IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN ALGORITMA APRIORI BERBASIS WEB UNTUK ANALISIS DATA PENJUALAN PADA ROEMAH PANGAN ABADI

Penulis

  • Syahbani Hoir Universitas Budi Luhur
  • Dewi Kusumaningsih Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Data Mining, Algoritma Apriori, Association Rules

Abstrak

Roemah Pangan Abadi bergerak di sektor bisnis frozen food, memiliki permasalahan pengelolaan stok yang tidak optimal yang mengakibatkan kerugian karena stok yang tersedia tidak laku terjual dan terdapat produk yang mendekati tanggal kedaluwarsa, ataupun pengelola kesulitan dalam menentukan menu paket bundling untuk dijadikan menu promosi baru, dengan adanya data transaksi penjualan, dapat dioptimalkan untuk analisis yang dapat menghasilkan suatu pengetahuan baru untuk meningkatkan penjualan. Berdasarkan masalah tersebut, maka dilakukan analisis data mining dengan Algoritma Apriori menggunakan metode Association Rules. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam membangun sistem yang dibuat adalah PHP dan MySQL, serta Phpmyadmin untuk pengolahan database. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pola kombinasi terutama saat pembeli membeli lebih dari satu jenis produk dalam satu transaksi dengan penerapan algoritma apriori berdasarkan data transaksi periode 01 Februari 2024 sampai 30 April 2024. Hasil analisis dengan nilai minimum support 10% dan nilai minimum confidence 25% menghasilkan 10 aturan asosiasi dengan nilai confidence yang tertinggi sebesar 57,33% dengan kombinasi Nugget Boss 1kg => Kentang Harvest 1kg dengan nilai uji lift ratio 1,36 yang menandakan korelasi positif. Dengan ditemukannya pola asosiasi dapat digunakan untuk strategi penjualan seperti membuat menu baru paket bundling. Diperoleh juga hasil pengujian black box testing dan pengujian perhitungan sistem dan manual yang memiliki akurasi akurat, artinya sistem berjalan dengan baik.

Referensi

R. Saputra and A. J. P. Sibarani, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 7, no. 2, pp. 262–276, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.195.

M. S. Al Faridzi and D. R. Prehanto, “Implementasi Algoritma Apriori pada Transaksi Penjualan dan Pembelian di Toko Bangunan Berbasis Website,” Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, vol. 03, no. 04, pp. 12–19, 2022.

B. Lailiah, D. Y. Utami, and A. Abdilah, “Implementasi Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan PT. Frasa Group,” Bina Insani Ict Journal, vol. 9, no. 2, pp. 126–135, 2022.

I. Qoniah and A. T. Priandika, “Analisis Market Basket Untuk Menentukan Asossiasi Rule Dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus: TB.Menara),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 26–33, 2020, doi: 10.33365/jtsi.v1i2.368.

H. Y. Jayanti, “Implementasi Data Mining Pada Modul Analisis Data Penjualan Di Finance Chikoisme System Menggunakan Algoritma Apriori,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 11, no. 1, pp. 29–37, 2021, doi: 10.56244/fiki.v11i1.422.

F. A. Saputra and A. Iskandar, “Data Mining Penerapan Asosiasi Apriori Dalam Penentuan Pola Penjualan,” Journal of Computer System and Informatics, vol. 4, no. 4, pp. 778–788, 2023, doi: 10.47065/josyc.v4i4.4043.

T. A. Anggraini, A. Pranata, and D. Setiawan, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Menganalisa Pola Penjualan Untuk Meningkatkan Pendapatan,” Jurnal Sistem Informasi TGD, vol. 3, no. 2, pp. 90–100, 2024, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.195.

F. Marisa, A. L. Maukar, and T. M. Akhriza, Data Mining Konsep dan Penerapanya, Cetakan Pertama. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2021.

P. W. Rahayu et al., Buku ajar data mining, Cetakan Pertama. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.

S. Murdani and Subandi, “Implementasi Metode Association Rules Dengan Algoritme Apriori Untuk Pola Pembelian Konsumen Di Pt. Sehati Bangunan Abadi,” Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi, vol. 2, no. 2, pp. 453–462, 2023.

R. Sulistiyowati, S. Legis, and D. Y. Krisna, “Strategi Penjualan Dengan Mengetahui Pola Pembelian Pelanggan Terhadap Data Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,” Jurnal Informatika & Komputasi, vol. 17, no. 1, pp. 12–27, 2023.

D. Nofriansayah and G. W. Nurcahyo, Algoritma Data Mining dan Pengujian, Cetakan Pertama. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2015.

A. R. Wibowo and A. Jananto, “Implementasi Data Mining Metode Asosiasi Algoritma FP-Growth Pada Perusahaan Ritel,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 10, no. 2, pp. 200–212, 2020, doi: 10.35585/inspir.v10i2.2585.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Hoir, S., & Kusumaningsih, D. (2024). IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN ALGORITMA APRIORI BERBASIS WEB UNTUK ANALISIS DATA PENJUALAN PADA ROEMAH PANGAN ABADI. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 314–323. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1293

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3