PERKEMBANGAN SISTEM PEMANTAUAN DAN PENGENDALIAN HIDROPONIK BERBASIS IoT UNTUK PERTANIAN PERKOTAAN DENGAN LAHAN TERBATAS

Penulis

  • Syahrial Danu Wardhana Universitas Budi Luhur
  • Wahyu Pramusinto Universitas Budi luhur

Kata Kunci:

Internet of Things, Hidroponik, smartphone, Wi-fi, Android

Abstrak

Hidroponik menggunakan air dan larutan nutrisi sebagai media tanam untuk pertanian perkotaan yang memiliki lahan terbatas. Namun, mengendalikan kondisi lingkungan seperti pH air, suhu, kelembapan, dan nutrisi menjadi tantangan. Solusi yang menarik adalah pengembangan sistem berbasis Internet of Things (IoT) dengan menggunakan mikrokontroler ESP32 dan fitur Wi-Fi. Sistem ini memungkinkan pengendalian dan pemantauan hidroponik melalui smartphone Android. Pemantauan dan pengendalian hidroponik berbasis IoT penting agar petani atau pengguna hidroponik dapat memantau kondisi tanaman secara real-time. Aplikasi smartphone Android telah dikembangkan untuk memudahkan pemantauan dan pengendalian, sementara metode seperti Deep Flow Technique (DFT) dan Nutrient Film Technique (NFT) memastikan pertumbuhan optimal dengan nutrisi yang mengalir otomatis. Metode ini memungkinkan berkebun tanpa lahan tradisional dan sesuai dengan kesibukan individu. Pengembangan sistem pemantauan dan pengendalian hidroponik berbasis IoT di Kelurahan Serua Ciputat dapat bercocok tanam hidroponik dalam kesibukan sehari-hari. Pada kesimpulan penelitian ini adalah pengembangan sistem pemantauan dan pengendalian hidroponik berbasis Internet of Things (IoT) dengan menggunakan mikrokontroler ESP32 dan fitur Wi-Fi memberikan solusi yang menarik untuk mengatasi tantangan dalam hidroponik, terutama di pertanian perkotaan dengan lahan terbatas. Sistem ini memiliki potensi besar dalam memfasilitasi pertanian perkotaan di lahan terbatas, memberikan kemampuan pemantauan dan pengendalian yang real-time, serta mendorong efisiensi dalam penggunaan sumber daya dan nutrisi untuk pertumbuhan tanaman. Secara keseluruhan, penggunaan teknologi IoT dalam hidroponik memberikan solusi inovatif untuk pertanian perkotaan dengan lahan terbatas dan membuka peluang baru bagi individu untuk berkebun tanpa keterbatasan tradisional.

Referensi

R. Doni and M. Rahman, "Sistem Monitoring Tanaman Hidroponik Berbasis Iot (Internet of Thing) Menggunakan Nodemcu ESP8266," Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), vol. IV, pp. 516-522, 2020.

F. B. Assa,, A. M. Rumagit and M. E. I. Najoan, “Internet of Things-Based Hydroponic System Monitoring Design Perancangan Monitoring Sistem Hidroponik Berbasis Internet of Things,” Internet of Things-Based Hydroponic System Monitoring Design Perancangan Monitoring Sistem Hidroponik Berbasis Internet of Things, vol. XVII, no. 1, pp. 129-138, 2022.

I. Z. T. Dewi, M. F. Ulinuha, W. A. Mustofa, A. Kurniawan and F. A. Rakhmadi, "Smart Farming: Sistem Tanaman Hidroponik Terintegrasi IoT MQTT Panel Berbasis Android," JKPTB, vol. IX, pp. 71-77, 2021.

F. Rozie, I. Syarif, M. U. H. Al Rasyid and E. Satriyanto, “SISTEM AKUAPONIK UNTUK PETERNAKAN LELE DAN TANAMAN KANGKUNG HIDROPONIK BERBASIS IOT DAN SISTEM INFERENSI FUZZY,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. VIII, pp. 157-166, 2021.

A. A. Endryanto and N. E. Khomariah, "KONTROL DAN MONITORING TANAMAN HIDROPONIK SISTEM NUTRIENT FILM TECHNIQUE BERBASIS IOT," KONVERGENSI , vol. XVIII, pp. 25-32, 2022.

B. Fandidarma, R. D. Laksono and K. W. B. Pamungkas, “Rancang Bangun Mobil Remote Control Pemantau Area berbasis IoT menggunakan ESP 32 Cam,” Jurnal ELECTRA : Electrical Engineering Articles, vol. II, p. 2745, 2021.

T. M. Kawinda, A. A. Muayyadi and A. Mulyana, "Penerapan Teknologi Internet Of Things Pada Hidroponik Cabai Rawit Dengan Sistem Dutch Bucket Menggunakan ESP32 Dan Blynk," e-Proceeding of Engineering, vol. VIII, pp. 3377-3385, 2022.

T. Hariono and D. . Y. Cahyono, "MONITORING KONDISI TANAMAN HIDROPONIK DALAM BENTUK," Exact Papers in Compilation, vol. III, pp. 453- 458, 2021.

R. L. Alam and A. Nasuha, "Sistem Pengendali pH Air dan Pemantauan Lingkungan Tanaman Hidroponik menggunakan Fuzzy Logic Controller berbasis IoT," ELINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education), vol. V, pp. 11-20, 2020.

M. Ridwan and K. M. Sari, "Penerapan IoT dalam Sistem Otomatisasi Kontrol Suhu, Kelembaban, dan Tingkat Keasaman Hidroponik," Jurnal Teknik Pertanian Lampung, vol. X, pp. 481-487, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Wardhana, S. D., & Pramusinto, W. (2023). PERKEMBANGAN SISTEM PEMANTAUAN DAN PENGENDALIAN HIDROPONIK BERBASIS IoT UNTUK PERTANIAN PERKOTAAN DENGAN LAHAN TERBATAS. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 2003–2010. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/752

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>