PROTOTIPE SMART GARDEN MENGGUNAKAN BERBASIS ANDROID PADA PONDOK HIJAU HOMESTAY

Penulis

  • Almas Satria Bimantara Universitas Budi Luhur
  • Windarto Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Internet of Things, Smart Garden, Penyiraman otomatis, Wemos D1R2 ESP8266, Prototyping, Android

Abstrak

Dewasa ini perkembangan internet semakin pesat. Berbagai hal bisa dikoneksikan melalui internet yang dapat mempermudah kehidupan manusia. Hal ini dapat diterapkan pula di taman dengan membuat sistem penyiraman taman otomatis. Penelitian ini akan membuat sistem otomatisasi penyiraman berbasis IoT yang disebut sebagai sistem Smart Garden. Pengguna dapat dengan mudah mengontrol perangkat dan memantau kondisi taman atau kebun mereka melalui koneksi internet yang terhubung. Dalam pengembangan prototipe smart garden, digunakan mikrokontroler WeMos D1R1 yang berfungsi sebagai pengendali utama yang tersambung ke internet untuk mengirimkan data ke database. Prototipe ini dirancang sesuai kondisi lingkungan taman dan juga dilengkapi dengan beberapa sensor, seperti sensor kelembaban tanah untuk mengukur tingkat kelembaban tanah yang akurat, sensor DHT11 untuk mengukur suhu dan kelembaban udara yang terkini dan sensor LDR untuk mengukur intensitas cahaya. Semua perangkat tersebut dapat dengan mudah dikendalikan melalui aplikasi Android yang telah terkonfigurasi sebelumnya. Dalam pengujian prototipe Smart garden ini, semua perangkat dapat berfungsi dengan baik memberikan respons yang sesuai dengan tingkat akurasi reaksi sistem mencapai 100%, meskipun masih memerlukan waktu respon perangkat yang dikendalikan melalui aplikasi yang disebabkan oleh faktor koneksi internet dan ketidakstabilan arus listrik. Namun, hasil pengukuran dari sensor-sensor perangkat dapat dikirim dengan akurat ke database server. Dengan menerapkan konsep Smart garden, pengguna dapat mengoptimalkan penggunaan perangkat, mengatur kondisi taman atau kebun secara efisien, serta memantau dan menjaga tanaman dengan lebih baik.

Referensi

I. Ardiansah, N. Bafdal, E. Suryadi and A. Bono, “Greenhouse Monitoring and Automation Using Arduino: a Review on Precision Farming and Internet of Things (IoT),” International Journal on Advanced Science Engineering Information Technology, vol. 10, pp. 703-709, 2020.

M. A. Aditya, N. Rokhman, M. R. Effendi, S. Gumilar, P. Alqinsi and N. Ismail, “Smart Greenhouse System for Cultivation of Chili (Capsicum Annum L.) with Raspberry Pi 3B Based on MQTT Protocol,” 2022 16th International Conference on Telecommunication Systems, Services, and Applications (TSSA), vol. 16, pp. 1-5, 2022.

Desmira, D. Aribowo, G. Priyogi and S. Islam, “Aplikasi Sensor LDR (Light Depedent Resistor) untuk Efisiensi Energi pada Lampu Penerangan Jalan Umum,” PROSISKO, vol. 9, pp. 21-29, 2022.

J. S. Kurnia and F. Risyda, “Rancang Bangun Penerapan Model Prototype dalam Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Persediaan Barang Berbasis Web,” Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadama, vol. 8, pp. 223-230, 2021.

R. Hasrul, “Rancang Bangun Prototipe WC Pintar Berbasis Wemos D1R1 yang Terhubung Pada Android,” SainETIn, vol. 5, pp. 51-59, 2021.

Syamsiah, “PerancanganFlowchart dan Pseucode Pembelajaran Mengenal Angka Dengan Animasi untuk Anak PAUD Rambutan,” STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), vol. 4, pp. 86-93, 2019.

D. J. Panjaitan, M. Ridwan and R. Aprilia, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19,” AKSIOMA, vol. 11, pp. 1524-1536, 2022.

P. P. Rambe, “Teori atau Konsep Algortima Pemrograman,” PMM4/SEM 3, pp. 1-13, 2021.

A. Anamanta, A. Apriyantina, S. Samsugi and F. Rossi, “Alat Pantau Jumlah Pemakaian Daya Listrik Pada Alat Elektronik Berbasis Arduino Uno,” JTST , vol. 1, pp. 29-34, 2020.

S. Anwar and Hermanto, “Pemanfaatan Internet of Thing (IoT) dalam Pengendalian Lampu Dan Kipas Berbasis Android,” Restikom, vol. 2, pp. 17-31, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Bimantara, A. S., & Windarto. (2023). PROTOTIPE SMART GARDEN MENGGUNAKAN BERBASIS ANDROID PADA PONDOK HIJAU HOMESTAY. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1830–1839. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/936

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>