IMPLEMENTASI SISTEM PENJUALAN BERBASIS E-COMMERCE MENGGUNAKAN PLUGIN WOOCOMMERCE PADA PT. ALKA PASIFIK AIR

Penulis

  • Julius Fajar Bagaskara Universitas Budi Luhur
  • Grace Gata
  • Bima Cahya Putra
  • Agnes Aryasanti

Kata Kunci:

Content Management System, e-commerce, PT. Alka Pasifik Air, SEO

Abstrak

Dalam era digital yang terus berkembang, teknologi informasi telah menjadi faktor penting dalam mendukung kegiatan bisnis. Perkembangan kegiatan bisnis yang dijalankan di berbagai platform e-commerce telah memungkinkan konsumen untuk melakukan pembelian kapan pun dan di mana pun. PT. Alka Pasifik Air, sebuah perusahaan yang bergerak dalam penjualan alat-alat dan bahan kimia untuk kebutuhan kolam renang, menghadapi tantangan dalam mengelola data penjualan, pembelian, persediaan, dan pelaporan keuangan secara efisien. Proses bisnisnya belum memanfaatkan teknologi informasi, sehingga menyebabkan rendahnya efisiensi operasional dan keterbatasan jangkauan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi penjualan berbasis e-commerce menggunakan Content Management System (CMS) WooCommerce. Metode yang digunakan berupa analisis Business Model Canvas (BMC) serta analisis masalah pada penelitian ini menggunakan Fishbone Diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya sistem e-commerce berbasis WooCommerce dapat mengatasi permasalahan yang ada dengan menyediakan fitur pengelolaan produk, keranjang belanja, proses pembayaran, status pesanan, dan pengelolaan pelanggan. Sistem ini juga memberikan dukungan strategi pemasaran online melalui Search Engine Optimization (SEO). Penerapan sistem e-commerce berbasis WooCommerce pada PT. Alka Pasifik Air memberikan dampak positif yang dapat meningkatkan efisiensi operasional, memperluas jangkauan pasar pada mesin pencari google, serta mengoptimalkan pengelolaan pelanggan dan proses penjualan melalui integrasi digital. Selain itu, strategi SEO yang diterapkan berpotensi meningkatkan visibilitas online perusahaan, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan penjualan dan daya saing di pasar.

Referensi

M. Aqsal and J. Sutrisno, “Analisa dan Implementasi E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) Wordpress Pada Bengkel Madmen Motogarage,” Pros. Semin. Nas. Mhs. …, no. September, pp. 1831–1839, 2022, [Online]. Available: http://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/349%0Ahttp://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/download/349/111

A. R. Putra, “Strategi E-Commerce,” no. December, pp. 1–5, 2020.

P. Permata, “Implementasi E-Commerce Dengan Content Management System (CMS) Oscommerce Pada Situs Penjualan (Studi Kasus : Toko Cahaya Komputer),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 1, pp. 58–64, 2020, doi: 10.33365/jatika.v1i1.159.

N. Yuliani, A. Yunianto, and M. Marnis, “Implementasi Penggunakan CMS OpenCart Dalam Upaya Toko Online Naik Kelas,” Tekinfo J. Bid. Tek. Ind. dan Tek. Inform., vol. 23, no. 2, pp. 123–138, 2022, doi: 10.37817/tekinfo.v23i2.2604.

A. F. Pratama and A. Diana, “Implementasi E-Commerce Dengan Content Management System Wordpress Menggunakan Woocommerce Pada Hopeandsoles.Id,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 1, pp. 20–30, 2021, doi: 10.36080/idealis.v4i1.2769.

R. Abdillah, “Pemodelan Uml Untuk Sistem Informasi Persewaan Alat Pesta,” J. Fasilkom, vol. 11, no. 2, pp. 79–86, 2021, doi: 10.37859/jf.v11i2.2673.

t bayu Kurniawan and Syarifuddin, “Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Pada Cafetaria NO Caffe di TAnjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL,” J. Tikar, vol. 1, no. 2, pp. 192–206, 2020, [Online]. Available: https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/teknik_informatika/article/download/153/121

B. A. B. Ii and S. Pustaka, “2.1.1. Komponen E-Commerce,” pp. 4–18, 2019.

E. Aristriyana and R. Ahmad Fauzi, “Analisis Penyebab Kecacatan Produk Dengan Metode Fishbone Diagram Dan Failure Mode Effect Analysis (Fmea) Pada Perusahaan Elang Mas Sindang Kasih Ciamis,” J. Ind. Galuh, vol. 4, no. 2, pp. 75–85, 2023, doi: 10.25157/jig.v4i2.3021.

N. Yuliani, H. Tunafiah, S. R. Sampurnaningsih, J. Andriani, and D. Erawati, “Analisis Penerapan Strategi Business Model Canvas (BMC) Pada Komunitas Kuliner STII-OK OCE Untuk Tumbuh Dan Bangkit Lebih Kuat Di Era Digitalisasi,” Ikraith-Ekonomika, vol. 5, no. 3, pp. 148–160, 2022, doi: 10.37817/ikraith-ekonomika.v5i3.2450.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Fajar Bagaskara, J., Gata, G., Putra, B. C., & Aryasanti, A. (2024). IMPLEMENTASI SISTEM PENJUALAN BERBASIS E-COMMERCE MENGGUNAKAN PLUGIN WOOCOMMERCE PADA PT. ALKA PASIFIK AIR. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1589–1598. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1478

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 > >>