KEGUNAAN APLIKASI MYOB ACCOUNTING UNTUK MENYELESAIKAN LAPORAN KEUANGAN PADA KOPERASI BHAKTI SEJAHTERA

Penulis

  • Yeni By Universitas Budi Luhur
  • Grace Gata Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

MYOB, Transaksi Keuangan, Koperasi

Abstrak

Koperasi Bhakti Sejahtera adalah organisasi yang bergerak dibidang jasa, yang melayani simpan pinjam kepada para anggotanya. Pada saat ini Koperasi Bhakti Sejahtera dalam melakukan pengolahan data keuangan masih menggunakan excel, sehingga pelaksanaannya masih memiliki keterlambatan dalam mengolah laporan keuangannya, serta kurang rapi dan cukup memakan waktu yang lama dikarnakan dikoperasi Bhakti Sejahtera saat melakukan pendistribusian pinjaman, membuat laporan neraca, membuat laporan laba dan rugi, melakukan angsuran dan pinjaman serta transaksi lainnya masi menggunakan form dan pendataan tersebut dilakukan menggunakan Microsoft Excel. Maka, Koperasi Bhakti Sejahtera perlu menggunakan sistem dalam proses pengolahan data keuangan menjadi sistem yang terkomputerisasi, sehingga menjadi lebih cepat, mudah, akurat dalam menyajikan laporan informasi keuangan. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu aplikasi akuntansi yaitu MYOB Accounting yang berguna untuk menyelesaikan transaksi – transaksi yang berlangsung diperusahaan tersebut. Aplikasi MYOB Accounting diusulkan agar dapat membantu dalam melakukan kontrol terhadap transaksi – transaksi pada perusahaan tersebut secara efisien dan efektif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, yaitu pengumpulan data secara langsung ketempat yang akan menjadi objek penelitian, selanjutnya wawancara yaitu proses tanya jawab kepada pengelola koperasi bhakti sejahtera, kemudian studi pustaka yaitu untuk melengkapi penelitian penulis dalam mendapatkan informasi sebagai bahan pelengkap dan pembanding dengan mempelajari buku-buku, internet dan jurnal lainnya. Komputerisasi saat ini sangat berpengaruh dalam setiap ruang lingkup, kebutuhan kebutuhan sudah dibahas pada laporan ini bahwa aplikasi MYOB Accounting adalah salah satu media peng-inputan data – data transaksi yang memudahkan dalam proses bisnis pada perusahaan – perusahaan atau badan usaha. Laporan – laporan yang telah dibuat pada aplikasi MYOB Accounting ini dapat membantu pemilik dengan waktu yang cepat dan sangat mempermudah mengatur keuangan pada perusahaannya. Aplikasi MYOB Accounting ini dapat memberkan informasi yang akurat, memperjelas dan mempermudah dalam pengolahan data transaksi.

Referensi

Hery. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Bumi Aksara. Jakarta. (2020).

Kamsir. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT RAJA GRAFINDO PERSADA. (2020).

Hamid. MYOB Accounting untuk Usaha Dagang dan Jasa. Maxikom. Accounting Journal, 18 (1), 73. Palembang. (2020).

Komputer, Wahana. Langsung Praktik Komputerisasi Akuntansi Dengan MYOB. Yogyakarta : ANDI. (2020).

Astuti, Elly. Pelatihan Myob Accounting Version Pada Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Madiun. Jurnal Pengabdian Sarwahita. Vol. 16 No. 1 Thun 2020. Hal.10-16. (2020).

Annisa, M. L., & Pratiwi, Y.N. Pemanfaatan Aplikasi MYOB Accounting Guna Penyusunan Laporan Keuangan COMVICE:Journal Of Community Service, 5(2), 59 – 64. https://doi.org/10.26533/comvice.v5i2.809. (2021).

Andini & Praptono, Shohabatussa’adah & Muasom. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akuntansi, Bisnis & Ekonomi (JPMABE) Volume 1 Nomor 1, Januari – Maret 2022. P-ISSN:2963-4903. (2021).

Kelly, International Journal Of Information Technology And Computer Science And Applicationa, Volume 12 Issue 6, (2020).

Yuri Netto. Astronomy And Astrophysics Journals. A&A 635, A78. https://doi.org//10.105/0004-6361/201936219. (2020).

Sabah Al-Fadegh. International Journal Of Advanced Computer Science And Applications(IJACSA), Volume 12 Issue 6, 2021. https://doi.org//10.14569/IJACSA.2021.0120632. (2021).

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

By, Y., & Gata, G. (2024). KEGUNAAN APLIKASI MYOB ACCOUNTING UNTUK MENYELESAIKAN LAPORAN KEUANGAN PADA KOPERASI BHAKTI SEJAHTERA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 303–313. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1124

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>