Penerapan Metode Simple Additive Weighting Pada PT. Lasa Laju Utama Untuk Pemilihan Supplier

Penulis

  • Rizky Ramadhani Universitas Budi Luhur
  • Bima Cahya Putra Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

SPK, SAW, pemilihan supplier terbaik

Abstrak

Supplier merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan sesuatu yang dibutuhkan oleh konsumennya. Dalam sebuah perusahaan atau bisnis pasti membutuhkan supplier agar bisninya bisa berjalan dengan lancar dan efisien. Kesalahan dalam memilih supplier terbaik akan sangat mempengaruhi proses bisnis suatu perusahaan atau bahkan sangat berdampak sangat besar. Saat ini banyak sekali supplier diluar sana yang saling bersaing dengan sangat kompetitif untuk saling memperebutkan konsumen. Pada PT. Lasa Laju Utama sudah terdapat pemelihan supplier terbaik tetapi proses perhitungan masih berbentuk manual dan pengolahan data hanya menggunakan Microsoft excel, sehingga dapat mengakibatkan kesalahan dalam pengolahan data dan pengambilan keputusan dalam pemilihan supplier terbaik. Oleh karena itu PT. Lasa Laju Utama membutuhkan sistem pendukung keputusan yang sudah terkomputerisasi agar hasil dalam pengambilan keputusan bisa lebih akurat dan cepat. Sistem pendukung keputusan yang diterapkan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode SAW merupakan metode penjumlahan berbobot berdasarkan kriteria seluruh alternatif supplier pilihan pada semua atribut. Atribut pada metode SAW terdiri dari atribut benefit dan cost. Model SAW membutuhkan operasi normalisasi matriks keputusan ke suatu ukuran yang dapat dikomparasi dengan kriteria keseluruhan alternatif supplier yang ada sehingga menghasilkan nilai akhir dari perhitungan dari masing – masing supplier. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem pendukung keputusan dalam pemilihan supplier dengan adanya nilai bobot dari masing – masing kriteria. SPK ini mempermudah penilaian dan perhitungan dalam  pemilihan suppler sehingga kesalahan dalam penilaian supplier bisa di minimalisir. SPK ini akan membantu decision maker yaitu direktur utama PT. Lasa Laju Utama dalam pengambilan keputusan terkait pemilihan supplier terbaik secara objektif, akurat, dan cepat. Pada hasil penelitian ini dalam menentukan supplier untuk barang Baja yang terpilih adalah supplier ke-4 yaitu Jaya Keramik dengan nilai tertinggi 0.720.

Referensi

H. T. SIHOTANG, “Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbasis Web Pada Pengadilan Tinggi Medan,” vol. 3, no. 1, Pp. 6–9, 2019, Doi: 10.31227/Osf.Io/Bhj5q.

H. Pratiwi, “Penjelasan Sistem Pendukung Keputusan,” No. May, 2020, [Online]. Available: Https://Www.Researchgate.Net/Publication/341767301%0apenjelasan.

A. Firman, H. F. Wowor, X. Najoan, J. Teknik, E. Fakultas, Dan T. Unsrat, “Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web,” Vol. 5, No. 2, 2016.

E. Jayantara, Z. Ahmad, Dan A. Mpg, “Pembelian Sepeda Motor Dengan Metode Weighted Product.”

M. T. Prihandoyo, “Unified Modeling Language ( Uml ) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,” Vol. 03, No. 01, Pp. 126–129, 2018.

B. Berlilana, F. D. Prayoga, And F. S. Utomo, “Implementasi Simple Additive Weighting Dan Weighted Product Pada Sistem Pendukung Keputusan Untuk Rekomendasi Penerima Beras Sejahtera,” J. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., Vol. 5, No. 4, P. 419, 2018, Doi: 10.25126/Jtiik.201854768.

M. Muslihudin, F. Triananingsih, K. Kasmi, And L. Anggraei, “Pembuatan Model Penilaian Indeks Kinerja Dosen Menggunakan Metode Fuzzy Simple Additive Weighting,” Semnasteknomedia Online, Vol. 5, No. 1, Pp. 3-5–25, 2017, [Online]. Available: Https://Ojs.Amikom.Ac.Id/Index.Php/Semnasteknomedia/Article/View/1656.

W. A. Maulana, A. Nugroho, Dan T. Adriyanto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Di Toko Bangunan Ragil,” Pp. 154–159, 2021.

D. Susandi And H. L. Anita, “Keputusan Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Simple,” Vol. 6, No. 2, Pp. 79–85, 2019.

N. Putra, D. R. Habibie, Dan I. F. Handayani, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Pada Tb.Nameene Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw),” Pengaruh Pengguna. Pasta Labu Kuning (Cucurbita Moschata) Untuk Substitusi Tepung Terigu Dengan Penambahan Tepung Angkak Dalam Pembuatan Mie Kering, Vol. 1, No. 2, Pp. 274–282, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Ramadhani, R., & Putra, B. C. (2022). Penerapan Metode Simple Additive Weighting Pada PT. Lasa Laju Utama Untuk Pemilihan Supplier. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1875–1882. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/318

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>