PREDIKSI STATUS POLIS NASABAH ASURANSI JIWA MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES

Penulis

  • Zulianda Saputra Universitas Budi Luhur
  • Arief Wibowo Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Naïve Bayes, Prediksi, status polis

Abstrak

Masalah yang sering kali dijumpai oleh para perusahaan asuransi yaitu banyaknya nasabah asuransi yang mengalami kemacetan dalam memperpanjang polis asuransi mereka. Memprediksi para nasabah asuransi yang dikategorikan sebagai kelompok yang macet polis dan lancar polis merupakan suatu hal yang diperlukan bagi suatu perusahaan asuransi dalam menentukan nasabahnya. Perusahaan-perusahaan yang mengambil bidang asuransi masih sangat kesulitan dalam memprediksi calon nasabahnya termasuk kategori lancar polis atau macet polis. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem prediksi yang dikhususkan untuk memprediksi para calon nasabah asuransi. Sistem prediksi ini berbasis dekstop dengan memanfaatkan algoritme Naive Bayes dalam memprediksi calon nasabah asuransi. Dalam pengujian yang telah dilakukan menggunakan Confusion matrix didapatkan hasil akhir dengan nilai akurasi sebesar 81%, recall sebesar 0,99, dan Precision sebesar 0,81 pada sistem prediksi yang dibuat dengan jumlah data sebanyak 2000 data nasabah. Penelitian ini membuat sistem prediksi status polis data nasabah asuransi dengan harapan dapat membantu para perusahaan dalam mengklasifikasikan para calon nasabah asuransi.

Referensi

D. Badruzaman, “Perlindungan Hukum Tertanggung Dalam Pembayaran Klaim Asuransi Jiwa,” Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, vol. 3, no. 1, pp. 96-118, 2019.

S. Sulastri, A. Rifin and B. Sanim, “Strategi Pengembangan Asuransi Jiwa,” Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, vol. 4, no. 1, pp. 44-51, 2018.

dataindonesia.id, “dataindonesia,” 2023. [Online]. Available: https://dataindonesia.id/varia/detail/survei-mayoritas-warga-indonesia-miliki-asuransi-kesehatan. [Accessed 2023 May 2023].

M. H. Rifqo and A. Wijaya, “Implementasi Algoritme Naive Bayes Dalam Penentuan Pemberian Kredit,” Pseudocode, vol. 4, no. 2, pp. 120-128, 2017.

D. Normawati and S. A. Prayogi, “Implementasi Naïve Bayes Classifier Dan Confusion Matrix Pada Analisis Sentimen Berbasis Teks Pada Twitter,” Jurnal Sains Komputer & Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 697-711, 2021.

A. M. Pratiwi and A. K. Mutaqim, “Penerapan Algoritme Naïve Bayes Classifier dalam Memprediksi Status Keberlanjutan Polis Nasabah Asuransi PT.X,” Jurnal Riset Statistika, vol. 1, no. 2, pp. 117-126, 2017.

A. S. Febriarini and E. Z. Astuti, “Penerapan Algoritme C4.5 untuk Prediksi Kepuasan Penumpang Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang,” Eksplora Informatika, vol. 8, no. 2, pp. 95-103, 2019.

ojk.go.id, “Otoritas Jasa Keuangan,” 2017. [Online]. Available: https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/pages/asuransi.aspx. [Accessed 10 May 2023].

Unduhan

Diterbitkan

11-10-2023

Cara Mengutip

Saputra, Z., & Wibowo, A. (2023). PREDIKSI STATUS POLIS NASABAH ASURANSI JIWA MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 587–594. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/806

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>