IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT SARAF DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR DAN FORWARD CHAINING

Penulis

  • Tis Jalaludin Universitas Budi Luhur
  • Wahyu Pramusinto Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Certainty Factor, Forward Chaining, Sistem Pakar, Penyakit Saraf

Abstrak

Sistem saraf memiliki peran penting dalam mengatur berbagai aktivitas tubuh, termasuk menerima rangsangan sensorik, mengintegrasikan informasi, mengambil keputusan, dan menghasilkan aktivitas motorik. Dalam pengaturan koordinasi motorik, diperlukan jaringan saraf yang berisi ribuan sel saraf yang mengantarkan informasi dari dan ke otak. Gangguan pada sistem saraf dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk stroke, alzheimer, vertigo dan meningitis. Masalah yang dihadapi pakar dan pasien adalah pasien sering kali mengalami kecemasan dan kebingungan mengenai penyakit mereka, terutama ketika informasi medis kompleks tidak dipahami dengan baik. Namun, penelitian ini mengkombinasikan kedua metode tersebut untuk menghasilkan tingkat kepercayaan yang lebih akurat dalam diagnosa penyakit saraf. Tujuan penelitian ini adalah memberikan wawasan lebih kepada masyarakat untuk mempermudah diagnosa awal yang lebih cepat, praktis, serta memberikan solusi tanpa harus bertemu dengan dokter spesialias saraf. Manfaat dari pembuatan penelitian ini adalah agar masyarakat yang menderita penyakit saraf dapat terbantu dan dapat ditangani dengan cepat dan tepat. Sistem Pakar dapat berfungsi dengan baik dalam memberikan diagnosa penyakit saraf secara efisien dan efektif, memberikan infomasi tentang penyakit dan gejala dari penyakit tersebut, serta pengolahan data penyakit dan gejala pasien pada RS. Bhayangkara Lemdiklat Polri. Selain itu, penelitian ini juga akan menggunakan studi literatur dan referensi penelitian terdahulu sebagai acuan untuk memperkuat penelitian. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sistem pakar ini adalah bahasa pemrograman PHP Native, JavaScript, CSS dan MySQL untuk pengolahan databasenya. Dari hasil pengujian Black Box testing diperoleh 100% sesuai dengan kebutuhan sistem.

Referensi

L. W. Santoso and F. Felix, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Sistem Saraf Pusat dengan Metode Backward Chaining dan Certainty Factor," Jurnal Infra, vol. II, pp. 1-7, 2022.

N. Rasyid, T. Nawaf, A. Nuraminah and M. P. Pulungan, "SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT PARU - PARU MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR," JURNAL ILMIAH SISTEM INFORMASI DAN ILMU KOMPUTER, vol. II, pp. 18-27, 2022.

R. Rayuwati, "Desain Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Saluran Pernapasan Berbasis Web," PIXEL, vol. XIV, pp. 242-252, 2021.

J. Kuswanto, L. Pebriantika and S. Ningsih, “Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Syaraf dengan Metode Forward Chaining,” KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. III, pp. 188-193, 2022.

R. Dian, S. and Y. Yunus, "Sistem Pakar dalam Identifikasi Kerusakan Gigi pada Anak dengan Menggunakan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor," Jurnal Sistim Informasi dan Teknologi, vol. II, pp. 65-70, 2020.

D. A. O. Turang, "APLIKASI SISTEM PAKAR BERBASIS WEB UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT SYARAF PUSAT DENGAN METODE FORWARD CHAINING," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. V, pp. 87-97, 2018.

A. Ismono, "Penerapan Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Diabetes Melitus," Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), vol. IV, pp. 1-6, 2022.

N. Situmeang and S. , "Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Saraf Pusat Manusia Dengan Metode Certainty Factor," Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, vol. IV, pp. 35-48, 2019.

W. A. Sari, A. P. Lubis and A. K. Syahputra, "Diagnosa Penyakit Saraf Manusia Dengan Metode Forward Chaining Dalam Sistem Pakar," Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi , vol. IX, pp. 2246-2260 , 2022.

A. Sucipto, Y. Fernando, R. I. Borman and N. Mahmuda, "Penerapan Metode Certainty Factor Pada Diagnosa Penyakit Saraf Tulang Belakang," JURNAL ILMIAH FIFO , vol. X, pp. 18-26, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

11-10-2023

Cara Mengutip

Jalaludin, T., & Pramusinto, W. (2023). IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT SARAF DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR DAN FORWARD CHAINING. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 417–426. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/742

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>