PERANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN PADA TOKO MARANATHA @ GRACE

Penulis

  • FANNY VALERIA Universitas Budi Luhur
  • Atik Ariesta Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-Commerce, Content Management System (CMS), Wordpress, Toko Pakaian, Perancangan Website

Abstrak

Toko Maranatha atau lengkapnya Toko Maranatha @ Grace merupakan usaha perorangan yang bergerak di bidang pakaian. Selain menjual pakaian, Toko Maranatha juga menjual barang lain seperti handuk, sarung, peci dan lain-lain. Permasalahan yang terjadi pada toko ini di antaranya: sarana penjualan yang hanya dilakukan secara offline di mana pelanggan harus datang ke toko secara langsung untuk berbelanja, terbatasnya waktu operasional toko, tidak adanya media promosi selain melalui toko langsung sehingga pelanggan tidak mendapatkan informasi promosi yang sedang berlangsung, dan toko yang tidak memiliki informasi produk sehingga saat pelanggan berbelanja produk tidak tersedia. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang bisnis dan website E-Commerce yang berguna untuk meningkatkan jumlah pelanggan sehingga Toko Maranatha mencapai target penjualan. Website E-Commerce yang dibuat menggunakan Content Management System Wordpress. Pengumpulan data dan identifikasi masalah dilakukan dengan melakukan wawancara dan observasi serta analisa dokumen berjalan dan studi literatur. Analisa proses bisnis berjalan menggunakan Activity Diagram. Analisa masalah menggunakan Fishbone Diagram. Analisa model bisnis menggunakan Business Model Canvas. Perancangan sistem dilakukan menggunakan Use Case Diagram dan Use Case Deskripsi, serta membuat desain UI/UX menggunakan Tools Balsamiq Wireframes. Hasil dari penelitian ini berupa website E-Commerce yang dapat menjangkau pelanggan lebih luas dan lebih banyak dan membuat informasi terkait produk menjadi lebih jelas dan lengkap. Website E-Commerce yang dibuat juga membantu Toko Maranatha mempromosikan produk dan memudahkan pemilik toko dan karyawan dalam pencatatan laporan.

Referensi

N. Ratama, Munawaroh, and S. Mulyati, “Sosialisasi Penggunaan Ecommerce Dalam Perkembangan Bisnis Di Era Digital,” Abdi J. Publ., vol. 1, no. 1, pp. 6–12, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/AJP/index

H. Saputra and T. Rachman, “Perancangan Dan Pembuatan Website Sebagai Aplikasi E-Commerce Pada Risty Grosir Gamis Malang,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 618–623, 2021, doi: 10.36040/jati.v5i2.4163.

D. Dedi, A. Sidik, and Q. Nuraprilliani, “Penjualan Online untuk Meningkatkan Omset Penjualan pada Toko Gartika Collection,” J. Tren Bisnis Glob., vol. 2, no. 2, p. 8, 2022, doi: 10.38101/jtbg.v2i2.559.

K. I. Santoso, P. S. Informasi, S. Wahyudiono, P. S. Informasi, S. W. Widiastuti, and E. Purwodadi, “E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran,” J. Sist. Inf. Univ. Suryadarma, vol. 4, no. 1, pp. 197–205, 2014, doi: 10.35968/jsi.v4i1.81.

G. O’Regan, “Unified Modelling Language,” Concise Guid. to Softw. Eng., vol. 9, no. 2, pp. 205–218, 2017.

T. I. Afelia and A. Rohman, “Sistem Informasi Penjualan Pakaian Berbasis Web Pada Toko Kolor Murah Ungaran Menggunakan Metode Waterfall,” J. Mhs. Tek. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 11–27, 2022, doi: 10.35473/.v1i2.1911.

M. Nazir, S. F. Putri, and D. Malik, “Perancangan Aplikasi E-VOTING Menggunakan Diagram UML (Unified Modelling Language),” J. Ilm. Komput. Terap. dan Inf., vol. 1, no. 1, pp. 5–9, 2022, [Online]. Available: http://journal.polita.ac.id/index.php/politati/article/view/99/92

A. G. Budianto, “Analisis Penyebab Ketidaksesuaian Produksi Flute Pada Ruang Handatsuke Dengan Pendekatan Fishbone Diagram, Piramida Kualitas Dan Fmea,” J. Ind. Eng. Oper. Manag., vol. 4, no. 1, 2021, doi: 10.31602/jieom.v4i1.5368.

M. M. Effendi, Nur Ika, S.E., M. S. Dr. Mulyana, Mumuh, S.E., M.M., and M. . Apriani, Ari, S.E., Strategi Pemasaran. Padang: PT.Global Eksekutif Teknologi, 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Strategi_Pemasaran/u-aWEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=penjelasan+kategori+jasa+8p&pg=PA66&printsec=frontcover

M. Khaerudin, D. B. Srisulistiowati, and J. Warta, “Game Edukasi Dengan Menggunakan Unity 3D Untuk Menunjang Proses Pembelajaran,” J. Sist. Inf. Univ. Suryadarma, vol. 8, no. 2, pp. 263–272, 2021, doi: 10.35968/jsi.v8i2.741.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

VALERIA, F., & Ariesta, A. (2023). PERANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN PADA TOKO MARANATHA @ GRACE. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1515–1524. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/962

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>