MODEL E-COMMERCE UNTUK MENDUKUNG PENJUALAN PRODUK PADA TOKO JOHAN COLLECTION

Penulis

  • Yohan Yohan Budi luhur
  • Agus Umar Hamdani Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-commerce,, CMS WordPress, Search Engine Optimization (SEO), Marketing Mix 4P

Abstrak

Perkembagan Online Shop atau toko online melalui internet sudah menjamur di indonesia, bahkan sudah sanngat terkenal di kalangan masyarakat luas tidak terkecuali di kalangan mahasiswa. Banyaknya kemudahan dalam berbelanja dan bermacam jenis produk dan jasa yang ditawrkan, membuat masyrakat indonesia menjadikan menjadikan Online Shop menjadi salah satu “tempat berbelanja” baru selain pusat perbelanjaan. Hal ini membuat toko online shop berlomba-lomba menawarkan poduknya.Toko johan colection merupakan toko yang bergerak di bidang online shop dengan berbagi macam barang dagangan mulai dari elektronik himgga alat pancing di taman sari, jakarta barat.Saat ini, proses pengolahan data masih Produk-produk onlie shop masih dilakukan secara manual, yaitu di tulis tangan ke dalam pembukuan. Proses pemesanan dilakukan menggunakan aplikasi facebook jika pemesan dari luar kota maka pengiriman akan mengunakan aplikasi shoppe. Adapun masalah yang terjadi di Toko Johan Collection, antara lain : promosi produk yang tidak efektif, pemilik mengalami kesulitan untuk melihat informasi barang terlaris dan barang yang sedang ada promo. Berdasarkan kondisi diatas, maka penulis melakukan penelitian untuk menganalisa masalah dan membuat aplikasi penjualan secara elekronik (E- Commerce) guna membantu pemilik toko dalam mengatasi masalah diatas. Penulis menggunakan Content management system (CMS) guna menerapkan model E-Commerce dengan metode dari Search Engine Optimization (SEO) guna menampilkan  penelusuran dari kata kunci dan metode yang di gunakan adalah Mix Marketing 4P atau yang kitra ketahui sebagai Product, Price, Place and Promotion. Hasil akhir dari penelitian ini adalah model E-commerce dan promosi produk atau barang daripada Toko Johan Collection.

Referensi

Anardani, Sri. Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan Pemodelan UML (Unified Modeling Language) Tools. Madiun: Unipma Press, 2019.

G. Abdulloh, Rohi. 7 in 1 : Pemrograman Web untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2018.

Turbudi, T., & Hamdani, A. U. (2022). Penerapan Model E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Kerajinan Tangan. IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, 5(1), 19-29.

Arifin, M. Z. et al. Rancang Bangun E-Commerce Pandukria Berbasis Framework Codeigniter. Saintekbu, 11(1), pp. 1–11, 2019.

Masitah, Abdullah, and Ilyas, “E-Commerce Penjualan Pakaian Pada Lapak Mariati Berbasis Web,” Intra-Tech, vol. 2, no. 2, pp. 1–11, 2018.

A. Nurhansah and Y. Santoso, “IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS CMS (CONTENT MANAGEMENT SYSTEM) PADA BATIK PEKALONGAN TOKO BERKAH”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 431-435, Jan. 2020.

WALIM, Walim; SUHARDI, Suhardi. RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE DALAM PENJUALAN HARDWARE KOMPUTER BERBASIS WEBSITE. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 317-338

Arifin, M. Z., Alfaris, H. B. I., Sufaidah, S., & Sifaunajah, A. (2018). RANCANG BANGUN E-COMMERCE PANDUKRIA BERBASIS FRAMEWORK CODEIGNITER. SAINTEKBU, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.32764/saintekbu.v11i1.251

Samsuni, S. and Erfiyani, E. 2018. Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Penjualan Produk Kecantikan dan Fashion

Pada AC Fashion Style. Jurnal Prosisko. 5(2).

Resman, K. I. K. et.al. 2020. Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Penjualan Ayam Pedaging Berbasis

Website di Kabupaten Manggarai Barat NTT. Jurnal Beta (Biosistem dan Teknik Pertanian). 9(1).

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Yohan, Y., & Hamdani, A. U. (2024). MODEL E-COMMERCE UNTUK MENDUKUNG PENJUALAN PRODUK PADA TOKO JOHAN COLLECTION. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 481–490. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1192

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>