PERANCANGAN E-COMMERCE DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MEMPERLUAS PENJUALAN TOKO NURDIN

Penulis

  • Faiz Ahmad Muflih Universitas Budi Luhur
  • Grace Gata Universitas Budi Luhur
  • Wendi Usino Universitas Budi Luhur
  • Rusdah Rusdah Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

CMS, E-Commerce, Toko Alat Tulis dan Aksesoris, WordPress

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan situs web E-commerce berbasis CMS WordPress untuk Toko Nurdin guna meningkatkan penjualan dan jangkauan pasar. Toko Nurdin menghadapi permasalahan berupa penggunaan sistem konvensional dalam pengelolaan data penjualan, persediaan, dan pelaporan keuangan, yang menyebabkan inefisiensi dan rawan kesalahan. Jangkauan pasar terbatas pada area sekitar toko fisik tanpa sistem yang efektif untuk memonitor aksesoris atau merek buku yang paling diminati pelanggan, sehingga menyulitkan penyesuaian stok dan strategi pemasaran. Metode penelitian yang digunakan meliputi analisis kebutuhan untuk mengidentifikasi masalah dan kebutuhan sistem, perancangan model E-commerce yang sesuai, implementasi prototipe situs web, dan evaluasi performa sistem berdasarkan uji coba dan umpan balik dari pengguna. Prototipe yang dikembangkan memanfaatkan CMS WordPress dengan integrasi fitur-fitur yang relevan untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan daya saing pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi situs web E-commerce ini berhasil meningkatkan kenyamanan belanja pelanggan, memperluas jangkauan pasar secara signifikan, dan mengoptimalkan proses bisnis, dengan penurunan tingkat kesalahan pada pengelolaan data hingga 30%. Selain itu, situs web ini juga memungkinkan Toko Nurdin untuk lebih responsif terhadap tren penjualan, meningkatkan pengelolaan stok, dan memperbaiki strategi pemasaran digital. Kesimpulannya, pengembangan E-commerce berbasis WordPress memberikan dampak positif yang terukur pada kinerja bisnis Toko Nurdin. Rekomendasi pengembangan lebih lanjut mencakup optimalisasi fitur situs web, diversifikasi metode pembayaran, peningkatan strategi pemasaran digital, pengembangan program loyalitas, dan integrasi dengan marketplace untuk memperkuat daya saing di pasar yang lebih luas.

Referensi

A. T. Martadinata and I. Zaliman, “Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi E-commerce dengan menggunakan Content Management System (CMS), WooCoomerce dan Xendit Pada Koperasi Universitas Bina Insan,” Sigmata J. Manaj. dan Inform., vol. 9, no. 1, pp. 16–21, 2021.

K. Nurjaman, “Pemberdayaan E-commerce di Kalangan Pelaku UMKM di Indonesia,” J. Abdimas Perad., vol. 3, no. 1, pp. 34–40, 2022, doi: 10.54783/ap.v3i1.6.

A. Sidik, Teori, Strategi, dan Evaluasi Merancang Website dalam Perspektif Desain. 2019.

M. I. Syarif, M. Hannum, S. Wahyuni, and Nurbaiti, “Potensi Perkembangan E-commerce Dalam Menunjang Bisnis di Indonesia,” J. Comput. Digit. Bus., vol. 2, no. 1, pp. 11–14, 2023, doi: 10.56427/jcbd.v2i1.30.

M. D. Ajie, “Karakteristik, Jenis dan Model Sistem Informasi,” J. Unimus, pp. 1–10, 2021, [Online]. Available: http://himasta.unimus.ac.id/wp-content/uploads/2021/03/5.-KARAKTERISTIK-JENIS-DAN-MODEL-SISTEM-INFORMASI.pdf

R. Pakaya, A. R. Tapate, and S. Suleman, “Perancangan Aplikasi Penjualan Hewan Ternak Untuk Qurban Dan Aqiqah Dengan Metode Unified Modeling Language (Uml),” J. Technopreneur, vol. 8, no. 1, pp. 31–40, 2020, doi: 10.30869/jtech.v8i1.531.

M. Aman and Suroso, “Pengembangan Sistem Informasi Wedding Organizer Menggunakan Pendekatan Sistem Berorientasi Objek Pada CV Pesta,” J. Janitra Inform. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 47–60, 2021, doi: 10.25008/janitra.v1i1.119.

S. Putri, “Pemanfaatan Internet untuk Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa PLS IKIP Siliwangi,” Comm-Edu (Community Educ. Journal), vol. 3, no. 2, p. 91, 2020, doi: 10.22460/comm-edu.v3i2.3700.

E. Aristriyana and R. A. Fauzi, “ANALISIS PENYEBAB KECACATAN PRODUK DENGAN METODE FISHBONE DIAGRAM DAN FAILURE MODE EFFECT ANALYSIS ( FMEA ) PADA PERUSAHAAN ELANG MAS SINDANG KASIH CIAMIS,” vol. 4, no. 2, pp. 75–85, 2022.

N. Yuliani, H. Tunafiah, J. Andriani, and S. R. Sampurnaningsih, “Analisis Penerapan Strategi Business Model Canvas ( BMC ) Pada Komunitas Kuliner STII-OK OCE Untuk Tumbuh Dan Bangkit Lebih Kuat Di Era Digitalisasi,” vol. 5, no. 3, pp. 148–160, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Muflih, F. A., Gata, G., Usino, W., & Rusdah, R. (2024). PERANCANGAN E-COMMERCE DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MEMPERLUAS PENJUALAN TOKO NURDIN. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1384–1393. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1397

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>