IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS CMS PADA TOKO AKMAL FROZEN UNTUK MEMPERLUAS PEMASARAN

Penulis

  • Serlina Serlina Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdani Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Frozen Food, E-Commerce, Businelss Modell Canvas, Marketing Mix 4P, Content Management System, Search Engine Optimization, SEO

Abstrak

Akmal Frozen merupakan sebuah toko yang menjual berbagai macam makanan beku (frozen food) dan memiliki toko fisik yang beralamatkan di Kamal, Jakarta Barat. Saat ini, Akmal Frozen memiliki beberapa kendala dalam mengembangkan bisnisnya. Yaitu, sistem yang digunakan untuk pemasaran hanya melalui status whatsapp serta promosi dari mulut ke mulut, dikarenakan belum adanya website penjualan sehingga jangkauan pemasaran produk belum cukup luas. Selain itu kendala yang dihadapi toko Akmal Frozen yaitu jarak toko yang cukup dekat dengan pasar tradisional setempat yang menyebabkan adanya persaingan harga antara toko dengan penjual makanan beku di pasar tersebut, dan aplikasi kasir yang sudah terintegrasi dengan sistem di toko seringkali mengalami gangguan sehingga pencetakan nota maupun untuk mengakses data pesanan menjadi delay dan mengganggu proses bisnis yang berjalan. Hal itu mengakibatkan pemilik kesulitan untuk mengambil langkah untuk menjalankan usahanya. Berdasarkan kondisi diatas, maka dilakukan penelitian untuk menganalisa masalah guna membantu pemilik toko dalam mengatasi permasalahan diatas dan menerapkan Content Management System (CMS) untuk mengimplementasikan model e-commerce, strategi Search Engine Optimization (SEO), Business Model Canvas (BMC), dan teknik marketing menggunakan strategi Mix Marketing 4P (Product, Price, Place and Promotion) untuk strategi pemasaran. Hasil akhir dari penelitian ini adalah prototype website e-commerce yang dapat meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar pembeli.

Referensi

D. I. Tokopedia, “Analisis pengaruh online customer review dan rating terhadap minat beli produk elektronik di tokopedia,” vol. 2, no. 1, 2021.

R. Palupi and A. E. Prasetya, “Pengaruh Implementasi Content Management System Terhadap Kecepatan Kinerja Menggunakan One Way Anova,” J. Ilm. Inform., vol. 10, no. 01, pp. 74–79, 2022, doi: 10.33884/jif.v10i01.4445.

D. Zainurrahman, “Membangun Website Perpustakaan Digital STMIK Indragiri Menggunakan CMS (Content Management Site) Wordpress,” J. Jar. Sist. Inf. Robot., vol. 6, no. 1, pp. 133–138, 2022, [Online]. Available: http://ojsamik.amikmitragama.ac.id

A. Fuad and S. Juanita, “Penerapan E-Commerce Menggunakan Cms Wordpress Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Online Shop Flanelis,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 511–518, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.2309.

R. Maliki Arrafli and L. Li Hin, “Implementasi E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) untuk Meningkatkan Penjualan pada Toko Abiie Frozen Food,” Semin. Nas. Mhs. Fak. Teknol. Inf. Jakarta-Indonesia, no. September, pp. 1994–2002, 2022, [Online]. Available: https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php

V. A. I. Putri and U. Khabibah, “Pengembangan Media Promosi Dengan Aplikasi CMS Wordpress Untuk Menarik Minat Beli Konsumen Pada UKM Counter HP Izzy Cell Mojokerto,” J. Apl. Bisnis, vol. 7, no. 1, pp. 73–76, 2021.

A. Julianto and I. F. Anshori, “Sistem Informasi Penjualan Laptop Berbasis Woocommerce (Studi Kasus Pt. Portalbiz Nusantara),” JIKA (Jurnal Inform., vol. 7, no. 2, p. 202, 2023, doi: 10.31000/jika.v7i2.7640.

S. Santosa and H. Ismaya, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Cms Wordpress Pada Toko Importir Laptop Bandung,” J. Bisnis dan Pemasar., vol. 11, no. 1, pp. 1–8, 2021.

E. Y. Pramularso, E. Nurhayaty, I. H. Susilowati, and R. Marginingsih, “Pelatihan Pembuatan Business Plan Dengan Menggunakan Metode Business Model Canvas (Bmc) Pada Komunitas Perempuan Indonesia Maju,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 6, no. 2, p. 726, 2022, doi: 10.31764/jpmb.v6i2.8335.

M. I. Monoarfa, Y. Hariyanto, and A. Rasyid, “Analisis Penyebab bottleneck pada Aliran Produksi briquette charcoal dengan Menggunakan Diagram fishbone di PT. Saraswati Coconut Product,” Jambura Ind. Rev., vol. 1, no. 1, pp. 15–21, 2021, doi: 10.37905/jirev.1.1.15-21.

E. A. Phie, S. Rahman, and Junaedy, “Implementasi Teknik Search Engine Optimization Pada Website Ayosports Untuk Meningkatkan Page Rank,” KHARISMA Tech, vol. 16, no. 2, pp. 35–49, 2021, doi: 10.55645/kharismatech.v16i2.112.

A. MAS’ARI, M. I. Hamdy, and M. D. Safira, “Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 5, no. 2, p. 79, 2020, doi: 10.24014/jti.v5i2.8997.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Serlina, S., & Hamdani, A. U. (2024). IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS CMS PADA TOKO AKMAL FROZEN UNTUK MEMPERLUAS PEMASARAN . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1788–1797. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1544

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2