Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Transaksi Pada Toko Aciro

Penulis

  • Muhammad Ardi Willdan Universitas Budi Luhur
  • Painem Painem Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

algoritma apriori, association rule, data mining

Abstrak

Aciro merupakan sebuah toko kelontong modern yang dinaungi oleh PT Koperasi Karya Bersama yang bergerak di bidang retail dan grosir yang menyediakan bahan pokok sehari-hari. Terdapat berbagai jenis produk yang dipasarkan baik produk konsumsi maupun non-konsumsi dengan harga yang relatif bersaing, tentunya dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari para konsumen. Dalam menjalankan bisnisnya, pemilik toko harus memikirkan strategi pemasaran yang tepat agar selain untuk memperoleh keuntungan, juga sebagai dasar yang masuk akal untuk mengambil keputusan, salah satu strategi yang paling umum digunakan adalah bundling item. Setiap bulannya Toko Aciro melakukan rekap data pada keseluruhan transaksinya, yang terbukti pada bulan Maret 2022 terdapat 1030 transaksi, yang mana juga berpotensi akan bertambah di kemudian hari. Penelitian ini dilakukan agar dapat menciptakan keputusan yang akurat untuk prediksi produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dengan teknik Data Mining menggunakan metode Association Rule dan Algoritma Apriori yang dapat memberikan hubungan atau relasi antar produk pada data penjualan toko. Algoritma Apriori dapat diterapkan pada penelitian karena dapat memudahkan dalam membentuk kandidat kombinasi item yang mungkin terjadi. Penelitian ini menghasilkan pola pembelian terbanyak yang dilakukan oleh konsumen, yaitu apabila konsumen membeli Saus Sambal dan Mie Instan Goreng, maka konsumen juga akan membeli Mie Instan Kuah, dengan nilai Confidence sebesar 100%.

Referensi

J. L. Putra, M. Raharjo, T. A. A. Sandi, R. Ridwan, dan R. Prasetyo, “Implementasi Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan Pada Perusahaan Retail,” Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 15, no. 1, hlm. 85–90, 2019, doi: 10.33480/pilar.v15i1.113.

M. Syahril, K. Erwansyah, dan M. Yetri, “Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Peralatan Sekolah Pada Brand Wigglo Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,” J-SISKO TECH (Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD), vol. 3, no. 1, hlm. 118, Jan 2020, doi: 10.53513/jsk.v3i1.202.

P. Studi, T. Informatika, F. Teknologi, I. Dan, dan U. T. Yogyakarta, “Analisis Simulasi Penjualan Barang Dengan Menggunakan Apriori Pada Mini Market Kirana Berbasis Web,” 2019.

D. Rusdianto, Sutiyono, dan L. Zaelani, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Mengetahui Pola Peminjaman Buku Di Perpustakaan Universitas Bale Bandung,” J-Sika, vol. 02, no. 02, hlm. 1–10, 2020, [Daring]. Available: https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/j-sika/article/view/376/313

Di. P. Mulya, “ANALISA DAN IMPLEMENTASI ASSOCIATION RULE DENGAN ALGORITMA FP-GROWTH DALAM SELEKSI PEMBELIAN TANAH LIAT (STUDI KASUS DI PT. ANVEVE ISMI BERJAYA),” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 1, no. 1, hlm. 47–57, Jan 2019, doi: 10.47233/jteksis.v1i1.6.

N. F. FAHRUDIN, “Penerapan Algoritma Apriori untuk Market Basket Analysis,” MIND Journal, vol. 1, no. 2, hlm. 13–23, 2019, doi: 10.26760/mindjournal.v4i1.13-23.

H. E. Simanjuntak dan W. Windarto, “Analisa Data Mining Menggunakan Frequent Pattern Growth pada Data Transaksi Penjualan PT Mora Telematika Indonesia untuk Rekomendasi Strategi Pemasaran Produk Internet,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 4, no. 4, hlm. 914–923, 2020, [Daring]. Available: https://www.ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/mib/article/view/2300

S. D. Saragih, “Analisa Pola Penjualan Alat Pancing Menggunakan Algoritma Apriori,” Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi, vol. 3, hlm. 78–83, 2021.

P. Iswandi, I. Permana, dan F. N. Salisah, “Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Transaksi Penjualan Hypermart Xyz Lampung Untuk Penentuan Tata Letak Barang,” Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 6, no. 1, hlm. 70, 2020, doi: 10.24014/rmsi.v6i1.7613.

J. Homepage, E. Junianto, dan R. Rachman, “IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology) Penerapan Data Mining Metode Apriori dan FP-Tree Pada Penjualan Media Edukasi (Studi Kasus : Oisha Smartkids),” 2020.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Willdan, M. A., & Painem, P. (2022). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Transaksi Pada Toko Aciro. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 621–628. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/82

Artikel Serupa

<< < 1 2 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>