PENERAPAN ENHANCING E-CRM BERBASIS WEB DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN PERUSAHAAN PT. HANDI MAKMUR SETYAMUKTI

Penulis

  • Sultan Gemilang Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Bullion Dragon Andah Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Lauw Li Hin Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Dian Anubhakti Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

Electronic Customer Relationship Management, enhancing, pendapatan perusahaan, penyewaan alat berat

Abstrak

Teknologi informasi sudah sangat berkembang hampir pada semua bidang pekerjaan. Perusahaan yang bergerak dibidang jasa penyewaan alat berat membutuhkan sistem yang sangat baik supaya dalam menjalankan bisnisnya dapat berjalan efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Customer Relationship Management (CRM) merupakan gambaran strategi pemasaran sebuah bisnis dalam hal mengelola suatu hubungan antara perusahaan dengan pelanggan agar terciptanya keuntungan dari kedua belah pihak. Dalam upaya meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan, PT. Handi Makmur Setyamukti ingin berusaha menciptakan hubungan baik dengan pelanggannya agar meningkatkan pendapatan perusahaan. PT. Handi Makmur Setyamukti merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang penyewaan alat berat. Dalam menjalankan bisnisnya PT. Handi Makmur Setyamukti mengalami beberapa permasalahan yang dihadapi, yaitu belum adanya fasilitas online untuk Customer menyewa alat berat, Customer hanya menyewa alat berat itu-itu saja dan belum adanya diskon penyewaan untuk customer yang menyebabkan pendapatan perusahaan masih belum maksimal. Berdasarkan permasalahan tersebut solusi yang diberikan yaitu memberikan fitur penawaran paket waktu, memberikan fitur diskon untuk customer  dan fasilitas online dengan cara implementasi sistem berbentuk website e-CRM, dan dengan tujuan meningkatkan pendapatan perusahaan. Hasil yang didapat dari implementasi enhancing e-CRM berbasis website ini yaitu pendapatan perusahaan akan meningkat, menarik customer untuk menyewa alat berat, mempermudah proses penyewaan alat berat.

Referensi

K. Banarto, Rahasia Sukses Bisnis Modern. Deepublish, 2022. [Online]. Available: Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Rahasia_Sukses_Bisnis_Modern/Zb91eaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=0

S. A. Sari And W. Usino, “Upaya Peningkatan Pelayanan Dan Loyalitas Customer Perjalanan Wisata Di Pt. Elhasbu Mulia Utama,” Pp. 94–101, 2018.

M. A. Habibie And G. Triyono, “Rancangan E-Crm Dalam Meningkatkan Loyalitas Dan Pelayanan Terhadap Jamaah Umroh Studi Kasus : Darul Qur ’ An ( Daqu ) Tour & Travel,” Pp. 372–378, 2018.

A. R. Aryansyah And Yuliazmi, “Implementasi Analisa Dan Perancangan Sistem Dengan Konsep Electronic Customer Relationship Management (E-Crm) Pt. As-Salam Mulya Al-Haromain,” Pp. 347–353, 2018.

A. F. Sorengpati And B. D. Andah, “Rancangan E-Crm Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Pt . Digital Travel Indonesia,” Pp. 187–193, 2019.

M. Yusuf And L. L. Hin, “Penerapan Electronic Customer Relationship Management ( E-Crm ) Untuk Meningkatkan Loyalitas Dan Pelayanan Terhadap Customer Pada Hotel Menteng 1,” Pp. 214–219, 2019.

V. Rosalina And T. Nurhadiyan, “Pemodelan Electronic Customer Relationship Management ( E-Crm ) Pada Rumah Sakit,” Vol. 5, No. 2, 2018.

R. Oktarini, Buku Ajar Strategi Pemasaran. Cipta Media Nusantara, 2022. [Online]. Available: Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Buku_Ajar_Strategi_Pemasaran/4ul4eaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=0

N. Muslihah, I. Fahmi, A. R. Maulidiana, And I. Y. Habibie, Prinsip Dan Aplikasi Metodologi Penelitian Gizi. Universitas Brawijaya Press, 2021. [Online]. Available: Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Xqfgeaaaqbaj

B. Y. Setyawan And M. M. S. R. P. M. M. Hidayat, Alur Pikir Aktualisasi. Penerbit P4i, 2022. [Online]. Available: Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Ozoxeaaaqbaj

E. Nurfitriana, W. Apriliah, H. Ferliyanti, And H. Basri, “Implementasi Model Waterfall Dalam Sistem Informasi Akuntansi Piutang Jasa Penyewaan Kendaraan Pada Pt .,” Vol. 15, Pp. 34–43, 2020.

D. Wira, T. Putra, And R. Andriani, “Unified Modelling Language ( Uml ) Dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi Sppd,” Vol. 7, No. 1, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Gemilang, S., Dragon Andah, B., Li Hin, L., & Anubhakti, D. (2023). PENERAPAN ENHANCING E-CRM BERBASIS WEB DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN PERUSAHAAN PT. HANDI MAKMUR SETYAMUKTI. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 587–596. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/487

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>