PENERAPAN WEBSITE E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN JANGKAUAN PEMASARAN DAN PENJUALAN PADA TOKO MEGA TOYS GANDUL

Penulis

  • Anggita Putri Hadi Universitas Budi Luhur
  • Dian Anubhakti Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-Commerce, CMS, Wordpress, Woocommerce, BMC, SEO, Mega Toys Gandul

Abstrak

Dalam era digital saat ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara pelaku bisnis berinteraksi dengan konsumen, terutama dalam konteks penjualan produk melalui platform online. Bisnis E-Commerce menjadi salah satu model bisnis yang berkembang pesat dan populer saat ini, yang disebabkan oleh kemudahan akses internet dan perubahan perilaku konsumen yang cenderung beralih ke pembelian secara online. Perubahan perkembangan teknologi juga berlaku untuk usaha konvensional. Salah satu penerapan teknologi untuk mendorong persaingan bisnis dan penjualan produk adalah penggunaan perdagangan elektronik (E-Commerce). E-Commerce artinya media elektronik dan internet untuk bertransaksi barang dan jasa. Mega Toys Gandul adalah toko mainan konvensional yang memiliki keterbatasan dalam penjualan dan pemasaran, karena hanya pelanggan lokal yang dapat melihat informasi produk, Mega toys Gandul berada disebuah toko sederhana yang terletak di Jalan Raya Gandul sehingga ruang lingkup penjualan sangat kecil, hanya pelanggan yang datang dan masyarakat sekitar toko yang dapat melihat informasi seputar produk yang tersedia, sehingga pelanggan yang berada diluar wilayah toko kesulitan untuk mendapatkan informasi toko dan produk. Media pemasaran hanya mengunakan spanduk yang dipasang didepan toko saja sehingga jangkauan untuk calon pelanggan tidak luas. Pelanggan kesulitan mendapatkan informasi produk secara lengkap karena tidak ada detail penjualan. Selain itu, catatan penjualan hanya berupa nota yang sering hilang dan rusak, sehingga kesulitan mengetahui informasi produk terlaris. Penelitian ini mengembangkan aplikasi website E-Commerce CMS Wordpress dengan plugin WooCommerce. Metodologi Business Model Canvas (BMC) dan teknik Search Engine Optimization (SEO). Hasil dari penelitian berupa website E-Commerce sebagai media pemasaran yang lebih optimal untuk menarik banyak pelanggan, memudahkan pelanggan untuk melakukan pemesanan dan mempermudah dalam pembuatan laporan yang akurat sehingga dapat meningkatkan penjualan pada Mega Toys Gandul.

Referensi

W. R. Syafitri and H. Hartuti, “Efektivitas Dan Efesiensi Penarapan E-Commerce Dalam Daya Saing Usaha,” An Nafi’ Multidiscip. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 26–37, 2024, [Online]. Available: https://edujavare.com/index.php/rmi/index

C. Ziliwu, R. Sitanggang, R. U. Ginting, and A. F. . Sibero, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Produk Handmade Berbasis Web,” J. Mahajana Inf., vol. Vol. 6, no. 01, pp. 16–21, 2021, [Online]. Available: http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/7/article/view/1981/1387

A. T. Martadinata and I. Zaliman, “Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi E-Commerce dengan menggunakan Content Management System (CMS), WooCoomerce dan Xendit Pada Koperasi Universitas Bina Insan,” Sigmata J. Manaj. dan Inform., vol. 9, no. 1, pp. 16–21, 2021.

A. Nabilah, R. Putri, I. N. Y. Anggara, P. Trisna, and H. Permana, “Rancang Bangun dan Implementasi E-Commerce Berbasis Website Pada UD . AM Menggunakan CMS Dengan Metode Agile Development,” vol. 10, no. 1, pp. 69–84, 2024, doi: 10.31980/jpetik.v10i1.548.

Y. Suharya and F. Azhari, “Pembuatan Aplikasi Penjualan Tanaman Berbasis Web (E-Commerce) Menggunakan Metode Waterfall Studi Kasus Toko Azrina Flower,” J. Inform., vol. 08, pp. 35–40, 2021.

S. Japit, Y. Risyani, and A. Suwandhi, “Perancangan Sistem Informasi pada Toko Pakaian Butet Menggunakan CMS Prestashop,” J. Ilm. Core It, vol. 9, no. 2, pp. 21–24, 2021.

F. Fenando, “Implementasi E-Commerce Berbasis Web pada Toko Denia Donuts Menggunakan Metode Prototype,” JUSIFO (Jurnal Sist. Informasi), vol. 6, no. 2, pp. 66–77, 2020, doi: 10.19109/jusifo.v6i2.6532.

P. Widyaningsih, Nurohman, and Indah Nofikasari, “Pemasaran Digital Berbasis CMS Wordpress Pada UMKM Shapro Official Wonogiri,” Elkom J. Elektron. dan Komput., vol. 15, no. 2, pp. 351–360, 2022, doi: 10.51903/elkom.v15i2.861.

Y. Sakti, I. W, and D. Zuhroh, “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Tehambatnya Perkembangan Umkm Sentra Ikan Bulak ( SIB ) Kenjeran Dengan Pendekatan Metode Fishbone Diagram,” Semin. Nas. Has. Penelit. dan Pengabdi. 2020, pp. 92–99, 2020.

N. Maisari, Musbikhin, and Karmuji, “MODEL PENGEMBANGAN BISNIS TOSERBA SUNAN DRAJAT MELALUI PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS ( Studi Di Toserba Sunan Drajat Banjarwati Paciran Lamongan ),” Al-Muzdahir J. Ekon. Syariah, vol. 05, no. 01, p. 22, 2023, [Online]. Available: https://jurnalinsud.sinov.id/index.php/ekis/article/view/778/483

A. T. Kusumo, Vito Triantori, and Ishak Komarudin, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Smooth-Tee dengan Metode Waterfall,” J. Sist. Inf., vol. 10, no. 2, pp. 82–88, 2021, doi: 10.51998/jsi.v10i2.422.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Hadi, A. P., & Anubhakti, D. (2024). PENERAPAN WEBSITE E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN JANGKAUAN PEMASARAN DAN PENJUALAN PADA TOKO MEGA TOYS GANDUL. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1599–1608. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1480

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>