ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM E-CRM DALAM PENGELOLAAN DATA CLIENT DAN PROJECT PADA PT. KIRA ASIA

Penulis

  • Muhammad Fahri Hariawan Universitas Budi Luhur
  • Hendri Irawan Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

PT. Kira Asia, client, e-CRM

Abstrak

Dalam menghadapi dinamika era globalisasi dan perubahan ekonomi yang cepat, teknologi informasi telah menjadi komponen kunci dalam persaingan bisnis. PT. Kira Asia, sebagai perusahaan digital agency, mengalami beberapa permasalahan dalam menjalankan proses penawaran project kepada client, termasuk duplikasi data, kurangnya akses informasi terhadap client yang tidak dihubungi selama tiga bulan atau lebih, dan kesulitan dalam mengidentifikasi data client yang telah bekerjasama. Sebagai solusi, Penelitian ini memutuskan untuk mengembangkan sebuah sistem Electronic Customer Relationship Management (e-CRM) untuk melakukan pencatatan dan pendataan data client secara terkomputerisasi dan terstruktur berbasis website. Sistem ini diharapkan dapat mempermudah pencarian data client, menyusun penawaran kepada client, dan menjaga keamanan dokumentasi. Dengan implementasi sistem yang terkomputerisasi, PT. Kira Asia diharapkan dapat mengatasi tantangan identifikasi dan pengelolaan data, meningkatkan responsivitas terhadap pertumbuhan data, dan menghasilkan data yang lebih akurat, sekaligus meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Referensi

P. Dwi Putra Nugroho and F. Ramadhan, “RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENYEWAAN BUS DENGAN PENDEKATAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM),” 2021. [Online]. Available: http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/indexWulandari|http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/index|

S. S. M. M. M. O. S. C. P. M. C. Dr. Miguna Astuti, M. S. Dr. Fransisca Iriani Roesmala Dewi, M. M. C. P. M. Dra. Anastasia Bernadin Dwi Mardiatmi, and S. E. M. M. Dienni Ruhjatini, E-Marketing Konsep Dan Transformasi Digital. 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=xE3eEAAAQBAJ

D. P. Ramadhani et al., “Penerapan Metode E-CRM Pada Toko Wati Collection,” vol. 9, no. 4, pp. 3503–3518, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.mdp.ac.id

M. Warsela, A. D. Wahyudi, and A. Sulistiyawati, “PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENDUKUNG MARKETING CREDIT EXECUTIVE (STUDI KASUS: PT FIF GROUP),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 2, p. 78, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

D. Mistikaweni and L. Li Hin, “PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP (E-CRM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DAN PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN CATERING HANDAYANI.” J u r n a l I D E A L I S V o l . 2 N o . 2 , 2019, https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1051.

A. Saputri, S. Hudayah, and Z. Abidin, “Pengaruh Customer Relationship Management ….”

F. Rahayu and H. Irawan, “PERANCANGAN SISTEM ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) GUNA MEMBANTU MENINGKATKAN PELAYANAN DAN LOYALITAS PELANGGAN STUDI KASUS: LEMBAGA PENDIDIKAN KUMON.” J u r n a l I D E A L I S V o l . 2 N o . 4 , 2019, https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1351.

L. Pratiwi Dalova, N. Elyta Faizah, and S. Bimo Syahputro, “EFEKTIFITAS PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA USAHA JASA DESAIN IKLAN CITRA KARYA SETIA (ADVERTISING & DIGITAL PRINTING) MELALUI PEMASARAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM),” Neraca Manajemen, Akuntansi Ekonomi, vol. 1, 2023, doi: 10.8734/mnmae.v1i2.359.

R. K. Dewi, Q. J. Adrian, H. Sulistiani, and F. Isnaini, “DASHBOARD INTERAKTIF UNTUK SISTEM INFORMASI KEUANGAN PADA PONDOK PESANTREN MAZROATUL’ULUM,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 2, pp. 116–121, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

L. Setiyani, “Implementasi Cybersecurity pada Operasional Organisasi,” 2021.

M. Purnasari and Y. Hartiwi, “Juli 2022 Hal 258-264 Fakultas Ilmu Komputer, Sistem informasi,” Media Online, vol. 2, no. 6, [Online]. Available: https://djournals.com/resolusi

M. K. Rachmat Destriana, S. K. M. T. I. Syepry Maulana Husain, M. K. Nurdiana Handayani, and S. K. Aditya Tegar Prahara Siswanto, Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase “Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah.” Deepublish, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=vmtYEAAAQBAJ

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Hariawan, M. F., & Irawan , H. (2024). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM E-CRM DALAM PENGELOLAAN DATA CLIENT DAN PROJECT PADA PT. KIRA ASIA . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 431–440. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1168

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama