SISTEM KEAMANAN DOKUMEN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN KRIPTOGRAFI AES 128 DI PT MENTARI MULIA BERJANGKA

Penulis

  • Syaifudin Zuhri Universitas Budi Luhur
  • Ferdiansyah Ferdiansyah Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Keamanan Dokumen, Advanced Encryption Standard (AES)-128, Enkripsi, Dekripsi, Kriptografi

Abstrak

Kemanan pada dokumen sangat penting untuk keberlanjutan bisnis dan kelancaran operasional. Oleh karena itu  sistem keamanan dokumen yang handal dan aman sangat penting untuk dikembangkan mengingat adanya ancaman kejahatan terhadap perlindungan dokumen perusahaan seperti akses ilegal, pencurian informasi, dan serangan siber yang semakin canggih. PT Mentari Mulia Berjangka memiliki jumlah data yang cukup banyak dan rahasia yang berbentuk dokumen digital yang tidak boleh diketahui isinya oleh semua orang hanya orang yang memiliki akses tertentu yang boleh melihat isinya. Kriptografi dapat digunakan untuk mengamankan dokumen-dokumen tersebut dengan lebih baik. Penerapan algoritme AES-128 akan dilakukan pada penelitian ini untuk mengamankan dokumen yang berformat Doc, Docx, Pdf, Ppt, Pptx, Xls, Xlsx dan Txt pada PT Mentari Mulia Berjangka. Algoritme AES-128 dipilih karena memiliki kecepatan enkripsi dan dekripsi yang lebih cepat dari algoritme yang ada dan bisa mengatasi brute force lebih baik ketimbang algoritme DES. Berdasarkan hasil pengujian dari penerapan enkripsi dan dekripsi dengan AES-128 diperoleh hasil yang baik dengan melihat hasil enkripsi yang tidak dapat dimengerti oleh orang lain dan hasil dokumen yang didekripsi memiliki isi yang sama dengan isi dokumen asli. Waktu dari hasil percobaan dokumen yang dienkripsi dan didekripsi mendapatkan perolehan waktu rata-rata 1.89 detik dengan ukuran file di bawah 3 MB.

Referensi

R. Firdaus dan R. R. Santika, “Penerapan Algoritme AES-128 Untuk Enkripsi Dokumen di PT Caveo Biometric Security”, SENAFTI, vol. 1, no. 1, hlm. 111–120, Sep 2022.

S. I. H. Abimanyu, D. Kusumaningsih, P. Purwanto, dan W. Windarto, “Implementasi Algoritme Advanced Encryption Standar (AES-128) Untuk Mengamankan Dokumen Pada PT. JIA DREAMS COMMUNICATIONS”, SENAFTI, vol. 2, no. 1, hlm. 88–96, Apr 2023.

N. Dwitri, S. Sindi, dan I. A. Sihombing, "Pengamanan Data File Document Menggunakan Kriptografi Encryption System (DES)," JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), vol. 4, no. 1, hal. 40-45, Juni 2020.

K. Zalukhu, Y. Syahra, and T. Syahputra, “Implementasi Sistem Keamanan Database Data Pelanggaran Hukum Disiplin Prajurit Menggunakan Algoritme Advanced Encryption Standard 128 Bit Pada Pengadilan Militer I-02 Medan,” J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 3, no. 2, p. 138, 2020, doi: 10.53513/jsk.v3i2.2419.

R. Andriyanto, K. Khairijal, and D. Satria, “Penerapan Kriptografi AES Class Untuk Pengamanan URL WEBSITE Dari Serangan SQL INJECTION”, JURNAL TEKNOLOGI UNIVERSAL, vol. 13, no. 1, pp. 34-48, Jun. 2020.

M. Azhari, D. I. Mulyana, F. J. Perwitosari, and F. Ali, “Implementasi Pengamanan Data pada Dokumen Menggunakan Algoritme Kriptografi Advanced Encryption Standard (AES) Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer”, Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, vol. 2, no. 1, hlm. 163–171, 2022.

P. A. Wijaya, M. Damanik, P. Hartati, I. Gunawan, “Implementasi Enkripsi Dan Deskripsi Data SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) Menggunakan Algoritme DES, AES dan MD5”, TECHSI - Jurnal Teknik Informatika, vol. 12, no. 1, hlm. 43–51, 2020.

M. B. P. Sansaya, A. Farisi, “Perbandingan Kinerja Algoritme Kandidat AES Dalam Enkripsi dan Dekripsi File Dokumen”, MDP Student Conference, vol. 2, no. 1, hlm. 282– 289, Apr 2023.

E. E. Awal, E. H. Nurkifli, T. N. Padilah, “Analisis Perbandingkan Hasil Enkripsi dan Dekripsi Algoritme Kriptografi Rijndael Dan Twofish Untuk Penyandian Data”, Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer (JMIK), vol. 3, no. 1, hlm. 260–265, Mar 2022.

B. E. Nino, “Perbandingan Performa Algoritme AES dan Twofish Menggunakan Metode Strict Avalanche Criterion pada Nomor Induk Kependudukan Indonesia”, Jurnal Teknologi Informasi, vol. 9, no. 1, hlm. 19-29, Juni 2023.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Zuhri, S., & Ferdiansyah, F. (2024). SISTEM KEAMANAN DOKUMEN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN KRIPTOGRAFI AES 128 DI PT MENTARI MULIA BERJANGKA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 20–29. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1184

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>