IMPLEMENTASI FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT SAPI PADA BAKOM FARM

Penulis

  • Fajar Fitrianto Universitas Budi Luhur
  • Wahyu Pramusinto Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Certainty Factor, Forward Chaining, Sistem Pakar, Hewan Ternak Sapi

Abstrak

Demi menjaga kesehatan dan produk yang dihasilkan oleh sapi, penanganan dan pencegahan terhadap penyakit sapi harus tetap terjaga. Oleh karena itu peternak diharuskan untuk memiliki pengetahuan dan informasi yang mumpuni untuk tetap menjaga kondisi tersebut. Banyak peternak yang saat ini mengandalkan tenaga dokter hewan atau pakar untuk mengatasi masalah penyakit yang dialami hewan ternak sapi. Namun dikarenakan sulitnya menjangkau tenaga dokter atau pakar hewan tersebut dikarenakan jarak yang harus ditempuh dan biasanya hanya berada di daerah perkotaan. Sehingga tindakan penanganan dan pencegahan bisa terlambat yang menyebabkan penyebaran penyakit yang lebih luas dan menimbulkan dampak yang lebih besar. Dengan mengadopsi ilmu pengetahuan yang diperoleh dari seorang pakar dan sistem komputer, sistem pakar dapat digunakan untuk membantu mendiagnosis suatu penyakit yang terjadi pada hewan ternak sapi berdasarkan gejala-gejala yang dialami. Dalam penelitian ini menggunakan rules atau aturan iterasi forward chaining dan metode perhitungan certainty factor untuk menghasilkan nilai keyakinan. Penelitian ini menghasilkan akurasi yang sesuai dengan pengujian yang dilakukan dengan pakar untuk mendiagnosis penyakit pada hewan ternak sapi. Dengan menggunakan metode forward chaining sebagai iterasi sistem dapat menemukan penyakit yang sesuai dengan gejala yang dipilih pengguna, dan selanjutnya penyakit yang sesuai akan dihitung nilai bobot keyakinan dari pengguna dan pakar dengan perhitungan metode certainty factor. Diharapkan aplikasi ini dapat membantu peternak untuk mendiagnosis penyakit dan melakukan penanganan dan pencegahan secara dini.

Referensi

M. D. Irawan, A. Widarma, and Y. H. Siregar, “Penerapan Metode Forward-Backward Chaining pada Sistem Pakar Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Sapi,” Jurnal Teknologi Informasi, 2021, doi: 10.34010/jati.v11i1.

N. Ibrahim, J. Deddy Irawan, and K. Auliasari, “SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT IBU HAMIL DENGAN METODE BACKWARD CHAINING DAN METODE CERTAINTY FACTOR,” 2021.

B. H. Hayadi, Sistem Pakar. Deepublish, 2018. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=rNxiDwAAQBAJ

I. Gunawan and Y. Fernando, “SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT KULIT PADA KUCING MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES BERBASIS WEB,” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), vol. 2, no. 2, pp. 239–247, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

M. Angga, K. Cahyana, and P. Simanjuntak, “APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSIS PENYAKIT KUSTA DENGAN METODE FORWARD CHAINING,” JURNAL COMASIE, 2020.

Yohandri, “Diagnosa Penyakit Osteoporosis Menggunakan Metode Certainty Factor,” vol. 2, no. 1, pp. 422–429, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.iaii.or.id

J. Hidayatullah, Y. Azhar, and W. Suharso, “Sistem Pakar Diagnosa HIV/AIDS Menggunakan Metode Backward Chaining dan Certainty Factor,” REPOSITOR, vol. 2, no. 11, pp. 1436–1443, 2020.

I. Imron, M. N. Afidah, M. S. Nurhayati, S. Sulistya, and F. Fatmawati, “Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Mesin Sepeda Motor Transmission Automatic dengan Metode Forward Chaining Studi Kasus: AHASS 00955 Mitra Perdana,” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, vol. 19, no. 3, p. 544, Oct. 2019, doi: 10.33087/jiubj.v19i3.742.

N. N. Fakhriyah, F. Bimantoro, G. Pasek, and S. Wijaya, “SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT PADA KAMBING DENGAN METODE FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR (Expert System for Diagnosing Goats Disease using Forward Chaining and Certainty Factor),” 2021. [Online]. Available: http://jtika.if.unram.ac.id/index.php/JTIKA/

R. Dian, S. Sumijan, and Y. Yohandri, “Sistem Pakar dalam Identifikasi Kerusakan Gigi pada Anak dengan Menggunakan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor,” Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi, pp. 65–70, Sep. 2020, doi: 10.37034/js fotek.v2i3.24.

Unduhan

Diterbitkan

11-10-2023

Cara Mengutip

Fitrianto, F., & Pramusinto, W. (2023). IMPLEMENTASI FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT SAPI PADA BAKOM FARM. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 706–715. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/845

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>