Perancangan E-Commerce Untuk Meningkatkan Pendapatan Pada Toko Alinno Dengan Menggunakan Unified Modeling Language

Penulis

  • Respati Adhitya Universitas Budi Luhur
  • Atik Ariesta Universitas Budi Luhur
  • Ika Susanti Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

business model canvas (bmc), aksesoris komputer, website, e-commerce, wordpress, woocommerce

Abstrak

Toko Alinno merupakan bisnis yang bergerak dibidang elektronik mulai dari smartphone aksesori, outdoors tools dan aksesoris computer ia menjual berbagai jenis aksesoris computer, mulai dari keyboard, mouse, mousepadAdapun permasalahan yang dihadapi pada Toko Alinno banyaknya saingan produk serupa pada marketplace tokopedia, kurangnya pemasaran pada toko alinno yang mengakibatkan banyak nya pelanggan yang tidak mengenal toko alinno, banyak stok barang menumpuk karena barang tidak laku terjual. Berdasarkan masalah yang ada, peneliti bertujuan untuk membuatkan sebuah website e- commerce untuk mengurangi saingan produk serupa dan memperluas jangkauan penjualan. Dalam perancangan website e-commerce ini peneliti menggunakan Metode Business Model Canvas (BMC) untuk perancangan bisnis, Fishbone Diagram untuk analisa masalah, Unified Modeling Language (UML) untuk analisa dan perancangan sistem. Pembuatan website yang dirancang berupa prototipe menggunakan Content Management System (CMS) dan plugin WooCommerce. Hasil dari penelitian yaitu dengan adanya Website yang dirancang dapat mengurangi biaya pengeluaran pada Toko Alinno, mengurangi saingan produk serupa, dan mengembangkan penjualan pada Toko Alinno selain marketplace tokopedia untuk membangun kepercayaan pelanggan

Referensi

Riswandi, “Transaksi On-Line (E-Commerce) : Peluang dan Tantangan Dalam Perspektif Ekonomi Islam,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., vol. 13, no. April, pp. 15–38, 2019.

Budi Setiadi, “Implementasi E-Commerce Business To Costumer (B2C) Sebagai Solusi Penjualan Komputer Pada It Solution Banjarmasin Berbasis Web,” J. Tek. Mesin UNISKA, vol. 02, no. 02, pp. 103–107, 2017.

R. Edi, “E-Commerce Aksesories Komputer Pada Toko Utc,” vol. 02, no. 02, 2020.

C. Jardinia Tanuwidjaja and A. Setiawan, “Perancangan dan Pembuatan Website E-Commerce pada Toko Aksesoris Komputer di Surabaya,” J. Infra, vol. 5, no. 2, pp. 301–307, 2017.

R. Hermiati, A. Asnawati, and I. Kanedi, “Pembuatan E-Commerce Pada Raja Komputer Menggunakan Bahasa Pemrograman Php Dan Database Mysql,” J. Media Infotama, vol. 17, no. 1, pp. 54–66, 2021, doi: 10.37676/jmi.v17i1.1317.

S. I. Vol et al., “Jurnal Indonesia Sosial Teknologi : p – ISSN : 2723 - 6609 SISTEM INFORMASI E-COMMERCE PADA TOKO L-ONE KOMPUTER Abstrak Jurnal Indonesia Sosial Teknologi , Spesial Issue - Vol . 2 , No . 1 Januari 2021,” vol. 2, no. 1, pp. 39–50, 2021.

“3. BAB II”.

B. Cahya Putra, R. S. Wahyuni, and A. Saputro, “Implementasi E-Commerce Berbasis Content Management System Pada Toko Sepatu Rangkayo Casual Sneakers,” J. BIT (Budi Luhur Inf. Technol., vol. 17, no. 2, pp. 14–21, 2020, [Online]. Available: https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/bit

F. Ramadhan and L. Fajarita, “Implementasi Rancangan E-Commerce Pada Surya Timur Collection Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Berbasis Content Management System (Cms),” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 251–259, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1508.

E. Oley, E. S. R. Sentinuwo, A. A. E. Sinsuw, and U. S. Ratulangi, “Sistem Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Website (Studi Kasus Taipan Restoran),” J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 6, no. 4, pp. 89–100, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/elekdankom/article/view/23230/22931

H. D. Susanti et al., “Jurnal Keperawatan. Universitas Muhammadya Malang,” J. Keperawatan. Univ. Muhammadya Malang, vol. 4, no. 1, pp. 724–732, 2017, [Online]. Available: https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article

M. Iqbal Kurniansyah and S. Sinurat, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Server Hosting dan Domain Terbaik untuk WEB Server Menerapkan Metode VIKOR,” JSON (Jurnal Sist. Komput. dan Inform., vol. 2, no. 1, pp. 14–24, 2020, doi: 10.30865/json.v2i1.2450.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Adhitya, R., Ariesta, A., & Susanti, I. (2022). Perancangan E-Commerce Untuk Meningkatkan Pendapatan Pada Toko Alinno Dengan Menggunakan Unified Modeling Language. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1653–1660. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/379

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2