Implementasi Model E-Commerce Untuk Mendukung Proses Penjualan Produk Pada Toko Pakaian Takashimura

Penulis

  • Muhammad Adityo Fauzan Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdani Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

e-commerce, business model canvas (BMC), fishbone diagram, search engine optimization (SEO), startup

Abstrak

E-Commerce adalah proses transaksi jual beli yang dilakukan melalui internet di mana website digunakan sebagai wadah untuk melakukan proses tersebut. Toko Pakaian Takashimura adalah toko pakaian yang menjual berbagai jenis batik, peralatan sholat, dan pakaian islami yang berlokasi di . Pada toko tersebut mempunyai kondisi pendapatan yang belum maksimal dikarenakan toko tersebut belum mempunyai promosi yang baik, toko tersebut kesulitan untuk mengetahui hasil penjualan karena penulisan laporan dilakuakan secara manual. Selain itu, toko sulit mengetahui jumlah stok produk yang tersedia dan sulit untuk mengetahui status pengiriman produk. Berdasarkan masalah-masalah tersebut, penulis menggunakan metodologi Business Model Canvas (BMC) untuk menganalisa model bisnis, Fishbone Diagram untuk menganalisa masalah pada sistem berjalan, Diagram UML untuk menganalisa dan melakukan perancangan sistem informasi, melakukan teknik startup dimana penulis membuat aplikasi E-Commerce dari nol yaitu membuat aplikasi dengan melakukan pemograman menggunakan bahasa pemograman HTML, CSS, dan Typescript beserta tools dan beberapa library yang diperlukan untuk melakukan pengembangan aplikasi E-Commerce seperti Figma untuk mendesain aplikasi, Visual Studio Code sebagai code editor untuk menulis program, React sebagai library Javascript untuk membangun user interface, Express.js untuk  framework back-end, Git untuk sistem kontrol versi, Github sebagai tempat penyimpanan kode, dan terakhir PostgreSQL sebagai sistem manajemen basis data, dan Search Engine Optimization untuk meningkatkan penjualan produk pada Toko Pakaian Takashimura.

Referensi

J. Hutahean, Konsep Sistem Informasi, Deepublish, 2014, Pp. 13-13.

I. F. Hanif, M. Sholeh Dan D. Febriawan, Modul Pembelajaran E-Commerce, R. R. Rerung, Penyunt., Bandung: Media Sains Indonesia, 2021, Pp. 4-4.

W. Fahrozi Dan D. Indra Gunawan Hts, “Penerapan E-Commerce Pada Toko Bunga Underwear Abstrak,” 2020.

D. Havanais Dani Dan L. Fajarita, “Analisa Dan Perancangan E-Commerce Pada Toko Pakaian Rima,” 2019.

N. Faujia Dan A. Widjaja, “Rancangan Sistem Informasi Penjualan Fashion Wanita Berbasis E-Commerce Pada The Wit's Shop,” 2019.

R. Octa Pratama Dan H. Hasugian, “Penerapan Metode E-Commerce Pada Toko Sepatu Kinya Store,” 2019.

D. M. Sofian, “Penjualan Dan Pemesanan Baju Merk Kisse: Sebuah Rekayasa E-Commerce,” 2020.

A. Wulandary, F. R, A. Mursalat, A. T. Darhyati Dan . Masitah, Business Model Canvas: Implementasi Terhadap Industri Rumahan Produk Virgin Coconut Oil (Vco), Meida Sains Indonesia, 2020, Pp. 7-7.

F. M. Royan, Bisnis Model Kanvas Distributor, Gramedia Pustaka Utama, 2014, Pp. 13-16.

M. Coccia, “The Fishbone Diagram To Identify, Systematize And Analyze The Sources Of General Purpose Technologies,” 2018.

T. S. Sukamto, L. E. Nugroho Dan W. W. Winarno, “Desain Sistem Informasi Akreditasi Program Studi Berbasis Website Di Indonesia,” 2016.

J. Blanckaert, “Faculty Of Science And Bio-Engineering Sciences Integrating The Interaction Flow Modelling Language (Ifml) Into The Web Semantics Design Method (Wsdm),” 2014.

A. P. Adi, Seo Untuk Blog, Elex Media Komputindo, 2017, Pp. 1-1.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Fauzan, M. A., & Hamdani, A. U. (2022). Implementasi Model E-Commerce Untuk Mendukung Proses Penjualan Produk Pada Toko Pakaian Takashimura. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 2088–2097. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/226

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>