IMPLEMENTASI ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES-128) UNTUK APLIKASI KEAMANAN FILE PADA YAYASAN PERHIMPUNAN INTI

Penulis

  • Achmad Fauzan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Mufti Mufti Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Ferdiansyah Ferdiansyah Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Purwanto Purwanto Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

kriptografi, keamanan data, pengamanan data, file, advanced encryption standard

Abstrak

Yayasan Perhimpunan INTI (Indonesia-Tionghoa) sebagai lembaga yang berpartisipasi dalam organisasi sosial yang bersifat nasional, bebas, mandiri, nirlaba, dan nonpartisan. Yayasan Perhimpunan INTI memiliki urusan internal terkait informasi keuangan, informasi pegawai yang dapat merugikan instansi. Oleh karena itu, untuk mengamankan data yang memungkinkan untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran data ke pihak yang tidak bertanggung jawab, diperlukan teknologi pengamanan data dengan sistem penyandian (encryption). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data keuangan, data karyawan dan beberapa data lainnya yang merupakan dokumen penting pada Yayasan Perhimpunan INTI. Pada penelitian ini menggunakan algoritma kriptografi Advanced Encryption Standard 128-bit (AES 128-bit). Algoritma keriptografi AES-128 bertujuan untuk enkripsi dan dekripsi file. Waktu untuk menyelesaikan proses enkrip dan dekrip sebanding dengan ukuran filenya (semakin besar ukuran file yang akan diproses, semakin lambat proses enkrip dan dekrip, dan sebaliknya untuk file yang berukuran kecil). Dalam aplikasi ini hanya dapat menggunakan dokumen dengan ekstensi .doc , .docx , .xls, .xlsx, .ppt, .pptx. Dengan adanya aplikasi pengamanan file pada Yayasan Perhimpunan INTI dapat mengantisipasi terjadinya kebocoran data ke pihak yang tidak bertanggung jawab.

Referensi

A. F. I. R. Achmad Nugrahantoro, Optimasi Keamanan Informasi Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) Mode Chiper Block Chaining (CBC), vol. XII, Yogyakarta: JURNAL ILMIAH FIFO, 2020, pp. 12 - 21.

Yusfrizal, Rancang Bangun Aplikasi Kriptografi Pada Teks Menggunakan Metode Reverse Chiper dan RSA Berbasis Android, vol. 3, Medan: Jurnal Teknik Informatika Kaputama, 2019, pp. 29 - 37.

H. Wijaya, Implementasi Kriptografi Aes-128 Untuk Mengamankan URL (Uniform Resource Locator) Dari SQL Injector, vol. 17, Baubau: JURNAL AKADEMIKA, 2020, pp. 8 - 13.

D. A. Meko, Perbandingan Algoritma DES, AES, IDEA Dan Blowfish dalam Enkripsi dan Dekripsi Data, Vol. 4, Kupang: Jurnal Teknologi Terpadu, 2018, pp. 8 - 15.

A. S. Lisnayani Silalahi, Penerapan Kriptografi Keamanan Data Administrasi Kependudukan Desa Pagar Jati Menggunakan SHA-1, vol. 3, Medan: Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 2020, pp. 182 - 186.

A. I. H. F. R. U. Ferdiansyah, Penggunaan Qr Code Berbasis Kriptografi Algoritma Aes Advanced Encryption Standard Untuk Administrasi Rekam Medis, vol. 03, Cimahi: JOINT (Journal of Information Technology), 2021, pp. 20 - 27.

B. N. S. A. Delisman Hulu, Implementasi Algoritma AES (Advanced Encryption Standard) Untuk Keamanan File Hasil Radiologi di RSU Imelda Medan, vol. 4, Medan: KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), 2020, pp. 78 - 86.

N. P. S. Asri Prameshwari, Implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) 128 Untuk Enkripsi dan Dekripsi File Dokumen, vol. 8, Denpasar Bali: Eksplora Informatika, 2018, pp. 52 - 58.

D. N. Angga Aditya Permana, Rancangan Aplikasi Pengamanan Data Dengan Algoritma Advanced Encryption Standard (AES), vol. 11, Tangerang: Jurnal Teknik Informatika, 2018, pp. 177 - 186.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Fauzan, A., Mufti, M., Ferdiansyah, F., & Purwanto, P. (2023). IMPLEMENTASI ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES-128) UNTUK APLIKASI KEAMANAN FILE PADA YAYASAN PERHIMPUNAN INTI. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 126–133. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/694

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4