeMCU ESP8266 Dan Platform ThingSpeak. Jurnal Infomedia: Teknik Informatika, Multimedia & Jaringan, 7(1), 24-30.(2022).

Shrivastava, N., et al. Visual Studio Code for Efficient Software Development. International Journal of Advanced Research in Computer Science, 12(2), 160-167. (2021).

Sudarta, A., Ferdiansyah, F., Siahaan, R. R., & Maruloh, M. Rancang Bangun Pendeteksi Kebakaran Dan Monitoring Berbasis IoT Dengan Microcontroller NodeMCU. Bina Insani ICT Journal, 9(1), 22-32. (2022).

Syahri, A., & Ulansari, R. Prototype Alat Pendeteksi Kebocoran Gas Dan Api Dengan Menggunakan Sensor MQ2 Dan Sensor Api Berbasis Internet Of Things. Jurnal Teknologi Informasi, 8(1), 47-54. (2022).

Tantowi, D., & Kurnia, Y. Simulasi Sistem Keamanan Kendaraan Roda Dua Dengan Smartphone dan GPS Menggunakan Arduino. Algor, 1(2), 9-15. (2020).

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

prayoga, adi, & waluyo, sejati. (2023). PROTOTIPE SENSOR GAS DAN API BERBASIS IOT MENGGUNAKAN SENSOR MQ-2 DAN FLAME SENSOR. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 2211–2220. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/946

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>