SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEGAWAI TERBAIK PADA PT. KRIYA REKA KOMUNIKA MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING

Penulis

  • Abigael Abigael Universitas Budi Luhur
  • Goenawan Brotosaputro Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Sistem Penunjang Keputusan, Pemilihan Pegawai Terbaik, Metode Profile Matching

Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai sistem penunjang keputusan pemilihan pegawai terbaik pada PT. Kriya Reka Komunika yang bertujuan menghasilkan keputusan dalam pemilihan pegawai terbaik sesuai kriteria pada PT. Kriya Reka Komunika. Saat ini masalah yang terjadi adalah HRD mengalami kesulitan dalam proses rekap hasil penilaian dan pengolahan data yang dilakukan belum menggunakan sistem yang mengakibatkan proses penilaian membutuhkan waktu yang lama, belum maksimal, dan belum adanya pembobotan kriteria dan perangkingan hasil penilaian akhir. Penggunaan sistem penunjang keputusan ini diharapkan bisa membantu proses penilaian pegawai yang cepat dan mengurangi kesalahan dalam pengambilan keputusan pemilihan pegawai terbaik. Dalam sistem ini, menggunakan metode Profile Matching untuk menentukan nilai akhir. Dalam menentukan pegawai terbaik, dilakukan cara menjumlahkan bobot dari kinerja pada setiap alternatif untuk semua atribut. Nilai yang lebih besar akan mengindikasikan bahwa alternatif lebih terpilih dari yang lainnya. Laporan yang dihasilkan dari sistem ini adalah laporan ranking dari semua alternatif yang sudah diurutkan berdasarkan nilai alternatif dari terbesar hingga terkecil. Sistem ini menggunakan MySQL sebagai database dan Microsoft Visual Studio sebagai tools pembuatan sistem.

Referensi

Limbong, Tonni dkk. 2020. Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Y. Malau, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kategori Promosi Produk Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus : Minimarket),” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 19, no. 2, pp. 339–346, 2020, doi: 10.30812/matrik.v19i2.672.

Sari, F. (2018). Metode dalam Pengambilan Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.

Jaya, I. (2019). ‘Media Pembelajaran Tentang Software Microsoft Visual Studio 2015 Berbasis Android Menggunakan Model CBL 2019’. Skripsi. Medan: Universitas Pembangunan Panca Budi.

Harahap, S. H. (2018). Analisis Pembelajaran Sistem Akutansi Menggunakan Draw.Io Sebagai Perancangan Diagram Alir

Agustiranda Bagaskara, P. and Sekreningsih, N. (2019) ‘Perancangan dan Pembangunan Sistem Informasi E-Learning Berbasis Web (Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah Kare Madiun)’, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2019, 2(2017), p. 83.

Bracey, K. (2018, November 26). What is Figma? https://webdesign.tutsplus.com/articles/what-is-figma--cms-32272

A.Vandy Pramujaya, Dwi Agustina Kurniawati (2019). Analisis Penyebab Kegagalan Packer Machine Pada Bag Transfer System Dengan Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA), Failure Mode And Effect Analysis (FMEA), dan Fishbone Analysis. 125–132, 2019.

Aulia Ramadhanti. (2021, November 1). Contoh Use Case Diagram. Pinhome.Id. https://www.pinhome.id/blog/contoh-use-case-diagram/

Fitri Ayu dan Nia Permatasari. 2018. Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data PKL (Praktek Kerja Lapangan) di Devisi Humas Pada PT. Pegadaian. Jurnal Intra-Tech. Volume 2, No.2.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Abigael, A., & Brotosaputro, G. (2024). SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEGAWAI TERBAIK PADA PT. KRIYA REKA KOMUNIKA MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 441–450. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1177

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama