MODEL E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA TOKO ZARSYA SHOP

Penulis

  • Imam ahmad Zarkasi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Bima cahya Putra Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Agus Umar Hamdani Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Samsinar Samsinar Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia

Kata Kunci:

E-Commerce, Toko Kosmetik, Toko Zarsya Shop, Content Management System (CMS)

Abstrak

Toko Zarsya Shop adalah usaha perorangan yang bergerak di bidang penjualan perlengkapan kosmetik yang berada di Jakarta Barat. Toko Zarsya Shop masih memiliki kelemahan dalam kegiatan bisnisnya. Salah satu kekurangan dari sistem yang ada saat ini adalah proses pengolahan data operasional terpisah dan belum terintegrasi, meskipun sudah terdaftar pada marketplace Shopee dan Tokopedia. Penggunaan platfom digital yang berbeda menyebabkan informasi informasi terkait ketersediaan stok produk dan informasi pendapatan sering tidak akurat. Selain itu, keterbatasan media promosi yang digunakan dan keterbatasan dalam penggunaan perangkat teknologi informasi yang digunakan oleh Toko Zarsya Shop belum mampu menjangkau pasaran yang luas menyebabkan toko tidak dikenal publik. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah teknologi informasi yang membantu pemilik toko dalam menyelesaikan masalah bisnis yang terjadi. Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti melakukan kajian untuk menganalisa masalah yang terjadi dan membuatkan usulan sistem baru berupa aplikasi penjualan secara elekronik (E-Commerce). Peneliti menggunakan Content management system (CMS) untuk membangun aplikasi E-Commerce) yang disertai fitur pencarian kata kunci dan fitur pemasaran. Penelitian ini menghasilkan produk akhir berupa prototipe aplikasi E-Commerce yang dapat membantu dalam meningkatkan penjualan dan pemasaran produk pada Toko Zarsya Shop.

Referensi

R. Rerung, E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2018.

E. Widajanti, “Peran Teknologi Informasi Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif,” J. Akunt. dan Sist. Teknol. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 60–71, 2008.

E. A. Hidayat, d. r., “Analisis dan Desain Prototipe E-Commerce Penjualan Produk Kecantikan Pada CV. E-Smart B,” JSIKA, vol. 11, no. 2, pp. 138–150, 2022.

A. Aisyah, S., et., “Perancangan Aplikasi E-Commerce Pada Toko Lili Dengan Penerapan Metode Waterfall,” JUSIKOM PRIMA (Jurnal Sist. Inf. dan Ilmu Komput. Prima), vol. 5 (1), pp. 33–36, 2021.

W. P. Novita, I. A. Pribadi, and A. R. Irawati, “Sistem Informasi E-Commerce Pada Toko Kosmetik Siger Beauty Di Bandar Lampung,” J. Pepadun, vol. 2, no. 2, pp. 280–289, 2021, doi: 10.23960/pepadun.v2i2.61.

E. Samsuni, Sunny and Erfiyani, “View Of Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Penjualan Produk Kecantikan Dan Fashion Pada Ac Fashion Style.pdf,” J. Pilar Nusa Mandiri Cust., vol. 5 (2), no. September 2018, pp. 79–86, 2018.

W. Windane, “E-Commerce Toko Fisago.Co Berbasis Android,” vol. 2, no. 3, pp. 285–303, 2021.

Rosa, A. S. and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2018.

Sugiyanto, M. A. Pratama, and E. Wahyuningsih, “Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen Formulasi Strategi Menggunakan Bisnis Model Canvas,” vol. 87, no. 1, pp. 87–94, 2021.

Munawar, Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML : Unified Modeling Language. Depok: Informatika, 2018.

B. Huda and B. Priyatna, “Penggunaan Aplikasi Content Manajement System (CMS) Untuk,” Systematics, vol. 1, no. 2, pp. 81–88, 2019.

F. A. Sutanto, “Web, Mesin Pencari, Seo, Search Engine Optimization, on Page, Umkm, Batik, Handicraft, Google,” pp. 978–979, 2012.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Zarkasi, I. ahmad, Putra, B. cahya, Hamdani, A. U., & Samsinar, S. (2023). MODEL E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA TOKO ZARSYA SHOP. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 971–979. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/722

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4