MENGANALISIS DAN MERANCANG SISTEM E-CRM UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN PT. KIRA ASIA

Penulis

  • Byan Listriyanto Universitas Budi Luhur
  • Hendri Irawan Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Informasi, Customer Relationship Management (CRM),, PT. Kira Asia

Abstrak

PT. Kira Asia adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang digital agency yang servis utamanya adalah mengerjakan project digital dari pelanggan. Perusahaan masih terdapat beberapa masalah seperti, data pelanggan yang belum terstruktur, tidak mempunyai data riwayat kerjasama dengan pelanggan. Permasalahan selanjutnya pada perusahaan ini belum memiliki sistem untuk menyimpan testimoni dan keluhan dari pelanggan, sehingga membuat sulit untuk mengevaluasi kinerja dan memahami tingkat kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem yang dapat membantu dalam mengelola interaksi dengan pelanggan. Tindakan yang dilakukan dengan cara menerapkan Electronic Customer Relationship Management (e-CRM) untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. Pada penelitian ini, sebuah sistem e-CRM dibuat berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Fitur utama yang dibangun untuk mengatasi masalah yaitu fitur edit profile bagi pelanggan, fitur request project untuk pelanggan mengajukan project ke perusahaan, serta fitur testimoni berdasarkan transaksi pelanggan dan keluhan pelanggan.

Referensi

M. Fadly and A. Wantoro, “Model Sistem Informasi Manajemen Hubungan Pelanggan Dengan Kombinasi Pengelolaan Digital Asset Untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan,” Pros. Semin. Nas. Darmajaya, vol. 1, no. 1, pp. 46–55, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/1749

D. K. Sawlani, I. Gautama, A. Furinto, and M. Hamsal, Competitive Advantage: e-CRM, Project Innovation, Project Organizational Culture, Dynamic Capabilities. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA, 2021.

H. Andi, “Rancang Bangun E-CRM Dengan Pendekatan Framework of Dynamic Berbasis Web,” J. Portal Data, vol. 3, no. 2, pp. 1–15, 2021, [Online]. Available: http://portaldata.org/index.php/portaldata/article/view/25

R. Ramadhani, F. Fujiati, and D. Y. H. Tanjung, “Perancangan E-CRM Dalam Mengatasi Keluhan Pelanggan Pada Samudera Jaya Printing,” Infosys (Information Syst. J., vol. 5, no. 1, p. 95, 2020, doi: 10.22303/infosys.5.1.2020.95-104.

T. F. Nugroho, B. D. Andah, Y. Yuliazmi, and S. Juanita, “Analisis Dan Perancangan E-CRM Berbasis Web Untuk Meningkatkan Penjualan Pada CV. Anugerah Jaya,” Semin. Nas. Mhs. Fak. Teknol. Inf., vol. 2, no. April, pp. 980–989, 2023.

W. Rahmanto, S. Juanita, L. Suryadi, and J. Sutrisno, “Implementasi E-CRM Untuk Layanan Keluhan Implementation of E-CRM for Customer Complaints Service At PT. Information Tools Achievement,” vol. 2, no. April, pp. 934–942, 2023.

S. Supriatiningsih, J. Dwi Mulyanto, S. Sutrisno, and B. Adha Safira, “Perancangan Sistem Informasi Pembuatan Konten Media Sosial PT. Bikin Kreatif Digital Agency Purwokerto,” Informatics Comput. Eng. J., vol. 3, no. 1, pp. 59–64, 2023, doi: 10.31294/icej.v3i1.1710.

S. Hermawan and Amirullah, Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=tHNMEAAAQBAJ

R. Destriana, S. M. Husain, N. Handayani, and A. T. P. Siswanto, Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase" Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah". Deepublish, 2021.

Suryani, Customer Relationship Management (CRM) dalam Riset Pemasaran. Pascal Books, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=1FRzEAAAQBAJ

N. Nurkholis and N. C. Aminuallah, “Aplikasi E-CRM Untuk Meningkatkan Pemasaran Dan Penjualan Berbasis Mobile,” Teknologiterkini.org, vol. 3, no. 1, pp. 1–18, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Listriyanto, B., & Irawan, H. (2024). MENGANALISIS DAN MERANCANG SISTEM E-CRM UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN PT. KIRA ASIA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 399–408. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1155

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama