IMPLEMENTASI SISTEM E-CRM DALAM PENERAPAN INFORMASI TERHADAP PELAYANAN WALI MURID DI TK PUTRA IX

Penulis

  • Fatah Idzhar Hamdi Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdani Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Framework of Dynamic, Electronic Customer Relationship Manajement (e-CRM), Pelayanan Informasi, Orang Tua Murid

Abstrak

Pelayanan wali murid merupakan suatu aspek penting bagi instansi saat ini untuk mempertahankan wali muridnya. Tentu hal ini bertujuan untuk meningkatkan bisnis yang dijalani dan tumbuhnya rasa setia dari wali murid, TK Putra IX adalah sekolah pendidikan untuk usia dini yang dikenal sebagai Taman Kanak-Kanak (TK) menghadapi kendala dalam menyampaikan informasi antara orang tua dan wali kelas. Hal ini disebabkan penyampaian informasi yang masih manual berupa surat. Orang tua murid menghadapi masalah dengan tidak mendapatkan pembaruan informasi sekolah dan perkembangan akademik anak mereka. Oleh karena itu, CRM (Customer Relationship Management) dapat secara efektif menyelesaikan masalah ini di TK Putra IX, terutama dalam hal memberikan informasi kepada orang tua murid. Penelitian ini menggunakan Metode Framework of Dynamic adalah tahapan dalam penerapan CRM yang digunakan untuk dapat merancang sistem CRM guna membantu pelayanan informasi kepada orang tua murid TK Putra IX. Hasil penelitian yang didapat dari sistem E-CRM ini ialah memudahkan orang tua murid memantau perkembangan akademik anak disekolah secara realtime, dapat menampung berbagai kritik dan saran dengan fitur Entry yang telah disediakan pada sistem dalam mengevaluasi pelayanan sekolah, dan dapat mengetahui informasi sekolah yang ada di TK Putra IX dengan adanya fitur melihat informasi.

Referensi

V. Dwiriani and T. Sartana, “ANALISA DAN PERANCANGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT(E-CRM) PADA SDIT AR RAHMAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS DAN PELAYANAN.”

J. E. Elektro, Z. Marzuki, and H. A. Musril, “Perancangan Sistem Informasi Akademik Siwa menggunakan Code Igniter 3 di SMKN 4 Payakumbuh,” 2021. [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jee

I. Erliyani, W. Safitri, and T. Nurhidayat, “Web-Based Library Service Information System Design Using Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) At SMK YUPPENTEK 1 Tangerang,” vol. 15, no. 1, 2022.

Ruslan, “Perancangan e-CRM Pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Sebagai,” 2018.

J. Abdurrahman, D. Hamdani, and P. Novantara, “Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Penerimaan Murid Baru (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Kabupaten Garut),” JURNAL NUANSA INFORMATIKA, vol. 12, no. 1, 2018, [Online]. Available: https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom

Mei Lenawati, Saifulloh, and Estuning Dewi Hapsari, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Untuk Meningkatkan Pelayanan Pendidikan Pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus : Universitas PGRI Madiun),” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 2, no. 1, pp. 245–248, 2019, Accessed: Apr. 23, 2023. [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/1192

N. Muslihah, I. Fahmi, A. R. Maulidiana, and I. Y. Habibie, Prinsip dan Aplikasi Metodologi Penelitian Gizi. Universitas Brawijaya Press, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=xqFgEAAAQBAJ

M. K. E. S. Dr. Dewi Kurniasih S. K. M., Failure in Safety Systems : Metode Analisis Kecelakaan Kerja. Zifatama Jawara, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=57QHEAAAQBAJ

M. Muslihudin, A. Pramesta, and C. V. A. OFFSET, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Penerbit Andi. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=2SU3DgAAQBAJ

M. Syarif and E. B. Pratama, “ANALISIS METODE PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK BLACKBOX TESTING DAN PEMODELAN DIAGRAM UML PADA APLIKASI VETERINARY SERVICES YANG DIKEMBANGKAN DENGAN MODEL WATERFALL,” Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), vol. 5, no. 2, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Hamdi, F. I., & Hamdani, A. U. (2023). IMPLEMENTASI SISTEM E-CRM DALAM PENERAPAN INFORMASI TERHADAP PELAYANAN WALI MURID DI TK PUTRA IX. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1390–1399. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/889

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>