Penerapan Sistem Otomasi Untuk Pencegahan Pertama Pada Kopi Lain Hati

Penulis

  • Wishnu Satria Universitas Budi Luhur
  • Safrina Amini Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Node MCU, Sensor MQ-2, Telegram

Abstrak

Teknologi informasi terus berubah dan memengaruhi kehidupan kita dengan cara yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Penggunaan teknologi dalam tanggap bencana sangat penting. Teknologi memungkinkan manusia untuk berkomunikasi satu sama lain dan dengan entitas lain, termasuk bencana.Kebakaran dapat terjadi di mana saja dan kapan saja, serta dapat disebabkan oleh kelalaian manusia, kondisi alam, kondisi tempat, dan faktor lainnya. Kebakaran merupakan permasalahan yang dihadapi masyarakat karena keterlambatan petugas penanganan yang dapat menimbulkan banyak kerugian. Kerugian ini dapat mencakup kehidupan atau materi. Jika Anda berada di area kebakaran dan mulai membesar, Anda harus mendapatkan informasi peringatan dini.Tujuan dari penelitian ini adalah merancang alat pendeteksi kebakaran yang akan mengirimkan notifikasi melalui Telegram saat terjadi kebakaran. Sistem ini akan bekerja dimana jika salah satu dari sensor api atau sensor MQ-2 telah mendeteksi adanya api atau asap maka Mcu Node akan secara otomatis mengirimkan notifikasi/pesan melalui aplikasi Telegram. Sistem pendeteksi kebakaran ini dapat membantu mengurangi dampak kebakaran yang dipadamkan oleh pompa air yang terpasang pada perangkat.Selain itu, sistem dapat mengirimkan notifikasi Telegram kepada petugas untuk membantu mereka merespons dengan cepat. Hasil pengujian pada sensor api didapatkan jarak maksimal deteksi sebesar 10cm dan sensor asap didapatkan jarak maksimal deteksi sebesar 2cm, selain itu alat dapat deteksi dan memadamkan kebakaran berdasarkan informasi dari sensor api dan sensor MQ-2 dan buzzer sebagai indikator terjadinya kebakaran.

Referensi

M. Y. F. F. Haris Odi Rizaldy, “Prototipe Sistem Peringatan Dini Kebakaran,” no. Jurnal IlmiahSetrum, pp. 228-236, 2018.

E. I. A. M. A. M. Dolly Indra, “Prototipe Sistem Kontrol Pemadam Kebakaran Pada Rumah Berbasis,” no. Komputika: Jurnal Sistem Komputer, pp. 1 - 8, 2022.

N. K. H. D. D. A. P. Kusnandar, “Rancang Bangun Prototipe Pendeteksi Kebakaran Menggunakan Konsep,” Media Pengembangan Ilmu dan Aplikasi Teknik, no. Jurnal Teknik, pp. 17-26, 2019.

A. D. R. T. Yulia Darnita, “Prototype Alat Pendeksi Kebakaran,” no. JURNAL INFORMATIKA UPGRIS, 2021.

A. Q. D. U. E. Gegayu Candra Palevi, “Prototipe Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis,” no. Conference on Innovation and Application of Science and Technology, 2018.

H. S. S. M. Mohamad Jamil, “Sistem Peringatan Dini Kebakaran Hutan Menggunakan Modul,” no. Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer, 2019.

A. T. Uyock Anggoro Saputro, “Sistem Deteksi Kebakaran Berbasis Internet Of Things,” Teknik Informatika, Multimedia & Jaringan, no. Jurnal Infomedia, 2022.

R. S. W. R. Teguh Hidayat Iskandar Alam, “Rancang Bangun Prototype Alat Pendeteksi Kebakaran,” INSECT, 2019.

A. M. N. Mega Apriyaningsih, “Prototipe Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis,” PRISMA FISIKA, pp. 106 - 110, 2017.

H. M. K. I. N. H. Alridho Rizky Abrar, “Prototype Alat Pendeteksi Kebakaran Berbasis Internet Of Things Dengan Aktifasi Flame Sensor Menggunakan Arduino,” Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan, no. Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan, pp. 1-11, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Satria, W., & Amini, S. (2022). Penerapan Sistem Otomasi Untuk Pencegahan Pertama Pada Kopi Lain Hati. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 786–792. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/81

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>