Penerapan Busines Model Canvas Pada E-Commerce Untuk Meningkatkan Segmen Konsumen Studi Kasus Toko Milih Bako

Penulis

  • Aldiansyah Darmawan Universitas Budi Luhur
  • Goenawan Brotosaputro Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

e-commerce, business model canvas (BMC), usaha kecil dan menengah (UKM), small to medium-size enterprises (SME's)

Abstrak

Peningkatan segmen konsumen di kalangan UKM yang semakin meningkat menjadikan toko milih bako untuk memperluas pangsa pasar, salah satu cara untuk dapat berkembang dengan mengupayakan pelayanan yang berbasis e-commerce. Toko Milih Bako merupakan toko yang berfokus pada penjualan tembakau yang beroperasi secara offline dan online melalui marketplace. kegiatan bisnis yang dilakukan masih kurang optimal dalam mengupayakan peningkatan penjualan sehingga terdapat beberapa permasalahan yang kerap timbul dalam penjualan. Permasalahan yang dihadapi oleh Toko Milih Bako diantaranya belum adanya media untuk mempromosikan produk ke pangsa pasar, tidak adanya pembeda dari kompetitor, serta konsumen terkadang belum mengetahui cara penggunaan alat dengan benar. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, maka penting untuk dirancang sebuah website e-commerce yang dapat meningkatkan produktivitas penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif sebagai pengolahan data, Business Model Canvas (BMC) untuk mendeskripsikan, menganalisa, serta merancang sistem pada toko Milih Bako, dan menerapkan teknik SEO Off Page untuk mempengaruhi visibilitas ranking situs di mesin pencari. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan website e-commerce Toko Milih Bako yang bertujuan untuk peningkatan segmen konsumen untuk memperluas pangsa pasar untuk meningkatkan penjualan serta membantu pelanggan dalam meningkatkan wawasan terkait produk. Dalam website e-commerce terdapat informasi produk yang dijual, penggunaan produk,  serta pelayanan konsumen. Untuk dapat menguji hasil dari penelitian dilakukannya perbandingan antara hasil laporan penjualan sebelum dan sesudah  diterapkan website e-commerce Toko Milih Bako.

Referensi

S. A. Saputra and H. Hasugian, “Implementasi E-Commerce Berbasis Content Management System (Cms) Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Pada Toko Una Baby,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 214–219, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.2052.

P. Arief Indrawan and A. Diana, “Perancangan E-Commerce dengan Business Model Canvas untuk Peningkatan Penjualan pada Toko Parfum,” J. Telemat., vol. 15, no. 1, pp. 19–28, 2020.

A. Annas, M. T. Jufri, and J. Jusmawati, “Penerapan Business Model Canvas pada E-Commerce Toko H5 Jayapura,” JSAI (Journal Sci. Appl. Informatics), vol. 4, no. 2, pp. 204–220, 2021, doi: 10.36085/jsai.v4i2.1671.

F. N. Hakim and A. Solechan, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Pada Ukm Industri Monel Desa Kriyan Jepara,” J. Inform. Upgris, vol. 3, no. 1, 2017, doi: 10.26877/jiu.v3i1.1327.

S. Rosyad, “Efektifitas Dan Efisiensi Penerapan E-Commerce Pada Pt. Wahana Surya Plastik,” J. Manaj., vol. 3, no. 1, p. 627, 2018, doi: 10.30736/jpim.v3i1.146.

T. Ardiansyah, “Model Platform E-Commerce Dalam Mendukung Kesuksesan Umkm Di Indonesia,” J. USAHA, vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2020, doi: 10.30998/juuk.v1i1.286.

A. P. Wardhanie and D. Kumalawati, “Analisis business model canvas pada perpustakaan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi,” Berk. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 14, no. 2, p. 124, 2018, doi: 10.22146/bip.32247.

M. R. A. Pratama and N. Hadinata, “Penerapan Search Engine Optimization ( Seo ) Pada E-Commerce Berbasis Web,” pp. 303–308.

S. Widodo, “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Siklus Hidup Produk ( Product Life Cycle ),” Kaji. Ekon. Dan Kebijak. Publik, vol. 4, no. 1, pp. 84–90, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/546

S. Cay and J. Irnawati, “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan (studi kasus UMKM di Tangerang Selatan),” J. Mandiri Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknol., vol. 4, no. 2, pp. 160–170, 2020, doi: 10.33753/mandiri.v4i2.132.

Zamroni, Muhammad Ircham Diana and Anita Achadiani, Dwi, “Penerapan E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) Dengan Metode Business Model Canvas (BMC) Pada Toko Fajar Collection” Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) J. Mandiri Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknol., Vol. 19, No. 1, April 2022, hlm. 1-8

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Darmawan, A., & Brotosaputro, G. (2022). Penerapan Busines Model Canvas Pada E-Commerce Untuk Meningkatkan Segmen Konsumen Studi Kasus Toko Milih Bako. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1518–1526. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/274

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama