MENGEMBANGKAN E-CRM GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN SMK MEDIA INFORMATIKA

Penulis

  • Cahyo Jati Pambudi Afiliasi Universitas Budi Luhur
  • Hendri Irawan
  • Bruri Trya Saertana

Kata Kunci:

e-CRM, Perpustakaan, Enhance

Abstrak

Perpustakaan sekolah memiliki peranan sangat penting dalam pendidikan dan tidak akan terpisahkan. Oleh karena itu perpustakan menyediakan akses keberagaman sumber informasi seperti buku, jurnal, majalah yang membantu siswa dalam proses pembelajaran. SMK Media Informatika adalah sekolah menengah kejuruan yang memanfaatkan perpustakaan sebagai fasilitas belajar. Namun, salah satu tantangan yang dihadapi saat ini adalah kurangnya sistem  yang mampu menangani berbagai macam transaksi, termasuk peminjaman dan pengembalian buku, request buku baru, booking buku, donasi buku dan laporan. Sehingga dibuatkan sebuah sistem yang terkomputerisasi untuk membantu dalam proses tersebut. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sudah dikembangkan sebuah website dengan pendekatan electronic Customer Relationship Management (e-CRM). Sistem e-CRM ini dibuat menggunakan Hypertext Preprocessor (PHP) sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai database. Website ini memiliki fitur utama yaitu notifikasi pengingat pengembalian buku, notifikasi buku baru tersedia, notifikasi booking buku dan  menghasilkan sebuah sistem e-CRM berbasis website yang dapat meningkatkan sebuah pelayanan pada perpustakaan SMK Media Informatika. Sistem ini mencakup fitur peminjaman, pengembalian, request buku baru, booking buku, donasi buku, laporan dan kritik saran. Secara keseluruhan dapat memperlancar  proses transaksi pada perpustakaan SMK Media Informatika.

Referensi

S. Supriatiningsih, “Implementasi Metode Waterfall Pada Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 6, no. 1, pp. 83–93, 2020, doi: 10.31294/ijse.v6i1.8028.

S. Erniwati and Z. Zaeniah, “Rancang Bangun Electronic Costumer Relationship Management (E-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital SMAN 1 Sakra,” Explore, vol. 10, no. 1, p. 70, 2020, doi: 10.35200/explore.v10i1.365.

N. N. Adiati and H. Irawan, “Mengembangkan E-Crm Dengan Metode Framework of Dynamic Dalam Meningkatkan Pelayanan Perpustakaan Sma Negeri 1 Ciwaru Developing E-Crm With the Framework of Dynamic Method in Improving Library Services 1 Ciwaru Senior,” vol. 2, no. April, pp. 726–734, 2023.

K. Kamaludin, Y. Tjuparmah, and H. Silvana, “Pengaruh customer relationship management (CRM) terhadap citra perpustakaan pada UPT Perpustakaan ITB,” J. Manaj. Komun., vol. 4, no. 1, pp. 41–59, 2019.

S. Aripin, Hendri Irawan, Wendi Usino, and Ita Novita, “Penerapan E-CRM untuk Meningkatkan Pelayanan Orang Tua Siswa Pada SMA Islamic Centre Kota Tangerang,” KRESNA J. Ris. dan Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 39–48, 2023, doi: 10.36080/kresna.v3i1.74.

Hamdi and A. U. Hamdani, “Implementasi Sistem E-CRM Dalam Penerapan Informasi Implementation Of The E-CRM System In The Application Of Information To Student Guardian Services At TK,” vol. 2, no. September, pp. 1390–1399, 2023.

N. Muslihah, I. Fahmi, A. R. Maulidiana, and I. Y. Habibie, Prinsip dan Aplikasi Metodologi Penelitian Gizi. Universitas Brawijaya Press, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=xqFgEAAAQBAJ

S. K. M. M. K. Mangindara, S. K. M. M. K. Suci Rahmadani, and S. K. Sri Devi, Manajemen Jaminan Mutu Kesehatan. Feniks Muda Sejahtera, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=3KCaEAAAQBAJ

R. Destriana et al., Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase" Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah". Deepublish, 2021.

R. Habibi, D. A. Masruro, and N. H. Khonsa’, Aplikasi inventory barang menggunakan QR code. in Aplikasi inventory. Kreatif, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=w5PuDwAAQBAJ

K. Harianto, H. Pratiwi, and Y. Suhariyadi, Sistem Monitoring Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Memasuki Dunia Kerja Menggunakan Tracer Study. MEDIA SAHABAT CENDEKIA, 2019. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=VkOdDwAAQBAJ

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Jati Pambudi, C., Irawan, H., & Trya Saertana, B. (2024). MENGEMBANGKAN E-CRM GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN SMK MEDIA INFORMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 461–471. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1183

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama