ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT INDONESIA PADA TWITTER TERHADAP ISU RESESI 2023 MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES

Penulis

  • Mochamad Prasetiyo Wibowo Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Safrina Amini Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Indra Indra Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Dewi Kusumaningsih Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

Naïve Bayes, Analisis Sentimen, Isu Resesi 2023, Twitter

Abstrak

Belakangan ini masyarakat Indonesia tengah memperbincangkan tentang kemungkinan atau isu adanya resesi di tahun 2023. Karena adanya isu tersebut, membuat masyarakat menjadi khawatir dan mempertanyakan apakah isu tersebut akan terjadi atau tidak. Dikutip dari kompas.tv, resesi secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu kondisi perekonomian suatu negara sedang memburuk yang terlihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang negatif, pengangguran meningkat, maupun pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut. Dari isu tersebut, banyak orang yang mengutarakan pendapatnya pada media sosial, salah satunya media sosial Twitter. Maksud dan tujuan dari penelitian ini ialah guna melakukan analisis sentimen masyarakat Indonesia terhadap isu resesi di tahun 2023 dan menguji keakuratan algoritma Naive Bayes dalam melakukan analisis sentimen. Pada penelitian ini akan dilakukan proses analisis pendapat atau sentimen masyarakat Indonesia mengenai isu resesi di tahun 2023 dengan cara mengklasifikasikan pendapat ke dalam 2 sentimen yaitu positif atau negatif. Prosedur utama yang dilaksanakan dalam penelitian ini ialah: crawling, pelabelan, preprocessing, pemodelan, pembagian data, dan klasifikasi Naive Bayes. Penelitian ini menggunakan rasio perbandingan data latih dan data uji yaitu 80:20. Hasil dari proses klasifikasi lebih dominan kepada label positif. Lalu dilakukan pengujian untuk mencari nilai akurasi sebanyak 5 kali dan mendapatkan tingkat akurasi tertinggi yaitu 83,333%.

Referensi

(2022), Jika 2023 Resesi, Sektor Mana Saja yang Alami Penurunan dan Kenaikan?. [Online]. Available at: https://www.kompas.com/tren/read/2022/11/17/2030005s65/jika-2023-resesi-sektor-mana-saja-yang-alami-penurunan- dan-kenaikan-?page=all

(2022), Resesi Ada Jenisnya, Yang Paling Ngeri Bakal Terjadi di 2023?. [Online]. Available at: https://www.cnbcindonesia.com/market/20221020195946-17-381432/resesi-ada-jenisnya-yang-paling-ngeri-bakal- terjadi-di-2023

Pudjajana, A. M. and Manongga, D., “Sentimen Analisis Tweet Pornografi Kaum Homoseksual Indonesia Di Twitter Dengan Naive Bayes”, Vol. 9, No. 1, doi: 10.24176/simet.v9i1.1922, 2018.

Arsi, P. and Waluyo, R., “Analisis Sentimen Wacana Pemindahan Ibu Kota Indonesia Menggunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM)”, Vol. 8, No, 1, p. 147, doi: 10.25126/jtiik.0813944, 2021.

Samsir, S. et al., “Analisis Sentimen Pembelajaran Daring Pada Twitter di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Naïve Bayes”, Vol. 5, No. 1, pp. 157-163, doi: 10.30865/mib.v5i1.2580, 2021.

Sari, F. V. and Wibowo, A., “Analisis Sentimen Pelanggan Toko Online Jd.Id Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Berbasis Konversi Ikon Emosi”, Vol. 10, No. 2, pp. 681–686, 2019.

Darwis, D., Siskawati, N. and Abidin, Z., “Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Analisis Sentimen Review Data Twitter Bmkg Nasional”, Vol. 15, No. 1, pp. 131-145. doi: 10.33365/jtk.v15i1.744, 2021.

Ratnawati, F., “Implementasi Algoritma Naive Bayes Terhadap Analisis Sentimen Opini Film Pada Twitter”, Vol. 3, No. 1, p. 50. doi: 10.35314/isi.v3i1.335, 2018.

Yulita, W. et al., “Analisis Sentimen Terhadap Opini Masyarakat Tentang Vaksin Covid-19 Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier”, Vol. 2, No. 2, pp. 1–9, 2021.

Normawati, D. and Prayogi, S. A., “Implementasi Naïve Bayes Classifier Dan Confusion Matrix Pada Analisis Sentimen Berbasis Teks Pada Twitter”, Vol. 5, No. 2, pp. 697–711, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Wibowo, M. P., Amini, S., Indra, I., & Kusumaningsih, D. (2023). ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT INDONESIA PADA TWITTER TERHADAP ISU RESESI 2023 MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 201–210. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/555

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 > >>