PENERAPAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DALAM SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN REKOMENDASI AGENT HELPDESK TERBAIK DI CUSTOMER CARE

Penulis

  • Tania Nainggolan Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdani Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Sistem Penunjang Keputusan (SPK), Simple Additive Weighting (SAW), Helpdesk, Customer Care, Telkom Indonesia

Abstrak

Dalam upaya PT Telkom Indonesia meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses seleksi agent helpdesk yang terampil dan berkinerja baik, manajemen perusahaan secara rutin memilih karyawan terbaik setiap tahun untuk dipromosikan. Namun didapati masalah terkait kurangnya akurasi dan efisiensi dalam proses ini karena masih diproses manual dan semi-komputerisasi. Kekurangan ini berpotensi menyebabkan ketidakakuratan bahkan kekeliruan dalam penentuan agent helpdesk terbaik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah Sistem Penunjang Keputusan (SPK) menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk merekomendasikan agent helpdesk terbaik di Customer Care PT Telkom Indonesia dalam meningkatkan kualitas layanan pelanggan dengan memilih agent helpdesk yang paling kompeten serta memiliki kinerja terbaik. Metode SAW digunakan dalam perancangan SPK karena kemampuannya dalam menggabungkan beberapa kriteria dan memberikan bobot pada setiap kriteria yang digunakan untuk mengevaluasi dan memilih agent helpdesk terbaik. Kriteria yang dipertimbangkan dalam penelitian ini meliputi kehadiran & disiplin, kinerja, serta cuti medis. Bobot untuk setiap kriteria ditentukan melalui proses pengumpulan data berdasarkan hasil wawancara, observasi, studi dokumen serta kuisioner dengan pihak manajemen. Sistem ini dibuat dengan menggunakan software NetBeans, bahasa pemrograman Java, dan basis data MySQL (PhpMyAdmin). Hasil penelitian ini membantu manajemen meningkatkan kegiatan operasional di Customer Care PT Telkom Indonesia dalam pemilihan karyawan berkinerja terbaik yang layak dipromosikan dengan mempersingkat waktu pengerjaan dan hasil yang diberikan lebih akurat.

Referensi

Jainuri, “Analisa Dan Perancangan Sistem Pengambilan Keputusan Pengelolaan KONTRAK Kerja Karyawan Menggunakan metode simple additive weighting (SAW) pt. Cipta Teknindo Pramudira,” Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM), vol. 9, no. 1, 2021.

M. Aditya dan B. C. Putra, “Penerapan SPK Metode SAW dalam Memilih Karyawan Terbaik pada PT Snapindo Warlab Sukses”, SENAFTI, vol. 1, no. 1, hlm. 1796–1804, Sep 2022.

M. A. Dwi Lestari and A. Widjaja, “Penerapan aplikasi Sistem Penunjang Keputusan Performa Karyawan outsourcing Terbaik Departemen it development menggunakan metode simple additive weighting (SAW) pada PT.EDI Indonesia,” IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System, vol. 5, no. 2, pp. 108–117, 2022.

D. J. Power, Decision Support Systems: Concepts and Resources for Managers. Westport, Ct: Quorum Books, 2018.

S. Rahayu and L. N. Wati, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan pelanggan Dan Dampaknya Terhadap loyalitas pelanggan,” Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, vol. 8, no. 2, pp. 117–122, 2020.

D. Harini and L. S. Wahyuniar, “Metode SAW (Simple Additive Weighting) Dalam Penentuan Karyawan Terbaik,” Nusantara of Engineering (NOE), vol. 5, no. 2, pp. 92–97, 2022.

A. Kasih and V. Victor, “Pengaruh promosi Dan Demosi jabatan terhadap Kinerja Karyawan Di pt. Bingei Agung,” Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 7, no. 1, p. 88, 2022.

M. F. Penta, F. B. Siahaan, and S. H. Sukamana, “Sistem Pendukung keputusan pemilihan karyawan terbaik menggunakan metode saw Pada pt. Kujang Sakti anugrah,” JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), vol. 2, no. 3, 2019.

I. Maryani, V. Ma'arif, and N. S. Kristiana, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Beasiswa Berbasis Web Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)," Evolusi: Jurnal Sains dan Manajemen, vol. 8, no. 2, p. 127, 2020.

R. Efendi, M. I. Jambak, H. P. Satria, and Yunita, “Pengaruh variabel benefit Dan Cost Dalam metode simple additive weighting (SAW),” JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), vol. 11, no. 1, 2019.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Edisi 1, 1st ed. Yogyakarta, Indonesia: Andi Yogyakarta, 2015.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Nainggolan, T., & Hamdani, A. U. (2023). PENERAPAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DALAM SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN REKOMENDASI AGENT HELPDESK TERBAIK DI CUSTOMER CARE. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1330–1339. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/863

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>