PROTOTIPE MONITORING DAN MENGONTROL AIR DENGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER NODEMCU ESP8266

Penulis

  • Muhammad Rafli Universitas Budi Luhur
  • Sejati Waluyo Universitas Budi Luhur
  • Dolly Virgian Shaka Yudha Sakti Universitas Budi Luhur
  • Reva Ragam Santika Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Internet of Things, HC-SR04, Water Level Sensor, Water Pump, Prototipe Monitoring, Wifi, NodeMCU

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah prototipe monitoring ketinggian air secara online dan real-time menggunakan Internet of Things (IoT). Prototipe ini bertujuan untuk memberikan informasi dini ketika sistem mendeteksi batas jarak dan ketinggian air yang berpotensi menyebabkan banjir. Sistem ini menggunakan mikrokontroler NodeMCU yang dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi dan berfungsi sebagai sistem kendali pada alat. Sensor-sensor yang digunakan adalah sensor ultrasonik HC-SR04 dan water level sensor. Metode pengujian dilakukan dengan menetapkan batas ketinggian air yang rendah, sedang, dan tinggi. Jika sensor ultrasonik mendeteksi ketinggian air di atas batas rendah, sistem akan memberikan status air rendah dengan LED berwarna hijau dan menampilkan informasi di LCD. Jika ketinggian air berada di antara batas rendah dan batas tinggi, sistem akan memberikan status air sedang dengan LED berwarna kuning dan menampilkan informasi di LCD. Jika ketinggian air melebihi batas tinggi, sistem akan memberikan status air tinggi dengan LED berwarna merah, buzzer menyala, dan menampilkan informasi di LCD. Selain itu, jika sensor water level mendeteksi ketinggian air di atas batas ketinggian, pompa air akan menyala dan nilai ketinggian air akan ditampilkan di LCD. Sensor akan membaca ketinggian dan jarak air setiap 1 detik dan hasilnya akan ditampilkan di website dan aplikasi telegram, sehingga pengguna dapat memantau ketinggian air secara real-time. Dengan adanya prototipe ini, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memantau ketinggian air dan mengambil tindakan pencegahan lebih awal untuk menghindari banjir

Referensi

S. P. Windiastik, E. N. Ardhana and J. Triono, "PERANCANGAN SISTEM PENDETEKSI BANJIR BERBASIS IOT (INTERNET OF THING)," Seminar Nasional Sistem Informasi, pp. 1925-1931, 2019.

L. Safitri and N. Prasetyo, "Sistem Water Level Otomatis Berbasis Mikrokontroler Dan Sms Gateway," Bangkit Indonesia, vol. IX No.01, pp. 40-49, 2020.

A. S. I. Nafik, A. Widodo, F. Baskoro and R. Rahmadian, "Rancang Bangun Prototype Monitoring Ketinggian Air pada Bendungan Berbasis Internet Of Things," Jurnal Teknik Elektro, vol. 10 Nomor 01, pp. 29-35, 2021.

I. A. Deswiyan, S. S. P. and S. R. Andani, "Rancang Bangun Alat Pendeteksi Ketinggian Air dan Alarm Pemberitahuan Antisipasi Datangnya Banjir Berbasis Arduino Uno," Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN), Vol.1, No.2, pp. 155-164, 2021.

Z. R. Satra and F. Fattah, "Monitoring Ketinggian Air Berbasis NodeMCU dengan Menggunakan Web Responsive," Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam, Vol 1, No 1, pp. 1-5, 2021.

M. Rafli and N. W. Karyanto, "SISTEM MONITORING DAN PERINGATAN KETINGGIAN AIR KOLAM IKAN DENGAN SENSOR HC-SR04," Melek IT Information Technology Journal, Vol 8, No 1, pp. 91-104, 2022.

Y. Herdiana and A. Triatna, "PROTOTYPE MONITORING KETINGGIAN AIR BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN BLYNK DAN NODEMCU ESP8266 PADA TANGKI," Jurnal Informatika - Computing, Vol 7, No 1, pp. 1-11, 2020.

F. D. Hanggara and R. D. Eka Putra, "PURWARUPA PERANGKAT DETEKSI DINI BANJIR BERBASIS INTERNET OF THINGS," JIRE (Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika), Vol 4, No 1, pp. 87-94, 2021.

M. I. Rosita, J. W. H. Pamungkas, Y. D. Atma, N. B. Idris and A. Daffa, "Monitoring Ketinggian Permukaan Air Menggunakan Telegram Bot Berbasis NODEMCU ESP8266," Metik Jurnal , Vol 6, No 2, pp. 123-132, 2022.

N. Pratama, U. Darusalam and N. D. Nathasia, "Perancangan Sistem Monitoring Ketinggian Air Sebagai Pendeteksi Banjir Berbasis IoT Menggunakan Sensor Ultrasonik," JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, Vol 4, No 1, pp. 117-123, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Rafli, M., Waluyo, S., Shaka Yudha Sakti, D. V., & Santika, R. R. (2024). PROTOTIPE MONITORING DAN MENGONTROL AIR DENGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER NODEMCU ESP8266. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 224–232. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1134

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>