PERANCANGAN E-COMMERCE UNTUK MENDUKUNG LAYANAN PENJUALAN PADA BABY CUTE ONLINE SHOP

Penulis

  • Risma Jumandika Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Lis Suryadi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Deni Mahdiana Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Agus Umar Hamdani Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

Baby Cute Online Shop, E-Commerce, Content Management System (CMS), Business Model Canvas (BMC), Search Engine Optimization (SEO), Wordpress, Toko Baby Cute Online Shop, Layanan Penjualan

Abstrak

Toko Baby Cute Online Shop merupakan UMKM yang bergerak dibidang penjualan pakaian anak dan bayi. Masalah pada penelitian ini adalah, toko belum memiliki media pemasaran yang dapat mencakup jangkauan yang luas untuk calon pelanggannya, proses transaksi masih terbilang manual, pelanggan harus datang langsung mengunjungi toko untuk pemesanan dan mengetahui detail informasi produk yang dijual, serta pengolahan data penjualan toko masih belum terkomputerisasi yang mengakibatkan terbatasnya peluang pemasaran dan proses transaksi. Sehingga memerlukan penelitian pada Toko Baby Cute Online Shop yang membutuhkan sarana promosi atau pemasaran secara online seperti E-Commerce. Tujuan penelitian ini adalah mendukung layanan penjualan agar dapat melakukan proses transaksi secara online, memperluas jangkauan pemasaran, serta untuk mengetahui detail informasi laporan-laporan yang diperlukan secara akurat. Metode penelitian ini menggunakan pengumpulan data analisis model bisnis menggunakan metode Business Model Canvas (BMC), analisis masalah menggunakan model Fishbone Diagram, perancangan sistem E-Commerce menggunakan pendekatan UML dan membuat model UI/UX, implementasi E-Commerce menggunakan Content Management System (CMS), serta strategi Search Engine Optimization (SEO) dan pemasaran menggunakan strategi mix marketing 4P. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan model E-Commerce berbasis web dan fitur-fiturnya dapat menyelesaikan masalah yang ada pada Toko Baby Cute Online Shop, serta pengujian performa website menggunakan Google Search Console dan pengujian SEO yang dilakukan muncul di halaman kedua pencarian Google. Sehingga mampu untuk memperluas jangkauan pemasaran dan memberi kemudahan dalam mengakses informasi untuk calon pelanggannya, serta dapat mendukung layanan penjualan pada Toko Baby Cute Online Shop.

Referensi

D. Pranitasari and A. N. Sidqi, “Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee Menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius,” J. Akunt. dan Manaj., vol. 18, no. 02, pp. 12–31, 2021, doi: https://doi.org/10.36406/jam.v18i02.438.

E. Murni, D. Diniati, Mustakim, I. Kusumanto, and Anwardi, “Perancangan Dan Implementasi Sistem Website E-Commerce Dalam Bisnis Bakery Upaya Meningkatkan Penjualan Dan pemasaran Menggunakan Metode Waterfall Pada Pabrik Prima Sari Bakery,” J. Rekayasa Sist. dan Ind., vol. 7, no. 2, pp. 120–124, 2020, doi: https://doi.org/10.25124/jrsi.v7i2.406.

P. Hendriyati and A. Yusta, “Implementasi Aplikasi E-Commerce Berbasis Web,” JURSIMA (Jurnal Sist. Inf. dan Manajemen), vol. 9, no. 1, pp. 40–48, 2021, doi: https://doi.org/10.47024/js.v9i1.232.

E. Yanuarti, P. Romadiana, and Kiswanto, “Model Web E-Commerce Guna Memperluas Pemasaran Produk Furniture,” J. SITECH Sist. Inf. dan Teknol., vol. 4, no. 2, pp. 166–172, 2021, doi: https://doi.org/10.24176/sitech.v4i2.6903.

A. Zubaidi, R. Mahardiko, and F. D. R. Sari, “Perancangan Sistem Iinformasi Penjualan Box Dan Tempat Seserahan Di ‘F’ Production Sruweng Berbasis Web Dengan Framework Codeigniter,” JASATEC J. Students Automotive, Electron. Comput., vol. 1, no. 2, pp. 82–90, 2021, doi: https://doi.org/10.37339/jasatec.v1i2.759.

D. A. Afriansyah, D. Setiawati, and A. R. Bahtiar, “Rancang Bangun Website E-commerce di Toko Sean Shoes Menggunakan Metode Rapid Application Development,” JITU J. Inform. Technol. Commun., vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2022, doi: https://doi.org/10.36596/jitu.v6i1.634.

Y. K. Sakti, I. A. S. W, and D. Zuhroh, “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Tehambatnya Perkembangan Umkm Sentra Ikan Bulak ( SIB ) Kenjeran Dengan Pendekatan Metode Fishbone Diagram,” Pros. Semin. Nas. Darmajaya, vol. 1, pp. 92–99, 2020.

F. Ristia, A. Diana, and A. Ariesta, “Implementasi E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Menggunakan Content Management System (CMS) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Distro Betawi Boys,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 30–39, 2022, doi: 10.36080/idealis.v5i1.2867.

D. Riandika and A. U. Hamdani, “Implementasi E-Commerce Dengan Teknik SEO dan Strategi Pemasaran 4P Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Aksesoris Motor Pada XYZ Motoshop,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 3, p. 785, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i3.2242.

Sunarsasi and N. R. Hartono, “Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Di Kabupaten Blitar (Studi Pada UKM Cap Kuda Terbang Bu Sulasmi),” J. TRANSLITERA, vol. 9, no. 1, pp. 22–31, 2020, doi: https://doi.org/10.35457/translitera.v9i1.928.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Jumandika, R., Suryadi, L., Mahdiana, D., & Hamdani, A. . U. (2023). PERANCANGAN E-COMMERCE UNTUK MENDUKUNG LAYANAN PENJUALAN PADA BABY CUTE ONLINE SHOP. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 943–952. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/670