Implementasi Model E-Commerce Dengan Pendekatan Business Model Canvas Dan Content Management System Pada Toko Tanaman Hias
Kata Kunci:
e-commerce, tanamanan hias, content management system, model waterfall, search engine optimization, strategi mix marketing 4pAbstrak
Toko XYZ adalah usaha perorangan yang bergerak di bidang penjualan tanaman hias, buah dan perlengkapan bercocok tanam di Kawasan Fortune Tangerang Selatan. Pengolahan data penjualan saat ini belum maksimal, dikarenakan data penjualan diolah secara manual dengan ditulis dalam pembukuan sehingga membutuhkan waktu yang lama. Proses pemesanan produk juga harus datang langsung ke toko belum dapat dilakukan secara online. Selain itu, kurangnya promosi produk menyebabkan toko tersebut belum dikenal secara luas, hanya mengandalkan aplikasi Whatsapp dan pelanggan yang penah melakukan transaksi sebelumnya yang datang untuk memesan produk kembali. Berdasarkan kondisi diatas, maka peneliti melakukan kajian literatur dan melakukan analisa sistem untuk membangun aplikasi penjualan secara elekronik (E-Commerce) guna membantu pihak manajemen dalam mengatasi permasalahan diatas. Penulis menggunakan pendekatan Content Management System (CMS) untuk mengimplementasikan model E-Commerce, Business Model Canvas digunakan untuk menganalisa model bisnis perusahaan, Model Waterfall digunakan penulis untuk Toko XYZ ini sebagai sebagai departementalisasi dan kontrol proses pengembangan permodelan fase one by one, sehingga dapat meminimalisir kesalahan yang terjadi pada website. teknik Search Engine Optimization (SEO) On Page untuk pencarian kata kunci dan teknik yang digunakan untuk memperluas jangkauan pemasaran menggunakan strategi Mix Marketing 4P (Product, Price, Place and Promotion). Hasil akhir dari penelitian ini adalah prototipe E-Commerce yang dapat meningkatkan penjualan produk dan menunjang aktivitas penjualan yang dijual oleh Toko XYZ.
Referensi
Faisal, A. Diana, and D. R. Utari, “Implementasi Website E-Commerce Berbasis Content Management System Wordpress Pada Toko Pesona Tanaman,” J. IKRAITH-INFORMATIKA, vol. 5, no. 3, pp. 121–131, 2021.
H. Tehuayo, “Perancangan Aplikasi Pelayanan E-Commerce Tanaman Hias Design Of Android-Based Ornamental Plant E-Commerce Services Application,” vol. 18, no. 3, pp. 76–80, 2021.
Y. Suharya and F. Azhari, “Pembuatan Aplikasi Penjualan Tanaman Berbasis Web (E-Commerce) Menggunakan Metode Waterfall Studi Kasus Toko Azrina Flower,” J. Inform., vol. 08, pp. 35–40, 2021.
H. Asmoko, Teknik Ilustrasi Masalah. Magelang: Pusdiklat Pengembangan SDM BPPK, 2014.
F. Royan, Bisnis Model Kanvas Distributor. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2014.
Mulyadi, Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat, 2016.
Munawar, Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML (Unified Modeling Language). Bandung: Informatika, 2018.
U. Salamah, “Pembangunan E-Commerce Untuk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Tanaman Hias (Studi Kasus Sentra UMKM Dian Nurcery dan Mawar …,” Joglo, vol. XXVII, no. 2, pp. 285–289, 2015, [Online]. Available: http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Joglo/article/view/1185%0Ahttps://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Joglo/article/view/1185/1028.
H. Widyasmara, S. Wahyudiono, T. Informatika, and S. BINA PATRIA Magelang, “‘Jurnal Transformasi (Informasi & Pengembangan Iptek)’ (Stmik Bina Patria) Analisis Penerapan Seo Dengan Metode Optimasi Crawl Budget Untuk Meningkatkan Index Website,” J. Transform., vol. 15, no. 2, pp. 150–159, 2019.
M. Rusdi, “Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya,” J. Stud. Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 83–88, 2019, doi: 10.21107/jsmb.v6i2.6686.