Penerapan Model E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas Dan Content Management System Untuk Menunjang Penjualan Produk Pada Kedai Kopi XYZ

Penulis

  • Angga Nofariwanto Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdani Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

e-commerce, kopi, conetnt management system, search engine optimization, mix marketing

Abstrak

Kedai Kopi XYZ adalah usaha perorangan yang bergerak di bidang penjualan minuman dan kue di kawasan Cengkareng Jakarta Barat. Toko tersebut menjual produk-produk, seperti : minuman, kue ringan dan aneka jenis kopi siap saji. Pengolahan data penjualan saat ini belum maksimal, dikarenakan data penjualan diolah secara manual dengan ditulis dalam pembukuan sehingga membutuhkan waktu yang lama, proses pemesanan produk belum dapat dilakukan secara online, sehingga pelanggan harus datang langsung ke toko, serta kurangnya promosi produk menyebabkan toko tersebut belum dikenal secara luas, hanya pelanggan yang pernah melakukan transaksi sebelumnya yang datang untuk memesan produk kembali. Berdasarkan kondisi diatas, maka peneliti melakukan penelitian untuk mengkaji kebutuhan sistem elektronik (E-Commerce) yang dibutuhkan untuk mendukung layanan bisnis, pendekatan Content management system (CMS) digunakan untuk mengimplementasikan model E-Commerce, pendekatan Business Model Canvas untuk menganalisa model bisnis perusahaan, teknik Search Engine Optimization (SEO) On Page untuk pencarian kata kunci dan teknik marketing menggunakan strategi Mix Marketing 4P (Product, Price, Place and Promotion). Hasil akhir dari penelitian ini adalah prototipe E-Commerce yang dapat menunjang aktivitas penjualan dan promosi produk yang dijual oleh Kedai Kopi XYZ.

Referensi

F. F. D. Imaniawan And E. Al. Nur., “Perancangan Dan Pembuatan Website Penjualan Biji Kopi Pada Society Coffee House Purwokerto,” Evolusi - J. Sains Dan Manaj., Vol. 7, No. 1, Pp. 61–67, 2019, Doi: 10.31294/Evolusi.V7i1.5030.

N. H. P. Wijayakusuma, Y. Saintika, And I. Susanto, “Perancangan Website E-Commerce Produk Kopi Menggunakan Metode Prototyping (Studi Kasus: Kedai Kopi Kontekstual),” J. Inf. Syst. Informatics, Vol. 3, No. 3, Pp. 471–482, 2021, Doi: 10.51519/Journalisi.V3i3.182.

I. Mabrur, M. Saputra, And H. Syahputra, “E-Commerce Penjualan Kopi Gayo (Studi Kasus : Umkm Ine Kopi Di Kecamatan Bandar),” J. Tek. Inform. Dan Elektro, Vol. 4, No. 1, Pp. 01–11, 2022, Doi: 10.55542/Jurtie.V4i1.110.

M. Faris And A. Wisaksono, “Pengembangan Aplikasi E-Commerce Untuk Pemasaran Biji Dan Bubuk Kopi Berbasis Web (Studi Kasus D’votee Coffee) Development Of E-Commerce Application For Web-Based Marketing Of Coffee Seeds And Powder (Case Study Of D’votee Coffee),” J. Janitra Inform. Dan Sist. Inf., Vol. 1, No. 1, Pp. 61–72, 2021, Doi: 10.25008/Janitra.V1i1.116.

G. Mohara And G. Gata, “E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Biji Kopi,” J. Idealis, Vol. 3, No. 1, Pp. 34–41, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Y. K. Sakti, I. A. S. W, And D. Zuhroh, “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Tehambatnya Perkembangan Umkm Sentra Ikan Bulak ( Sib ) Kenjeran Dengan Pendekatan Metode Fishbone Diagram,” Semin. Nas. Has. Penelit. Dan Pengabdi. 2020, Pp. 92–99, 2020.

Jusup Nurgraha, “Merancang Model Bisnis Rumahan Dengan Menggunakan Model Bisnis Canvas,” Proceeding Semin. Nas. Call Pap. (Sustainable Compet. Advant. - 4), Vol. 4, No. Isbn : 978-979-9204-99-8, P. 100, 2014, Doi: Https://Scholar.Google.Co.Id/Citations?User=Al2idhiaaaaj&Hl=En.

B. Unhelkar, Software Engineering With Uml. Boca Ratom: Crc Press, 2018.

Munawar, Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan Uml. Bandung: Informatika, 2018.

A. Imario, “Fakultas Teknik – Universitas Muria Kudus 153,” Pros. Snatif Ke-4 Tahun 2017, Pp. 153–160, 2017.

N. Artika, Tia And Olivia S, “Pengaruh Strategi Pemasaran, Ku...Pital Indonesia Tbk Cabang Wisma Kodel.” Stie Indonesia, Jakarta, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Nofariwanto, A., & Hamdani, A. U. (2022). Penerapan Model E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas Dan Content Management System Untuk Menunjang Penjualan Produk Pada Kedai Kopi XYZ. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1559–1567. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/265